Mahasiswa UNS Sidang Skripsi Online: Rasa Grogi Berkurang
Mahasiswa UNS menjalani sidang skripsi secara online (uns.ac.id).

Solopos.com, SOLO -- Sejumlah mahasisswa di Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo menjalani sidang skripsi online. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah persebaran virus corona di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) meluas.

Penerapan sidang skripsi online untuk mahasiswa ini juga sesuai dengan Surat Edaran (SE) Dekan Nomor 1232/UN27.005/KP/2020.

Ditemukan Pelanggar Protokol Pencegahan Corona di Klaten, Apa Sanksinya?

Anggota Humas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNS, Maryani mengatakan ada satu mahasiswa di fakultasnya menjalani sidang skripsi online.

"Adapun skripsi yang dipresentasikan dan dipertahankan oleh mahasiswa Prodi Administrasi Negara dengan nama Fajar Sang Sinatra tersebut berjudul Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompensasi dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Kerja Pegawai PDAM Kota Surakarta," ujar Maryani sebagaimana diinformasikan situs resmi UNS, uns.ac.id, Selasa (7/4/2020).

Anggaran Kunker DPRD Sragen Dialihkan untuk Penanganan Covid-19

Sementara, di Program Studi (Prodi) Arsitetektur Fakultas Teknis (FT) UNS, ada lima mahasiswa yang mengikuti sidang skripsi online.

Salah satunya juga dialami oleh Respati Asry. Ia mengaku bersyukur bisa melakukan sidang skripsi secara online dan berjalan dengan lancar. Menurutnya, diterapkannya sidang online ini membuat perasaan grogi menjadi berkurang.

"Dengan ujian online iini ternyata bisa mengurangi rasa grogi. Kuncinya, persiapkan semuanya termasuk jaringan internet harus lancar," ucap Respaty.

MUI Jateng Belum Putuskan Teknis Ibadah Ramadan Selama Pandemi Corona

Bagi Kusumaningdyah Nurul Handayani, dosen Arsitektur UNS, sidang skripsi online ini merupakan hal yang baru dilakukan di lingkungan kampusnya, termasuk oleh dosen maupun mahasiswa.

"Tentu saja ini menjadi sesuatu yang baru bagi semuanya. Kami berharap badai Covid-188 cepat berlalu dan dapat melakukan ujian secara tatap muka langsung," tuturnya.

Tiba di Karanganyar, Bupati Minta Pemudik Isi Pendataan Online

Kuliah Online

Selain menerapkan sidang skripsi online, pihak UNS juga melakukan kuliah secara daring untuk mencegah penularan maupun persebaran Covid-19 secara meluas.

Bahkan, pihak kampus memberikan kuota internet gratis sebanyak 10 GB untuk seluruh mahasiswa UNS.

Rektor UNS Solo, Jamal Wiwoho, mengatakan pemberian bantuan kuota Internet gratis bertujuan untuk menunjang pembelajaran daring.

Antisipasi Ledakan Pandemi Covid-19, Pemkab Wonogiri Siapkan RS Marga Husada Tampung Pasien

"Sejak 16 Maret [2020] UNS mengubah pembelajaran dari direct learning menjadi daring karena pandemi Covid-19. Sistem pembelajaran daring ini tentu memerlukan banyak fasilitas yang diakses menggunakan jaringan internet. Oleh karena itu kami pimpinan di UNS menginisiasi perlunya bantuan atau subsidi paket data internet untuk proses pembelajaran daring," ujar Jamal, Sabtu (4/4/2020).

Adapun pemberian kuota internet gratis bagi mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo belum bisa ditentukan akan sampai kapan.

Hari Ini Dalam Sejarah: 8 April 217, Kaisar Romawi Dibunuh Adiknya

"Menurut prediksi, wabah Covid-19 akan berakhir di bulan Mei. Tapi, seandainya Mei belum berakhir maka pemberian bantuan paket data internet akan diperpanjang hingga waktu yang belum ditentukan. Apabila pandemi sudah berakhir, maka pembelajaran akan kembali lagi menggunakan sistem tatap muka. Kami menyesuaikan saja dengan keadaan" jelasnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho