Dampak Pandemi Covid-19 Tahan Lama, Ini Tips Pertahankan Bisnis

Pandemi virus corona pemicu Covid-19 berdampak signifikan pada seluruh sektor perekonomian dan pengaruhnya mungkin masih bertahan lama.

SOLOPOS.COM - Ilustrasi strategi bisnis. (Bisnis-Dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Pandemi virus corona jenis baru pemicu Covid-19 membawa dampak signifikan pada seluruh sektor bisnis maupun perekonomian. Mungkin saja begitu vaksin ditemukan dan dijual maka kekhawatiran pun segera berakhir, tetapi pengaruh penyakit itu mungkin juga masih bertahan panjang dan lama.

Belum lagi guncangan pandemi Covid-19 yang lalu masih membuka celah bagi potensi berlanjutnya dampak resesi pada 2021 terhadap bisnis. Meskipun demikian, banyak pemilik bisnis masih tidak sadar dengan risiko jangka panjang pandemi Covid-19 ini dan khawatir tentang bagaimana menjaga usaha mereka tetap terbuka.

Padahal dunia diperkirakan masih akan bergumul dengan masalah ekonomi tersebut dalam beberapa bulan mendatang. Menurut pernyataan International Monetary Fund atau IMF alias Dana Moneter Internasional, prospek pertumbuhan global pada tahun 2020 negatif, dan setidaknya butuh satu tahun lagi sampai mulai ada pemulihan ekonomi.

Mesum di Bajaj, Kakek-Kakek dan Wanita Muda Diusir Warga

Dilansir Entrepreneur, berikut ini beberapa petunjuk dan saran untuk membantu membuat bisnis Anda tahan resesi dan dapat menghadapi badai ekonomi yang akan datang sebagai dampak jangka panjang pandemi Covid-19.

1. Bikinlah Perkiraan Arus Kas Triwulanan

Salah satu cara terbaik untuk memastikan perusahaan Anda dapat mengatasi pasang surut ekonomi adalah dengan memiliki rencana yang dapat ditindaklanjuti.

Anda harus memiliki pemahaman yang lengkap tentang dari mana uang Anda berasal dan bagaimana penggunaannya. Strategi ini akan memungkinkan Anda untuk memperhitungkan semua uang dan membuat penyesuaian jika diperlukan.

Kasihan, Kakek Basri Diseret di Aspal Gara-Gara Minta Rokok

2. Rencanakan Skenario Berbeda

Masa depan tidak pernah pasti, tetapi Anda dapat mempersiapkan ketidakpastian dengan perencanaan skenario. Cobalah untuk mempertimbangkan berbagai visi untuk masa depan perusahaan.

Ini akan membantu Anda memikirkan kembali kemungkinan dan memahami hasil yang akan membuat Anda tetap di jalan menuju sukses.

Saat Anda menjalankan setiap skenario ini, Anda dapat mempertimbangkan solusi yang mungkin tidak terpikirkan oleh Anda ketika perlu bereaksi terhadap situasi yang membuat stres.

Parodi Akting Keluarga Betrand Peto, 4 Bocah Tuai Pujian

3. Telusuri Pilihan Likuditas

Likuiditas atau kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban adalah aspek penting dalam bisnis apa pun. Meskipun banyak perusahaan masih bekerja dari rumah, Anda membutuhkan likuiditas.

Likuiditas itu dibutuhkan untuk dapat membayar karyawan, tagihan, dan pengeluaran Anda agar bisnis tetap terbuka.

Ada banyak pilihan untuk menciptakan likuiditas dari solusi keuangan alternatif, menggunakan aset bisnis hingga menawarkan sebagian saham kepada investor ekuitas swasta. Selain itu, saat ini ada program pemerintah yang dikembangkan sebagai respons terhadap pandemi yang juga dapat membantu likuiditas Anda.

Fengsui Tempat Usaha: Ini Tips Warung Sembako Sukses!

4. Menjaga Komunikasi dengan Bank

Langkah paling penting untuk membantu bisnis Anda tahan resesi adalah berkomunikasi secara proaktif dengan bank Anda.

Menyiapkan percakapan dengan bank akan menunjukkan keandalan bisnis Anda. Komunikasi itu bakal memprcayakan pihak lain bahwa bisnis Anda bertahan.

Anda dapat mendiskusikan peringkat risiko bisnis Anda, pinjaman mana yang telah diturunkan, dan area lain yang dapat memengaruhi bisnis Anda. Ini akan membantu Anda memahami bagaimana bisnis Anda akan diperlakukan ke depan.

Cermati! Zodiak-Zodiak Ini Bisa Jatuh Cinta demi Uang

5. Tetap Berhubungan dengan Vendor

Dalam kondisi saat ini, sulit untuk menentukan kapan semuanya akan kembali normal. Dengan demikian, Anda harus tetap berhubungan dengan vendor Anda.

Periksa di mana risiko arus kas Anda dan tinjau kontrak vendor, berbicara dengan klien Anda dan membuat keputusan dari titik ini. Dengan pemahaman lengkap tentang gambaran besarnya, Anda dapat membuat rencana untuk memastikan arus kas positif.

Vendirlah yang selanjutnya turut mempertahankan bahkan mengembangkan bisnis Anda.

Elemen Fengsui dalam Rumah Bisa Datangkan Rezeki

6. Jaga Hubungan Baik dengan Klien

Pelanggan Anda adalah sumber pendapatan yang paling signifikan. Meskipun kehilangan pelanggan tidak pernah baik, hal itu bisa sangat berbahaya selama resesi.

Fokus pada memberikan layanan pelanggan yang luar biasa. Layanan pelanggan itulah yang akan menawarkan peluang lebih baik untuk mempertahankan pelanggan Anda dan menarik bisnis baru.

Sesuaikan produk dan layanan Anda, tawarkan insentif, dan evaluasi layanan purnajual Anda untuk memastikan pelanggan tetap setia.

Ngeri, Bangunan di Karo Ambles Terbawa Longsor

7. Fokus pada Hal Terbaik

Saat Anda bersiap untuk menghadapi resesi, jangan mencoba menjauh dari kekuatan Anda. Meskipun diversifikasi bisa menjadi hal yang baik, menambahkan produk dan layanan baru untuk mencoba sesuatu tidak akan cukup melindungi terhadap kemerosotan ekonomi.

Alih-alih, cobalah untuk fokus pada apa yang bisnis Anda lakukan dengan baik dan lakukan dengan lebih baik. Ini akan menciptakan fondasi yang stabil untuk setiap perubahan ekonomi.

Fokus terhadap hal baik bisa menjadi asa Anda mempertahankan dan mengembangkan bisnis.

Kiat Pilih Kantor atau Lokasi Bisnis Sesuai Fengsui

8. Dapatkan Keunggulan dari Persaingan

Tidak setiap perusahaan bisa melewati resesi. Jadi, Anda perlu memastikan bisnis Anda yang bisa lakukan dengan baik.

Penting untuk menjadi lebih unggul dari pesaing Anda. Perhatikan bidang mana yang merugikan atau menguntungkan bisnis Anda.

Meskipun memakan waktu, penelitian ini dapat menyelamatkan perusahaan Anda dalam jangka panjang.

Tesla Makin Dekat Indonesia, Apa Untungnya?

9. Jangan Abaikan Pemasaran

Meskipun mungkin tergoda untuk merampingkan biaya operasional selama resesi, jangan abaikan upaya pemasaran Anda. Faktanya, selama penurunan ekonomi, strategi pemasaran Anda justru lebih penting.

Sementara perusahaan lain mungkin menurunkan pemasaran mereka, Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk berdiri terpisah dan meningkatkan kesadaran merek Anda.

Bertukar pikiran tentang ide-ide untuk memaksimalkan dana pemasaran Anda dan memanfaatkan keunggulan kompetitif Anda. Ini akan membantu mempertahankan loyalitas pelanggan dan menjaga pembukuan Anda tetap baik.

Benda Ini Kata Fengsui Buka Keberuntungan

10. Pertimbangkan Cara Baru Layanan Pengiriman

Pandemi memaksa banyak bisnis untuk mempertimbangkan kembali layanan mereka. Ada baiknya mempertimbangkan cara baru untuk memanfaatkan ini. Dari aset digital seperti pembinaan hingga penawaran virtual, pikirkan tentang layanan yang dapat Anda tawarkan.

Meskipun kita belum menemukan implikasi finansial penuh dari pandemi, penting untuk mulai membuat bisnis Anda tahan resesi sebagai dampak Covid-19.

Dan walaupun tidak ada yang akan menjamin bisnis dapat melewati resesi yang berat, perencanaan strategis akan menawarkan kesempatan untuk melawan potensi badai.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Berita Terbaru

Inspiratif! 30 Pegawai Pertamina Donorkan Plasma Darah untuk Pasien Covid-19

Solopos.com, SEMARANG -- Sebanyak 30 pegawai Pertamina Jawa Bagian Tengah (JBT) berinisiatif mendonorkan plasma darah mereka untuk membantu kesembuhan...

Hotel di Soloraya Peroleh Sertifikat Bersih, Sehat, dan Aman

Solopos.com, SOLO — Sejumlah hotel berbintang di Soloraya memperoleh sertifikat dari sejumlah kementerian terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19....

Bisnis Dessert Box Undang Peluang Lebar

Solopos.com, JAKARTA — Bisnis makanan penutup tumbuh menjadi tren populer dalam dekade terakhir. Pertumbuhan bisnis makanan penutup yang dikemas...

Peluang Bisnis Taksi Pendaki Bertahan di Gunung

Solopos.com, JAKARTA — Wisata Indonesia yang kaya akan sumber daya alam besar potensinya mendorong Fajar Ismail mengembangkan usaha jasa...

Bertahan di Peluang Bisnis Nasi Biryani

Solopos.com, JAKARTA — Pandemi Covid-19 memukul berbagai sektor usaha, tak terkecuali pelaku usaha peluang bisnis kuliner. Demi menghadapi tantangan...

Jajal Peluang Bisnis Restoran Virtual, Omzet Hingga Ratusan Juta Per Bulan

Solopos.com, JAKARTA — Peluang bisnis sektor kuliner selalu terbuka lebar tanpa pernah ada batasan. Namun, untuk mengembangkan brand kuliner...

Lezatnya Bolu Susu, Janjikan Keuntungan 75%

Solopos.com, JAKARTA — Selama masa pandemi Covid-19, tak sedikit masyarakat yang mencoba peruntungan dengan mengembangkan bisnis rumahan. Salah satu...

Terampil Bungkus Kado Bisa Jadi Peluang Bisnis

Solopos.com, JAKARTA — Pandemi tidak akan menghentikan orang untuk memberi hadiah kepada orang yang mereka cintai pada musim liburan...

Belajar pada UMKM Prakardus, Dari Kreasi Bikin Penghasilan Naik 700 Persen

Solopos.com, JAKARTA -- UMKM Prakardus merupakan potret pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang tetap bersinar di era...

Siasati Pandemi, Perluas Audiens dengan Teknologi

Solopos.com, SOLO--Bisnis pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran (MICE) dan event organizer (EO) menjadi salah satu sektor yang ikut terpukul...