Tutup Iklan -->
Virus Corona Bisa Hidup di Tubuh Pasien hingga 37 Hari
Ilustrasi wujud virus corona. (Reuters)

Solopos.com, SOLO – Hasil penelitian terbaru mengungkap pasien terinfeksi virus corona dapat menyimpan patogen di saluran pernapasan sekitar 37 hari. Dengan demikian, pasien positif corona bisa menularkan virus sekitar lima pekan.

Hasil penelitian yang ditulis di jurnal medis Lancet, menjelaskan dokter di China mendeteksi RNS virus corona di dalam saluran pernapasan sejumlah sampel. Sampel itu diambil dari orang-orang yang berhasil sembuh.

Rata-rata sampel diambil 200 hari setelah pasien terinfeksi virus corona. Hasil penelitian itu sangat penting dan berimplikasi pada pengambilan keputusan untuk isolasi pasien.

Melonjak! Jumlah ODP Corona di Solo 2.795, 56 Dikarantina

“Temuan tersebut memiliki implikasi penting untuk pengambilan keputusan baik untuk isolasi pasien dan panduan seputar lamanya pengobatan antivirus,” ujar Fei Zhou dan penulis lainnya dari Chinese Academy of Medical Sciences, seperti dilansir Bloomberg, yang dikutip dari Bisnis.com, Senin (23/3/2020).

Periode isolasi yang disarankan setelah terpapar corona adalah 14 hari. Isolasi amat penting dilakukan untuk menghindari penularan virus kepada orang lain.

Istilah Teknis dalam Kasus Corona

Sembuh Bukan Jaminan

Meski demikian, bisa jadi pasien yang dinyatakan sembuh dan bersih dari virus corona bisa saja menularkan kepaada orang lain.

Jika pasien corona tetap menularkan virus ini dalam waktu lama setelah gejalanya hilang, mereka mungkin tanpa sadar telah mengembangbiakkan patogen virus setelah kembali dari karantina.

“Sebagai perbandingan, hanya sepertiga pasien SARS masih memendam virus penyebab penyakit itu dalam saluran pernapasan mereka setelah empat pekan,” terang para ilmuwan China tersebut.

Perjalanan Virus Corona dari Wuhan Menyebar ke Dunia

Dalam studi ini, ilmuwan mempelajari catatan medis dan data laboratorium dari 191 pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Jinyintan dan Rumah Saki Wuhan Pulmonary. Data itu termasuk 54 orang yang meninggal karena infeksi virus corona.

Wabah virus corona (SARS-CoV-2) penyebab Covid-19  yang ditetakan sebagai pandemi oleh WHO telah tersebar ke 192 negara di dunia. Sampai saat ini total adal 342.442 kasus positif corona di dunia.

Ada 14.763 kasus kematian dan 99.046 orang dinyatakan sembuh dri infeksi virus tersebut.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho