Tutup Iklan -->
Hari Ini Dalam Sejarah: 8 April 217, Kaisar Romawi Dibunuh Adiknya
Kaisar Romawi, Caracalla. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Kaisar Romawi, Caracalla, dibunuh adiknya, Geta, yang menjadi kaisar-bersama dengannya, pada 8 April 217.

Kaisat Romawi yang dibunuh adiknya menjadi salah satu peristiwa bersejarah pada 8 April.

Selain kaisar Romawi yang dibunuh adiknya, masih banyak peristiwa bersejarah pada 8 April yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 8 April, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

217

Kaisar Romawi, Caracalla, dibunuh adiknya, Geta, yang menjadi kaisar-bersama dengannya. Caracalla dikenal sebagai salah satu kaisar Romawi yang jahat dan tak menyenangkan karena pembantaian dan penganiayaan yang ia lakukan di wilayah Romawi. Ia lantas digantikan petinggi keamanan kekaisaran, Marcus Opellius Macrinus.

1232

Pasukan Mongol mulai mengepung Kota Kaifeng, ibu kota Kekaisaran Dinasti Jin. Pengepungan tersebut adalah awal dari Perang Mongol-Jin.

1832

Sekitar 300 tentara Amerika Serikat (AS) berangkat dari Missouri menuju kawasan Illinois dan Michigan untuk bertempur melawan orang-orang Indian. Pertempuran itu lantas dikenang dengan nama Pertempuran Elang Hitam.

1866

Italia dan Prusia sepakat untuk bersekutu melawan Austria. Bentrok Italia-Prusia melawan Austria yang dikenang dengan nama Perang Austria-Prusia terjadi beberapa bulan kemudian setelah Italia dan Prusia sepakat untuk bersekutu.

Kofi Annan. (Reuters)
Kofi Annan. (Reuters)

1938

Kofi Annan lahir di Kumasi, Ghana, dari pasangan suami-istri Henry Reginald Annan-Victoria. Ia lantas dikenal sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (Sekjen PBB) yang menjabat dari 1 Januari 1997 hingga 31 Desember 2006.

1942

Uni Soviet membangun jalur kereta api menuju Kota Leningard demi memudahkan pasukan militernya melakukan pengepungan di kawasan tersebut dan merebutnya dari Jerman. Kota Leningard kini dikenal dengan nama Kota Saint Petersburg dan menjadi wilayah milik Rusia.

1950

India dan Pakistan menandatangani Perjanjian Delhi yang menjamin semua pengungsi perang dapat kembali ke rumahnya dengan selamat. Perjanjian itu ditandatangani Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru dan Perdana Menteri Pakistan Liaquat Ali Khan. Perjanjian tersebut juga dikenal dengan nama Perjanjian Liaquat–Nehru.

1973

Seorang seniman ternama berkebangsaan Spanyol, Pablo Picasso, meninggal dunia di Mougins, Prancis. Jasadnya dikebumikan di Chateau of Vauvenargues yang berlokasi di dekat Aix.

1985

Luis Antonio Valencia Mosquera lahir di Lago Agrio, Ekuador. Ia dikenal sebagai pemain sepak bola yang perna bermain untuk klub besar di Inggris, Manchester United (MU) sejak 2009 hingga 2019. Kini ia membela salah satu klub di Ekuador, L.D.U. Quito.

Paus Yohanes Paulus II. (Wikipedia.org)
Paus Yohanes Paulus II. (Wikipedia.org)

2005

Upacara pemakaman Paus Yohanes Paulus II yang meninggal beberapa hari sebelumnya digelar. Upacara pemakaman tersebut dihadiri empat raja, lima ratu, dan sedikitnya 70 presiden dan perdana menteri, serta lebih dari 14 pimpinan agama dari agama selain Katolik dari berbagai negara.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho