Gibran Rakabuming Raka di kediaman Megawati, Kamis (24/10/2019). (Detikcom)

Solopos.com, SOLO – Suatu pemerintahan dipimpin figur yang mempunyai hubungan keluarga sedarah atau dinasti politik punya kelebihan dan kekuangan. Dosen Hukum Tata Negara UNS Solo, Agus Riewanto, menilai ada empat kekurangan pemerintahan yang dipimpin figur bagian dinasti politik.

Salah satu kelemahan daerah yang dipimpin figur dinasti politik yaitu pandangan miring masyarakat. Pemerintahan akan terjebak pada keyakinan publik bahwa cara untuk melestarikan kekuasaan atau kekuatan suatu klan tertentu yang akan diuntungkan.

Masyarakat akan selalu menilai pemerintah berusaha menguntungkan klan mereka sendiri. Kelemahan lain pemerintahan yang dipimpin figur yang merupakan bagian dinasti politik yaitu sangat berpotensi terjadi korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

“Potensi terjadinya KKN dalam pemerintahan dinasti politik jauh lebih tinggi dibandingkan yang bukan dinasti. Klan dinasti lebih kuat dari sistem demokrasi sesungguhnya. Hal ini berlaku dalam banyak sektor, termasuk manajemen proyek,” terang Agus Reiwanto saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (29/11/2019).

DPP PDIP Buka Peluang Gibran Rakabuming Nyalon Wali Kota, Rudy: Tugas Selesai!

Kelemahan lain pemerintahan dinasti politik yakni langgengnya kekuasaan atau melahirkan dinasti-dinasti berikutnya. Contohnya di lingkaran kekuasaan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Klaten beberapa tahun terakhir yang dikuasai kelompok tertentu.

“Saya juga melihat hubungan politik kepala daerah yang merupakan bagian dari dinasti, dengan dinas-dinas dan DPRD adalah hubungan keluarga. Akibatnya persoalan dari program-program pemerintahan diselesaikan di belakang panggung,” imbuh dia.

Ada Roti Jangkrik di Inggris, Rasanya Diklaim Lezat

Tapi, Agus Riewanto mengakui pemerintahan yang dipimpin figur bagian dari dinasti politik juga punya keunggulan. Seperti keunggulan dalam hal keyakinan publik bahwa seseorang merupakan replika dari figur pemimpin lain yang sudah berhasil.

Agus Riewanto mencontohkan adanya pandangan bahwa Gibran Rakabuming Raka mewarisi karakter sederhana dan media darling ayahandanya, Joko Widodo. Keunggulan lain adanya dukungan politik yang lebih kuat karena berafiliasi hangat dengan penguasa yang lebih kuat.

Tips Siapkan Anak Agar Tak Iri dengan Kehadiran Adik Baru

Dalam situasi seperti itu kepala daerah yang merupakan bagian dari dinasti politik bisa membuat berbagai program dengan lancar. Berbagai dukungan diberikan penyokong kekuasaan dari dukungan anggaran hingga pendampingan saat mencari solusi masalah.

Apple Watch Series 5 Segera Meluncur di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya

“Pola komunikasi yang terbangun pun menjadi terkesan tidak berjarak. Pada umumanya komunikasi antara daerah dengan pusat itu kan berjarak. Tapi berbeda yang terjadi bila kepala daerah punya kedekatan dengan pemimpin di pemerintah pusat,” terang dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten