10 Berita Terpopuler : Gempa Darat Guncang Solo
Informasi mengenai gempa darat 2,9 SR yang berpusat di Kota Solo, Minggu (20/9/2020). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Ulasan tentang gempa darat bermagnitudo 2,9 skala Richter terjadi dengan titik pusat Kota Solo, Minggu (20/9/2020) pada pukul 10.23 WIB, menjadi berita terpopuler di Solopos.com pagi ini, Senin (21/9/2020) pagi.

Berita terpopuler berjudul Gempa Darat 2,9 SR Guncang Solo, Dipastikan Tidak Terkait Merapi membeberkan gempa tersebut tidak begitu terasakan getarannya oleh masyarakat dan belum ada laporan kerusakan.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie, mengatakan tidak merilis informasi maupun analisis terkait gempa tersebut lantaran tidak terasa.

Solopos Hari Ini: Guru Honorer Terkendala BPJSTK

Namun, ia menyebut gempa tersebut karena sesar lokal bermagnitude kurang dari 5 SR.

“Kalau lihat parameternya ini gempa dangkal karena sesar lokal. Tapi, kalau misalnya kejadiannya [daerah] agak ke selatan banyak penyebabnya. Misalnya, aktivitas zona subduksi atau bisa juga karena zona megathrust,” katanya kepada wartawan mengenai gempa yang melanda Solo, Minggu.

Ajie, sapaan akrabnya, menyebut baru bisa melakukan analisis gempa darat itu setelah menilai dari sejumlah parameter. Kendati begitu, ia memastikan tak ada gempa susulan sesudah gempa pada pukul 10.23 WIB itu.

Ini Bocoran Jadwal Ujian Masuk PTN 2021

Ia memastikan gempa Solo pada Minggu tidak ada kaitannya dengan aktivitas vulkanik Gunung Merapi, melainkan murni aktivitas tektonik. Sesar lokal itu bergerak, ketika gerak melepaskan energi secara tiba-tiba maka terjadi gempa bumi tersebut.

“Ketika terjadi gempa bumi, sensor kami mencatat dan kami menganalisis dan kami lihat episentrumnya sekitar Solo,” bebernya.

Tujuh Kilometer Barat Laut Solo

Sebelumnya, berdasarkan keterangan dari BMKG DIY, pusat gempa berjarak tujuh kilometer barat laut Kota Solo. "Info gempa magnitudo 2,9 SR, 20 September 2020 10.23 WIB, 7 kilometer barat laut Kota Surakarta, Jawa Tengah," bunyi keterangan dari BMKG DIY, Minggu (20/9/2020).

Pusat gempa berada pada 7.51 lintang selatan (LS), 110.80 bujur timur (BT), dengan kedalaman 13 kilometer.

Hari Ini Dalam Sejarah: 21 September 1949, Republik Rakyat Tiongkok Berdiri

Selain ulasan terkait gempa Solo itu, berita lain seputar sosok pemutilasi Kalibata City, Elvy Sukaesih terjangkit Covid-19, dan gua Tebing Kali Cemoro Sragen juga masuk daftar terpopuler di Solopos.com.

Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com 24 jam terakhir hingga Senin pagi ini:



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom