Tutup Iklan
DPP PDIP Buka Peluang Gibran Rakabuming Nyalon Wali Kota, Rudy: Tugas Selesai!
Gibran Vs Rudy (Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO -- Ketua DPC PDIP Solo yang juga Wali Kota Solo, FX. Hadi Rudyatmo (Rudy), tidak mau mengomentari keputusan DPP PDIP yang membuka pendaftaran calon bupati/wali kota. Baginya, proses penjaringan calon Wali Kota Solo di DPC PDIP sudah selesai.

Rudy enggan berkomentar terhadap terbitnya surat DPP PDIP bernomor 918/IN/DPP/XI/2019 tertanggal 21 November 2019 perihal Penegasan terkait Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah Serentak 2020. Dengan adanya surat itu, Gibran Rakabuming Raka berpeluang mendaftarkan diri.

Rudy hanya menyatakan apa yang menjadi tugasnya menjaring bakal calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Solo berdasarkan PP No 24/2017 sudah selesai. Selanjutnya, DPC PDIP Solo tinggal menunggu keluarnya rekomendasi DPP PDIP untuk Pilkada Solo 2020.

“Surat itu sah dikeluarkan DPP yang ditandatangani Bambang Wuryanto dan Sekjend Hasto. Tapi saya tak akan komentari itu. Tugas saya laksanakan PP 24 sudah selesai,” ujar Rudy saat diwawancara wartawan di Loji Gandrung, Minggu (1/12/2019).

Prabowo Tak Dapat Undangan Reuni 212, Anies Baswedan Sambutan

Menurut Rudy, mekanisme pendaftaran calon bupati/wali kota melalui DPD PDIP baru kali pertama ini dilakukan. Selama ini penjaringan calon kepala daerah oleh PDIP dilakukan secara berjenjang sesuai status atau jabatan calon kepala daerahnya.

Pengamat Politik Solo: Gibran Warisi Kesederhanaan dan Popularitas Jokowi

Untuk penjaringan bupati/wali kota dan wakilnya dilakukan oleh DPC PDIP, sedangkan penjaringan calon gubernur dilakukan DPD PDIP.

“Tapi saya tak persoalkan itu. Yang penting tugas tanggung jawab saya menjaring sudah selesai,” kata dia.

Gibran: Jangan Takut Disebut Anak Muda Tak Berpengalaman!

Perihal waktu dikeluarkannya surat rekomendasi calon kepala daerah kabupaten/kota dan provinsi, menurut Rudy menjadi kewenangan DPP PDIP. Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, menjadi figur utama penentu keputusan rekomendasi.

Pembacok Siswa SMA Jogja Masih SMP, Bawa Pedang Buru Sasaran Acak di Jalan

Lebih jauh Rudy mengakui saat ini PDIP Solo terus melakukan konsolidasi anak ranting dengan agenda penataan struktur. Setiap hari ada kegiatan konsolidasi anak ranting yang dihadiri jajaran pengurus DPC dan PAC masing-masing.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho