Ilustrasi

Solopos.com, SOLO - Sebuah toko di Inggris membuat makanan yang cukup unik yakni roti terbuat dari serangga jangkrik. Toko itu adalah The Exploratory Roberts’ concept kitchen.

Untuk membuat roti tersebut, ratusan jangkrik digiling dan menjadi tepung. Dari tepung itu dibuat menjadi roti. Hidangan ini kemudian dinamakan Batch Crunchy Cricket Loaves.

Tepung jangkrik yang digunakan oleh toko roti ini dipasok oleh Eat Grub.

Eat Grub sendiri salah satu merek makanan serangga terkemuka di Inggris dan bersumber dari satu-satunya pertanian di dunia. Selain itu, perusahaan ini memiliki sertifikasi keamanan pangan Grade A BRC.

Waduh, Kalori Kerupuk Setara Sepiring Nasi

Setiap roti mengandung sekitar 336 jangkrik, yang dikeringkan, ditumbuk, dicampur dengan tepung gandum dan biji-bijian dan kemudian dipanggang menjadi roti yang sangat lezat dengan lapisan yang renyah.

Tips Jitu Hentikan Kebiasaan Mengompol pada Anak

Menurut laporan Metro yang dilansir Suara.com, Jumat (29/11/2019), roti jangkrik ini mengandung lebih banyak protein daripada roti standar dan juga merupakan sumber yang lebih berkelanjutan.

Khasiat Habbatussauda Diklaim Sembuhkan Segala Penyakit Kecuali Kematian

"Selain memiliki keberlanjutan yang sangat kuat dan kepercayaan lingkungan, serangga juga sangat lezat dan tidak boleh diabaikan sebagai bahan resep yang hebat," kata Kepala Inovasi di perusahaan roti tersebut, Alison Ordonez.

Bikin Iri! Karyawan Microsoft Cuma Kerja 4 Hari Sepekan

Lebih lanjut Alison mengungkap jika roti jangkrik buatan toko rotinya memberi konsumen sumber protein yang baik dan bisa menjadi salah satu cara yang mudah untuk membiasakan diri dengan makanan berbasis serangga.

Bukan Harta atau Tanah Melimpah, Ini Alasan Janda Muda di Madiun Mau Dinikahi Kakek 70 Tahun

"Kami bersemangat meningkatkan pertumbuhan dalam kategori roti dengan bakes yang relevan, berkelanjutan, dan menarik. Roberts Cricket Loaf pertama di Inggris adalah contoh lain dari hal ini. Makan serangga, atau entomophagy, adalah hal biasa di sebagian besar dunia. PBB memperkirakan tahun lalu bahwa setidaknya dua miliar orang memakan serangga dan lebih dari 1.900 spesies digunakan untuk makanan," jelasnya lagi.

Apple Watch Series 5 Segera Meluncur Di Indonesia, Ini Harga Dan Spesifikasinya

Bukan cuma itu, roti jangkrik ini juga bisa menjadi pilihan populer di antara mereka yang ingin melindungi lingkungan. Pasalnya, peternakan serangga di lahan pertanian menggunakan lebih sedikit tanah, air, dan pakan daripada peternakan konvensional.

Sumber: Suara.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten