SOLOPOS.COM - Ilustrasi tips aman berkendara. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Biasanya, orang memutuskan bepergian naik sepeda motor karena dinilai praktis menembus jalanan yang macet. Hal ini tentu butuh perhatian ekstra untuk menjaga kesehatan dan keselamatan selama berkendara dan beraktivitas di luar ruangan.

Bilik Sterilisasi Corona Bikinan Posyantek Serengan Solo Siap Diproduksi Massal

Promosi Adu Cermat Peserta Pilpres Gaet Suara Pemilih Muda yang Moody

Safety Riding Supervisor Astra Motor Jawa Tengah, Oke Desiyanto, membagikan beberapa tips aman berkendara untuk bikers yang kerap beraktivitas di luar ruangan dan jalan raya.

367 Positif, 1 Meninggal: Begini Cara Rusia Tangkal Corona

Tips pertama, jaga kebersihan perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan dan buff atau masker dengan cara rutin mencuci. Selain rajin mencuci, bikers sebaiknya membiasakan untuk menyimpan perlengkapan berkendara setelah selesai digunakan.

Virus Corona Bisa Hidup di Tubuh Pasien hingga 37 Hari

“Simpan helm, jaket, sarung tangan, dan buff di dalam bagasi kendaraan atau di tas. Selain lebih bersih, perlengkapan berkendara juga lebih aman,” kata Oke, sebagaimana rilis kepada Solopos.com, Senin (23/3/2020).

Kontak Pasien Positif Corona, Kacab Perusahaan Leasing Di Klaten Diperiksa

Oke menambahkan bikers sebaiknya juga menghindari pinjam-meminjam perlengkapan berkendara. Usahakan untuk memakai riding gear milik pribadi yang lebih terjamin kebersihannya.

“Tak hanya itu, untuk menjaga kebersihan sarung tangan, pastikan tangan dalam keadaan bersih saat akan mengenakan sarung tangan,” lanjut dia.

Wabah Corona, Polri akan Membubarkan Kerumunan Termasuk di Kafe

Rajin Mencuci Tangan

Bagi bikers yang sering berboncengan, ada baiknya membersihkan bagian sepeda motor yang sering tersentuh tangan dengan alkohol. Bagian-bagian itu seperti di jok dan pegangan belakang jok. Kedua bagian ini adalah bagian yang kerap disentuh oleh pembonceng.

Cerita Pasien Corona: Sesak Napas hingga Nyeri Tak Tertahan di Paru-Paru

Tips aman berkendara berikutnya adalah menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan setelah berkendara. Bikers diimbau menyiapkan hand sanitizer kemasan kecil agar mudah dibawa. Hand sanitizer ini bisa menggantikan fungsi sabun jika tidak bisa mencucuci tangan.

Kronologi Warga Sukoharjo Positif Corona, Bermula dari Outbond

“Yang terpenting, jaga pola hidup sehat. Salah satunya dengan cara menambah stamina tubuh baik dengan vitamin atau konsumsi ramuan tradisonal seperti jamu serta hindari dehidrasi,” tutur Oke.

6 Trip KA Jarak Jauh Dibatalkan Sampai Akhir Maret

Selain keselamatan, Oke juga berpesan agar para biker menjaga kesehatannya. Kesehatan ini tak hanya dalam arti kondisi fisik tetapi juga sehat cara berkendara dan berlalu lintasnya.

WHO Buka Layanan Informasi Virus Corona Lewat Whatsapp

“Langkah pencegahan yang paling mudah untuk kita semua lakukan adalah jaga kebersihan diri. [Hal ini] dimulai dari rajin mencuci tangan dan jaga kebersihan riding gear. Selain itu, jaga pola makan dan istirahat yang cukup supaya daya tahan tubuh kita kuat. Untuk bisa #Cari_Aman di jalan raya, dibutuhkan tubuh dan pikiran yang sehat,” pesan Oke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya