Atasi Corona, Gojek Luncurkan 12 Program Kesejahteraaan Mitra Driver
Gojek membagikan masker dan hand sanitizer kepada mitra driver. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Super app on-demand terdepan di Asia Tenggara, Gojek, meluncurkan 12 program kesejahteraan mitra driver selama masa pandemi Covid-19.

Program senilai Rp100 miliar itu bersumber dari Dana Bantuan Mitra Gojek hasil donasi 25 persen gaji manajemen senior Gojek dan pengalihan anggaran kenaikan gaji tahunan karyawan.

Hore! Mahasiswa Bidikmisi UNS Bakal Dapat Kuota Internet Gratis

Program Kesejahteraan Mitra Driver Gojek itu terbagi menjadi tiga bidang utama yakni penyediaan layanan kesehatan, meringankan beban biaya harian, dan bantuan pendapatan.

"Mitra driver kami kini menghadapi banyak ketidakpastian, sehingga kami berharap upaya-upaya yang telah kami lakukan untuk membantu mereka dapat mengurangi kecemasan mereka terhadap masa depan," kata Co-CEO Gojek, Kevin Aluwi, kepada Solopos.com, Rabu (1/4/2020).

Perdagangan Elektronik Picu Peningkatan Bisnis Properti Sewa Pergudangan

Kevin menjelaskan Program Kesejahteraan Mitra Driver Gojek pada bidang penyediaan layanan kesehatan salah satunya penyediaan perlengkapan kesehatan bagi mitra driver. Gojek mendistribusikan masker, sanitizer, dan vitamin bagi mitra driver, agar mereka mendapatkan perlindungan yang memadai selama bekerja.

program kesejahteraan mitra driver gojek 2
Petugas Gojek menyemprotkan disinfektan kendaraan mitra untuk mencegah penularan Covid-19. (Istimewa)

Layanan Kesehatan

Warga China Ucapkan Selamat saat Kasus Corona di AS Tembus 100.000, Meledek?

Selain itu, ada pula jaminan asuransi kesehatan bagi mitra driver. Jaminan asuransi kesehatan untuk mitra driver ini dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa dan tidak hanya mencakup COVID-19.

"Mitra driver akan memperoleh polis asuransi yang mencakup biaya kesehatan rawat inap dan rawat jalan untuk penyakit umum selama masa pandemi COVID-19," terang Kevin.

PT Inka Madiun Pastikan Produksi Kereta Api Tak Terpengaruh Covid-19

Program berikutnya yakni meningkatkan kesadaran mitra untuk menaati prosedur kesehatan dengan materi-materi edukasi yang dikomunikasikan kepada mitra melalui notifikasi di aplikasi.

Sedangkan, Program Kesejahteraan Mitra Driver Gojek pada bidang meringankan beban biaya harian salah satunya ada program distribusi paket sembako. Gojek juga telah meluncurkan program distribusi sembako bagi para mitra driver berusia di atas 60 tahun di kota-kota utama.

Sempat Diblokade Warga, Aktivitas TPA Sukosari Karanganyar Kembali Normal

Selanjutnya, mitra driver juga akan mendapatkan voucher untuk membeli kebutuhan sehari-hari di Alfamart melalui program sembako melalui kolaborasi dengan Alfamart.

Paket Makanan

Tak hanya itu, ada juga bantuan sembako dalam bentuk voucher yang dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa. Gojek juga membuka paket makanan hemat dan sehat bagi mitra driver.

Philipe Coutinho Jadi Rebutan Manchester United & Leicester City

"Mitra driver akan berkesempatan untuk membeli paket makanan hemat dan sehat di merchant UMKM GoFood. Program ini akan dimulai di Jabodetabek dan juga akan dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa," urai Kevin.

Progam ini masih ditambah dengan bantuan pembayaran pinjaman kendaraan. Sebab, sebagian besar mitra driver masih mencicil kendaraan bermotornya. Terkait prosedur keringanan pembayaran cicilan kendaraan bagi para driver ini Gojek akan mengumumkan lebih lanjut.

Tragis, Siswi Dicabuli 7 Kakak Kelas & Sempat Direkam

Terakhir, Program Kesejahteraan Mitra Driver Gojek pada bidang bantuan pendapatan salah satunya memberikan bantuan pendapatan bagi mitra driver yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Program bantuan pendapatan ini akan diperluas juga kepada mitra driver yang menjadi orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

Corona di China Mereda, Xiaomi Klaim Penjualan Membaik

Diupayakan Menerima BLT

"Gojek juga telah menambah fitur-fitur baru di aplikasinya, antara lain menambah opsi pilihan agar para konsumen dapat menambah tip mitra hingga senilai Rp100.000 yang disalurkan langsung ke e-wallet mitra," beber Kevin.

Awas! Solo Masih Punya Zona Merah Meski 0 Tambahan Positif Corona

Progam ini masih ditambah dengan kerja sama Gojek dengan sejumlah kementerian untuk memastikan para mitra driver yang memenuhi syarat bisa menerima skema Bantuan Langsung Tunai pemerintah.

Komisaris Utama Gojek, Garibaldi Thohir, mengapresiasi upaya Gojek berada di garda terdepan dalam mendukung para mitra driver agar mereka bisa terus menafkahi keluarganya di masa sulit ini.

Peziarah Rambut Nabi Muhammad ke Rumah Opick Mulai Dilarang

Apresiasi Garibaldi juga diberikan atas keputusan manajemen dan karyawan Gojek untuk membantu para mitra dengan berdonasi hingga Rp100 miliar melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa.

"Saya berharap langkah ini dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan Indonesia lainnya, sekaligus juga bisa menggerakkan hati para pebisnis dan pemangku kepentingan lainnya untuk berpartisipasi dan berkolaborasi dengan Yayasan Anak Bangsa Bisa," harap Garibaldi.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho