Febriana Kusumaningrum berfoto tak lama setelah sampai di Philipina, belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI -- Gadis asal Wonogiri, Febriana Kusumaningrum, 25, menjadi striker andalan Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Putri Indonesia di ajang SEA Games di Filipina, 30 November-11 Desember.

Anak pertama dari tiga bersaudara pasangan Bambang Hermawan, 46 dan Sulastri, 46, itu resmi memperkuat Tim Garuda Pertiwi setelah pelatih Rully Nere mengumumkan skuat pada 21 November lalu.

Perempuan yang akrab disapa Arum itu mengaku sempat gelisah saat menunggu detik-detik sang pelatih mengumumkan 22 nama yang akan dibawa ke Filipina. Dia degdegan.

Diduga Terlibat Video Mesum, Camat di Wonogiri Ini Dicopot

Bahkan ibunya sempat jatuh sakit karena ikut memikirkan Arum bakal masuk timnas atau tidak. Kegelisahan warga Bulak RT 001/RW 004, Nambangan, Selogiri, tersebut bukannya cukup beralasan.

Sebelumnya Arum pernah dicoret saat mengikuti seleksi timnas sepak bola putri untuk ajang yang sama di Malaysia, 2017 lalu. Arum dan kedua orang tuanya saat itu kecewa berat.

Saat susunan anggota Garuda Pertiwi pun diumumkan, Arum berada di mes Youth Training Centre PSSI Sawangan, Depok, Jawa Barat. Namanya masuk skuat. Arum lega dan langsung memberi kabar orang tuanya.

Febriana Kusumaningrum (depan, tengah) berfoto bersama Timnas Sepak Bola Putri sebelum bertanding, belum lama ini. (Istimewa)
Febriana Kusumaningrum (depan, tengah) berfoto bersama Timnas Sepak Bola Putri sebelum bertanding, belum lama ini. (Istimewa)

“Senang tak terkira, bersyukur akhirnya bisa masuk timnas, itu cita-cita saya sejak masih kecil,” kata perempuan yang mengidolakan mantan pemain timnas senior, Bambang Pamungkas (Bepe), itu kepada Solopos.com melalui telepon di sela-sela persiapannya bertanding di Filipina, Kamis (28/11/2019).

Arum dan tim bertolak ke negara Presiden Duterte itu sejak Selasa (26/11/2019) lalu. Dia ingin memberikan yang terbaik untuk timnas dengan mencetak gol sebanyak-banyaknya.

Polisi Wonogiri: Ikut Sebar Video Mesum Camat Karangtengah, Warga Bisa Dipidana

Arum punya target pribadi, yakni setidaknya membawa pulang medali perunggu. Dia menyadari mengalahkan tim lain bukan perkara mudah. Timnas berada satu grup dengan Vietnam dan Thailand.

Garuda Pertiwi melakoni laga pembuka di fase grup melawan Vietnam di Stadion Binan, Filipina, Jumat (29/11/2019). Selanjutnya melawan Thailand di Stadion Rizal Memorial, Senin (2/12/2019).

Saat ini Arum tercatat sebagai pemain tim putri Persib Bandung dengan durasi kontrak September-Desember untuk bermain di Liga 1. Sebelumnya dia berkiprah di Liga Futsal dengan memperkuat Bintang Timur Surabaya pada 2015, Lampung Angels 2016, dan Kebumen United Angels 2017-2019.

Innalillahi, Aktivis Solo Budi Prajitno Meninggal Dunia

Saat membela Kebumen United Angels dia membawa timnya menjadi juara II dan juara I Liga Futsal di tahun berbeda. Dia juga pernah memperkuat Timnas Futsal Putri di Piala AFF di Thailand 2018.

Sayang, saat itu dia dan rekannya tak lolos ke babak selanjutnya. “Kalau gol yang sudah saya cetak saya sejak bermain futsal enggak hafal jumlahnya berapa,” ulas perempuan yang biasa disapa Bambang oleh teman-temannya di tim itu karena sangat mengidolakan Bepe.

Arum menyukai sepak bola sejak masih TK karena kedua orang tuanya juga maniak bola. Saat itu bapaknya pemain sepak bola di ajang antardesa. Dia sering ikut bermain sepak bola bersama teman-teman lelakinya di lapangan dusun.

Rumor Terbaru! Persis Solo Berniat Gaet Eli Nasoka

Kebiasaannya itu dia lakukan hingga SMA. Dia tak pernah mengenakan sepatu. Kebiasaan tak lazimnya itu mengundang reaksi orang. Mereka bertanya apa dia tak malu bermain bersama lelaki. Namun, Arum cuek saja.

“Setelah lulus SMA saya baru ikut tim futsal cewek di Solo, Victory Girls namanya. Waktu itu latihannya di Manang [Grogol]. Mau enggak mau saya harus pakai sepatu," jelas dia.

Awalnya Arum merasa tak nyaman karena terbiasa enggak pakai sepatu. Namun, lama kelamaan ia terbiasa dan merasa nyaman. "Sejak kecil ingin jadi pemain timnas. Alhamdulillah sekarang terwujud,” ucap Arum.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten