Hari Ini Dalam Sejarah: 21 September 1949, Republik Rakyat Tiongkok Berdiri
Mao Zedong mendeklarasikan Republik Rakyat Tiongkok pada 1949. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pendirian Republik Rakyat Tiongkok dideklarasikan di Beijing pada 21 September 1949.

Deklarasi pendirian Republik Rakyat Tiongkok merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 21 September.

Selain pendirian Republik Rakyat Tiongkok, masih banyak peristiwa bersejarah pada 21 September yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 21 September yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1776

Rakyat New York, Amerika Serikat (AS) membakar sejumlah bangunan di wilayah tempat tinggal mereka. Hal itu dilakukan demi mengusir tentara Inggris yang menduduki New York. Pemerintah Inggris menyatakan pembakaran kota itu merupakan bentuk upaya pemberontakan rakyat New York terhadap Inggris. Peristiwa yang dikenang dengan sebutan Kebakaran Besar New York itu menghanguskan 400 hingga 1.000 bangunan.

1860

Pasukan Inggris dan Prancis berhasil mengalahkan pasukan Dinasti Qing dalam Pertempuran Palikao di dekat Palikao, Tiongkok. Atas kemenangan dalam salah satu pertempuran dalam Perang Opium II itu, Inggris dan Prancis berhasil merebut Beijing dari kekuasaan Dinasti Qing.

1921

Silo tempat menyimpan bahan kimia di Oppau, Jerman meledak. Akibatnya, sekitar 500 orang hingga 600 orang tewas dalam peristiwa tersebut.

1942

Pasukan Jerman mengumpulkan sekitar 1.000 orang Yahudi yang tinggal di Pidhaitsi, Ukraina untuk dipindahkan ke tempat pembantaian di Belzec, Polandia. Pemindahan itu dilakukan tepat di hari suci bagi orang Yahudi, yakni Yom Kippur.

1949

Pendirian Republik Rakyat Tiongkok dideklarasikan di Beijing. Beberapa hari setelahnya, Mao Zedong memproklamasikan Republik Rakyat sebagai negara komunis.

1964

Malta meraih kemerdekaan dari Inggris. Meski telah meraih kemerdekaan, Malta masih menjadi negara anggota Negara Persemakmuran Inggris. Baru pada 1974, Malta keluar dari keanggotaannya dari Negara Persemakmuran Inggris.

1982

Untuk kali pertama, beberapa negara, kelompok politik, militer, dan masyarakat, di berbagai penjuru dunia memperingati Hari Perdamaian Internasional. Pada 2013, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan 21 September sebagai Hari Perdamaian Internasional. Kini, Hari Perdamaian Internasional ditandai dengan dibunyikannya Lonceng Perdamaian PBB di Markas Besar PBB di Kota New York, Amerika Serkat (AS).

1999

Gempa bumi berkekuatan 7,3 skala Richter mengguncang wilayah Chichi, Nantou, Taiwan. Bencana alam tersebut menewaskan sedikitnya 2.416 orang dan menyebabkan 11.441 orang mengalami luka-luka.

2013

Sekelompok orang mulai menyerang pusat perbelanjaan di Nairobi, Kenya. Penyerangan itu berlangsung selama tiga hari dan menewaskan 72 orang dan melukai 175 lainnya. Kelompok militan asal Somalia, Al-Shabaab, mengklaim bertanggung jawab atas penyeranga itu. Mereka menyatakan serangan itu sebagai balasan bagi Kenya yang telah mengirimkan tentaranya ke Somalia.

2013

Serangan bom mendera acara pemakaman di Bagdad, Irak. Akibatnya, 60 orang tewas dan 120 mengalami luka-luka. Hingga kini, belum diketahui pelaku dan motif penyerangan tersebut.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom