Hamenang Wajar Ismoyo. (Solopos-Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN -- Ketua Badan Kehormatan DPRD Klaten, Dwi Atmaja, mengaku belum menerima surat aduan warga soal dugaan pelanggaran kode etik oleh Ketua DPRD Hamenang Wajar Ismoyo.

Advokat asal Klaten Selatan, Sigit Pratomo, melaporkan Hamenang Wajar Ismoyo ke BK DPRD Klaten, akhir pekan lalu.

Hamenang dinilai melanggar kode etik DPRD Klaten karena tidak mampu menjaga martabat dan kredibilitas saat memberikan pidato di acara pembagian Yamaha NMAX bagi 391 kepala desa (Kades) dan 10 lurah di pendapa Pemkab Klaten, Selasa (26/11/2019).

Pada kesempatan itu, Hamenang yang berkesempatan menyampaikan sambutan. Dia mengakhiri sambutannya dengan ungkapan/parikan cendol dawet ketan.

Nyalon Bupati Klaten, Begini Kiprah Dosen Unwidha Nanik Herawati

Parikan itu belakangan ini familiar sebagai tagline dukungan bagi Bupati Klaten Sri Mulyani yang mencalonkan diri kembali sebagai bupati pada Pilkada Klaten 2020 mendatang.

Musim Bertelur, Ini Penyebab Banyak Ular Masuk Permukiman

Dwi Atmaja saat dihubungi Solopos.com, Minggu (8/12/2019) malam, mengaku belum memperoleh laporan tersebut.

"Kami belum memperoleh suratnya. Di tata tertib itu, kami bekerja atas disposisi pimpinan DPRD. Misalnya ada surat, biasanya masuk ke pimpinan dulu. Lalu pimpinan memberikan rekomendasi ke kami," katanya.

Hilang dari Day Care, Bocah Balita Ditemukan Tak Bernyawa Tanpa Kepala

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, surat pengaduan pelanggaran kode etik Hamenang dikirim Sigit Pratomo via pos, Jumat (6/12/2019).

Surat tersebut ditujukan ketua BK DPRD Klaten dengan tembusan ketua DPRD Klaten, ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Klaten, dan ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

Solo Undercover: Siswi SMA Rela Jadi Simpanan Om-Om Demi Hidup Mewah

Sigit Pratomo bertindak atas nama pribadi dan warga Klaten. Dua hal yang menjadi materi pengaduan Sigit Pratomo yaitu tindakan serta sikap tidak terhormat Hamenang Wajar Ismoyo saat memberi sambutan di acara pembagian Yamaha NMAX.

Tren Fashion Batik Modern 2020

Melalui surat yang dikirim ke BK DPRD Klaten, Sigit Pratomo menyampaikan tiga hal. Pertama agar BK menindak yang bersangkutan sesuai tata tertib dan kode etik serta segala peraturan mengikat yang diduga kuat telah dilanggar Hamenang Wajar Ismoyo.

Tips Siapkan Anak Agar Tak Iri dengan Kehadiran Adik Baru

Kedua, BK menganjurkan agar Hamenang meminta maaf kepada publik. Ketiga, BK memublikasikan hasil pemeriksaan Hamenang Wajar Ismoyo. Di sisi lain, saat dimintai konfirmasi, Hamenang tidak merespons.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten