Ceramah di Solo, Gus Muwafiq Kembali Meminta Maaf
Gus Muwafiq (ansorjogja.or.id)

Solopos.com, SOLO -- KH Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq akhirnya berceramah di Pondok Pesantren Al Muayyad, Mangkuyudan, Solo, Sabtu (7/12/2019) malam di tengah desakan pembubaran oleh sebuah ormas.

Dalam pengajian yang diwarnai penjagaan ketat oleh Pagar Nusa dan Banser itu, Gus Muwafiq kembali meminta maaf.

Kedatangan Gus Muwafiq ke Solo sempat diwarnai penolakan dengan aksi demonstrasi yang dilancarkan Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) pada Jumat (6/12/2019) lalu.

Hal ini terkait ceramahnya di Purwodadi belum lama ini saat bercerita soal masa kecil Rasulullah yang menyebut kata "rembes" dan dipersepsikan negatif oleh sebagian kalangan.

Khasiat Habbatussauda Diklaim Sembuhkan Segala Penyakit Kecuali Kematian

Meski sudah pernah menyampaikan klarifikasi dan permohonan maaf, Gus Muwafiq kembali meminta maaf dalam kesempatan berceramah di Ponpes Al Muayyad.

Gus Muwafiq mengaku sempat ragu untuk hadir berceramah di Solo, terlebih setelah ada insiden kericuhan antara massa ormas dengan Pagar Nusa dan Banser yang menjaga Kantor PCNU Solo.

Hilang dari Day Care, Bocah Balita Ditemukan Tak Bernyawa Tanpa Kepala

"Sebetulnya saya juga tidak mau hadir, daripada menimbulkan perkara," kata Gus Muwafiq di awal pengajian, Sabtu malam.

Dia mengaku merasa tidak enak atas rangkaian penolakan terhadap kehadirannya. Namun, kata dia, justru Pengasuh Ponpes Al Muayyad, KH Abdul Rozaq Shofawi, yang tetap ingin mengundangnya.

Terkuak! Ini Rahasia Pijat Alat Vital Ala Mak Erot

"Tapi Kiai Abdul Rozaq kekeh, sebab kekehipun [kegigihan] Kiai Abdul Rozaq," kata Muwafiq.

Dai asal Sleman ini menyampaikan permohonan maaf dalam bahasa Jawa.

Batik Modern, Trend Fashion Kekinian yang Kian Mendunia

"Kulo niki tiyang enom ingkang sampun ngrepotaken tiyang sepuh, dadi repot kabeh. Sebab saking nopo ingkang kula aturaken wonten pengaosan, milo hormat kula dateng Kiai Abdul Rozaq lan sedoyo keluargo agung Mangkuyudan Ponpes Al Muayyad menawi atur kula wonten pengaosan-pengaosan kulo dianggap keliru kulo nyuwun angunging pangaksami, nyuwun pangapunten dateng Allah SWT. Menawi dianggep keliru kaleh sedaya kaum Muslimin, kulo nyuwun agunging pangaksami ingkang kathah [Saya ini orang muda yang sudah merepotkan orang tua, jadi repot semua. Karena dari apa yang saya sampaikan di pengajian, hormat saya kepada Kiai Abdul Rozaq dan keluarga besar Mangkuyidan Ponpes Al Muayyad, mungkin ucapan saya di pengajian-pengajian dianggap keliru, saya meminta maaf, mohon ampun kepada Allah SWT. Jika dianggap keliru oleh seluruh kaum Muslimin, saya meminta maaf sebesar-besarnya]," ungkap Gus Muwafiq dalam ceramah.

Patut Dicoba! Tips Agar Tidak Mendengkur Saat Tidur

Gus Muwafiq berharap permohonan maafnya diterima.

"Kulo sampung ngrepotaken para sesepuh. Nggih pun insya Allah panyuwunan ngapunten kulo ditampi," kata dia yang diikuti ucapan "amin" oleh hadirin.

Bentrok Usai Demo Protes Gus Muwafiq, PCNU Solo: Malu! Mau Sampai Kapan?

"Urusan kula kalih Allah, kulo nyuwun pangapuro. Dateng sedaya kaum muslimin, kula nyuwun ngapunten ingkang kathah [Urusan saya dengan Allah, saya memohon ampun. Kepada seluruh kaum Muslimin, saya meminta maaf sebesar-besarnya]," kata dia.

Tips Siapkan Anak Agar Tak Iri dengan Kehadiran Adik Baru

Pengajian itu dikawal oleh ratusan pendekar Pagar Nusa yang memadati Jl. KH Samanhudi menuju lokasi ponpes. Mereka mengantisipasi adanya kelompok yang akan mengganggu pengajian Gus Muwafiq di ponpes tersebut.

Pantauan Solopos.com, Sabtu malam, mereka berada di kanan-kiri jalan mulai dari ujung timur Jl. KH Samanhudi.

Jelang Kedatangan Gus Muwafiq, 2 Massa Bentrok di Solo

Mereka kebanyakan memakai kaus bertulis Pagar Nusa atau kaus berwarna hitam. Beberapa di antaranya membawa tongkat dari kayu.

Sejumlah anggota Banser NU, pihak kepolisian, hingga linmas setempat turut membantu mengamankan acara. Mereka juga mengatur lalu lintas kendaraan yang melintas di Jl. KH Samanhudi.

Waduh, Kalori Kerupuk Setara Sepiring Nasi

Ponpes Al Muayyad mengundang Gus Muwafiq untuk mengisi ceramah pengajian umum dalam rangka khataman Alquran dan haul ponpes.

Namun, informasi yang dihimpun Solopos.com menyebutkan DSKS pada Jumat meminta pimpinan Ponpes Al Muayyad, KH Rozaq Shofawi, untuk membatalkan pengajian Gus Muwafiq.

Bentrok Depan PCNU Solo Setelah Demo Protes Gus Muwafiq, DSKS Mengaku Tak Tahu

Namun, KH Abdul Rozaq Shofawi menolak permintaan Ketua DSKS, Ustaz Muinudinillah Basri.

Pasalnya, pimpinan Ponpes Al Muayyad telah berkomunikasi mendatangkan Gus Muwafiq sejak setahun lalu.

Amien Rais Ngamuk di Kongres PAN

KH Abdul Rozaq Shofawi menyatakan akan mengingatkan Gus Muwafiq seandainya isi ceramahnya tidak sesuai. DSKS kemudian berjanji tidak akan mengganggu agenda tersebut.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho