SOLOPOS.COM - Halaman Soloraya Harian Umum Solopos edisi Senin, 29 September 2014

Solopos.com, SOLO – Polemik RUU Pilkada dan kabar Asian Games 2014 jadi berita utama Harian Umum Solopos hari ini, Senin (29/9/2014). Dikabarkan SBY akan segera menemui Ketua MK, Hamdan Zoelva membicarakan soal gugatan RUU Pilkada. Sayangnya sejumlah kalangan menilai langkah SBY hanyalah sebuah drama.

Dari Asian Games 2014, kabar gembira, Pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan mempersembahkan medali emas kedua untuk Indonesia di Asian Games 2014.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Sedangkan Persis Solo memastikan tiket ke babak 8 Besar Divisi Utama Liga Indonesia 2014 dengan status juara Grup K. Dengan status ini pun, Persis sudah ditunggu lawan-lawan tangguh seperti Pusamania Borneo FC, Martapura FC, dan PSCS Cilacap.

Simak rangkuman berita Harian Umum Solopos edisi Senin, 29 September 2014, berikut;

UU PILKADA: SBY Minta Pendapat MK

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara tegas menolak Undang-undang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada) yang diputuskan DPR. Presiden terus berusaha mencari terobosan hukum untuk menolak UU yang menetapkan pilkada oleh DPRD.

Salah satu langkah yang dilakukan SBY adalah berkomunikasi dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Hamdan Zoelva. Di sisi lain, sejumlah kalangan menilai Partai Demokrat sedang memainkan drama terbaru dengan berniat mengajukan judicial review ke MK.

Begitu mendarat di Bandara Internasional Kansai, Osaka, Jepang, sekitar pukul 20.00 waktu setempat atau pukul 18.00 WIB, Minggu (28/9), Presiden SBY langsung menuju VIP room bandara. Presiden langsung berkomunikasi dengan Ketua MK.

Beberapa saat kemudian, SBY menggelar jumpa pers mengenai hasil komunikasinya dengan Ketua MK. ”Setelah 16 jam penerbangan dari Washington D.C., dan ini sudah malam, saya harus sampaikan satu pernyataan untuk diteruskan kepada Saudara-Saudara saya di Indonesia dari Osaka ini,” kata Presiden SBY membuka konferensi pers.

SBY mengaku terus mengikuti dinamika dan perkembangan politik di Tanah Air seusai pemungutan suara RUU Pilkada di DPR, Jumat (26/9) dini hari.

(Baca Juga: SBY Cari Jalan untuk Batalkan UU Pilkada, Caranya?, SBY Pulang ke Jakarta Malam Ini, Sebelumnya Dapat Gelar Doktor HC, SBY Bersumpah Perjuangkan Pilkada Langsung)

DIVISI UTAMA 2014: Persis Melangkah ke Babak 8 Besar

Persis Solo memastikan tiket ke babak 8 Besar Divisi Utama Liga Indonesia 2014 dengan status juara Grup K. Dengan status ini pun, Persis sudah ditunggu lawan-lawan tangguh seperti Pusamania Borneo FC, Martapura FC, dan PSCS Cilacap.

Status juara grup diperoleh Persis setelah di laga pamungkas 16 besar menaklukan wakil Sumatra, PS Bangka, dengan skor telak 3-0 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (28/9). Ketiga gol Persis masing-masing diciptakan Ferry Anto di menit ketiga, Bayu Nugroho menit ke-13 dan Andrid Wibowo di masa tambahan babak kedua.

Kemenangan ini membuat posisi Persis meroket ke puncak klasemen Grup K dengan torehan 10 poin. Sedangkan posisi runner up diklaim oleh PSGC Ciamis, yang pada laga lainnya di Karawang, menang atas PSPS Pekanbaru dengan skor 3-2.

(Baca Juga: Menang 3-0, Laskar Sambernyawa ke 8 Besar Divisi Utama, Prediksi Calon Lawan Persis, PSS atau PSIS, Begini Perjuangan Persis Solo Lolos 8 Besar)

ASIAN GAMES 2014: Hendra/Ahsan Raih Emas Kedua

Pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan mempersembahkan medali emas kedua untuk Indonesia di Asian Games 2014.

Ganda putra ranking kedua dunia itu susah payah menekuk wakil tuan rumah Korea Selatan, Yoo Yeon Seong/Lee Yong Dae, dalam laga final di Gyeyang Gymnasium, Incheon, Minggu (28/9). Hendra/Ahsan harus melewati drama rubber set untuk mengunci kemenangan dengan skor 21-16, 16-21, 21-17.

Hendra/Ahsan sempat tertinggal 6-10 di set pertama. Namun, ganda putra terbaik di Indonesia itu mampu bangkit dan menyamakan kedudukan menjadi 10-10. Kejar mengejar poin dengan cukup sengit terus berlanjut sebelum smash keras Hendra yang mendarat sisi kanan lapangan lawan menutup perlawanan Korea Selatan di set pertama.

Persaingan sengit kembali terjadi di set kedua hingga memaksa Hendra/Ahsan tertahan di poin ke-16 dan membiarkan Yoo Yeon Seong/Lee Yong Dae berbalik merebut kemenangan. Laga set ketiga pun berjalan dengan tak kalah panas. Untungnya, Hendra/Ahsan berhasil menyudahi sorakan pendukung Korea Selatan dengan kemenangan tipis, 21-17 di set pamungkas.

(Baca Juga: Medali Emas Hendra/Ahsan Baikin Peringkat Indonesia Naik 3 Tingkat, Emas Kedua Diraih Lewat Ganda Putra Hendra/Ahsan)

KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN: Menggantungkan Cita-cita di Bekas Pos Ronda

Menimba ilmu tak hanya di sekolah namun juga bisa di perpustakaan. Rumah Baca Teratai, sebuah perpustakaan kampung yang didirikan atas inisiatif pemuda setempat, adalah contohnya. Berikut laporan wartawan Solopos, Ahmad Baihaqi.



Stay Read Your Book. Tulisan berisi imbauan tersebut menghiasi tembok bagian samping ruangan yang mirip pos ronda di Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, Kamis (18/9) siang. Tulisan dengan cat berwarna merah tersebut merupakan karya anak-anak RW 003 Kelurahan Sangkrah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya