Pilkada Klaten: Belum Diumumkan, Sri Mulyani Klaim Dapat Rekomendasi Cabup dari DPP PDIP
Bupati Klaten, Sri Mulyani, berbincang dengan Patmo, sesepuh Dukuh Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Rabu (1/1/2020). (Solopos-Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN -- Ketua DPC PDIP yang juga Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengaku sudah tahu dirinya lah yang mendapat rekomendasi dari DPP PDIP untuk maju lagi sebagai calon bupati (cabup) di Pilkada Klaten 2020.

Padahal, DPP PDIP belum juga mengumumkan nama-nama calon kepala daerah yang mendapat rekomendasi untuk diusung di pilkada serentak September nanti.

Nama-nama itu dijadwalkan diumumkan Rabu (19/2/2020). Itu pun belum semua daerah.

Klaim itu disampaikan Sri Mulyani saat diwawancarai wartawan di sela-sela kegiatan Sambang Warga di lapangan Desa Bulurejo, Kecamatan Juwiring, Selasa (18/2/2020).

Pilkada Solo: Teguh Prakosa Kesal Foto Dirinya Salami Gibran Rakabuming Disalahartikan

“Alhamdulillah saya selaku ketua DPC dan bakal cabup petahana diberikan amanah oleh Bu Ketua Umum [Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri] untuk melanjutkan membangun Klaten, maju sebagai cabup,” kata Mulyani.

Mulyani mengatakan rekomendasi cabup yang diusung PDIP sepenuhnya merupakan keputusan DPP PDIP. Dia meyakini DPP PDIP memiliki pertimbangan sebelum memberikan rekomendasi kepada kadernya.

Kronologi Kematian Ashraf Sinclair: Meninggal Setelah Cuci Muka

"Saya selaku ketua partai yang juga petahana selama empat tahun memimpin Klaten banyak peningkatan pembangunan dan hasil survei sangat memuaskan sehingga DPP memberikan kebijakan rekomendasi kepada saya,” kata Mulyani.

Hanya, Mulyani masih enggan berkomentar soal nama cawabup. Diinformasikan sebelumnya, bersama Sri Mulyani ada salah satu bakal cawabup Klaten, Aris Prabowo, yang juga diundang ke DPP PDIP untuk konsolidasi di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Perempuan Jenawi Ditemukan Tak Bernyawa di Sungai Suplesi Waduk Gebyar Sragen

“Untuk wakilnya besok saja setelah dari DPP. Jane lak ya wis do ngerti ta [Sebenarnya juga sudah pada tahu kan],” tutur dia.

Mulyani berharap para bakal cawabup yang mendaftar melalui PDIP menerima keputusan DPP soal sosok nama cawabup yang mendapat rekomendasi.

Para bakal cawabup dari internal PDIP yang tak terpilih diminta mendukung dan memenangkan pasangan cabup-cawabup Klaten yang direkomendasikan DPP PDIP.

Dulu Bak Eropa, Taman Bendung Tirtonadi Solo Kini Kumuh

Di Klaten ada sekitar 20 bakal cawabup yang mendaftar via PDIP dan mayoritas merupakan kader partai tersebut. “Banteng kudu bali kandang. Nak ra bali kandang mengko kena sanksi [banteng harus kembali ke kandang. Kalau tidak kembali nanti kena sanksi],” kata dia.

Kepada dua orang yang lain mendaftar sebagai cabup dan berebut rekomendasi dengannya, Mulyani menyampaikan terima kasih.

Sebagai informasi, selain Sri Mulyani, Ida Hartono (Direktur Kiat Motor) dan Nanik Herawati (dosen salah satu perguruan tinggi di Klaten) yang mendaftar sebagai cabup melalui PDIP.

Kronologi Lengkap Kecelakaan Honda CB Vs Honda Mobilio di Manahan Solo

“Untuk Bu Nanik dan Mas Ida matursuwun kemarin sudah meramaikan bursa penjaringan. Saya suwun dukungan dan doanya untuk menyukseskan Sri Mulyani,” kata Mulyani.

Sementara itu, saat memberikan sambutan dalam acara Sambang Warga itu, Mulyani mengaku sudah tahu soal rekomendasi itu sejak Minggu (16/2/2020).

Hari Minggu itu, Mulyani diundang DPP PDIP yang secara resmi memberikan rekomendasi cabup kepadanya. "Untuk wakilnya mohon maaf belum bisa saya sampaikan nanti tidak etis. Karena secara sah rekomendasi belum utuh saya terima,” kata Mulyani.

Jalan Embarkasi Haji Gagaksipat Boyolali Rusak Parah, Awas Kecelakaan!

Dalam sambutan itu, Mulyani kembali meminta dukungan kepada warga serta tokoh masyarakat yang hadir pada acara tersebut.

Sebelumnya, Aris Prabowo membenarkan dia mendapatkan undangan untuk datang ke DPP PDIP pada Rabu selaku bakal cawabup Klaten. Hanya, anggota DPRD Klaten periode 2014-2019 dari PDIP itu enggan berkomentar banyak.

Bakal cabup Klaten yang mendaftar via PDIP, Ida Hartono, juga enggan berkomentar soal kabar Sri Mulyani mendapatkan rekomendasi sebagai cabup Klaten.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho