SOLOPOS.COM - Kegiatan Rikho Jerikho saat melakukan identifikasi atau dokumentasi ikan yang ia teliti beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Solopos.com,SOLO--Kisah tentang pemuda asal Wonogiri, Rikho Jerikho, 25, menasional karena aktivitasnya menjadi peneliti ikan alien di Waduk Gajah Mungkur menjadi berita paling populer di Solopos.com, Minggu (20/9/2020).

Berdasar kecintaannya pada ikan, Rikho tak lelah meneliti sekaligus memotret kekayaan ikan air tawar di Indonesia. Dalam perjalanannya meneliti, dia menemukan berbagai jenis ikan asli Tanah Air dan ikan asing alias "alien", termasuk di Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Konsistensi dan kecintaan pemuda Wonogiri pada ikan ini menggiringnya menjadi salah satu pemateri dalam World Lake Conference (Konferensi Danau se-Dunia) di Bali pada 2016.

Setelah Madiun, UNS Solo Bakal Bangun Kampus Di Magetan?

Penelitian Rikho berawal dari adanya keinginan untuk melakukan studi awal skripsi. Ia mencoba meneliti ikan-ikan yang ada di WGM Wonogiri. Saat meneliti, ia mencari literatur dan metodologi secara mandiri.

Dalam risetnya, pemuda Wonogiri ini tertarik meneliti spesies ikan “alien” di Indonesia. Berdasarkan temuannya, dari sekitar 40 spesies ikan di WGM, sekitar 12 ikan merupakan spesies asing.

“Bawal, nila, mujair ternyata merupakan spesies alien atau asing. Perpindahan secara alam atau alami tidak mungkin. Pasti ada aktivitas manusia yang mengantarkan ikan tersebut masuk ke Indonesia,” ujar dia saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (19/9/2020).

Jadi Korban Mutilasi Di Kalibata City Jakarta, Begini Sosok Rinaldi Harley Di Mata Keluarga

Ikan Asli Indonesia Tidak Dikenal

Hasil penelitiannya di WGM tersebut dia coba kirimkan ke World Lake Conference. Hasilnya, penelitian Rikho diterima dan ia diundang untuk mempresentasikan risetnya dalam bentuk artikel dan poster.

Setelah bertemu dengan para peneliti, sepulang dari acara konfrensi tersebut, pemuda asal Wonogiri ini justru semakin resah. Belum banyak penelitian yang mengidentifikasi ikan di Indonesia.

Selain berita tentang Rikho Jerikho, ada juga ulasan tentang pelaku seni Sragen minta hajatan dibolehkan lagi, dan kisah tim pemakaman jenazah Covid-19 di Sragen juga menjadi berita paling populer.

Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com 24 jam terakhir hingga Minggu pagi ini:

Bikin Kagum! Ini Sosok Rikho Jerikho, Pemuda Wonogiri Peneliti Ikan “Alien” di WGM

Pelaku Seni Minta Hajatan Dibolehkan Lagi, Ini Jawaban Bupati Sragen

Ngeri, Begini Cara Pelaku Bawa Potongan Tubuh Korban Mutilasi ke Kalibata City

Begini Ancaman 2.000 Pekerja Seni Sragen Bila Hajatan Tidak Diizinkan

Ngebut Picu Kecelakaan di Selatan Jembatan Bacem, 1 Nyawa Melayang

Terungkap, Ini Kronologi Lengkap Pembunuhan Mutilasi Kalibata City

Kisah Tim Pemakaman Jenazah Covid-19 Sepat Sragen: Napas Mengkis-Mengkis Tapi Masih Ada yang Nyinyir

Pria di Madiun Meninggal karena Covid-19, 4 Orang Keluarganya Tertular

Kecelakaan di Selatan Jembatan Bacem, Begini Kondisi Korban Kedua

Cerita di Balik Pembubaran Kegiatan Warga di Lalung Karanganyar oleh Satpol PP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya