Tutup Iklan
Kabag Ops Polres Wonogiri Kompol Agus Pamungkas menunjukkan sejumlah tersangka yang ditangkap hasil operasi sikat candi 2019 di Mapolres Wonogiri, Rabu (30/10/2019). (Solopos/Cahyadi Kurniawan)

Solopos.com, WONOGIRI -- Aparat Polres Wonogiri mengungkap sejumlah kasus pencurian kendaraan bermotor selama selama 20 hari pelaksanaan Operasi Sikat Candi 2019, 7-26 Oktober.

Total ada sembilan orang yang ditangkap baik pelaku pencurian maupun penadah hasil curian tersebut. Dua di antara sembilan orang yang ditangkap itu diketahui masih di bawah umur.

Sedangkan mengenai penyebab terjadinya pencurian itu, berdasarkan data Polres Wonogiri karena kelalaian pemilik kendaraan meninggalkan sepeda motor dengan kunci yang masih menempel di lubangnya.

Misalnya kasus pencurian sepeda motor Yamaha Mio GT di Desa Jimbar, Pracimantoro, Maret 2019 lalu, yang baru terungkap saat operasi sikat candi. Sepeda motor milik Sutrisno, 55, warga Jimbar, terparkir di tepi jalan dalam keadaan kunci tergantung di lubangnya.

Saat Polisi Wonogiri Jadi Korban Prank Para Pocil...

Dua orang pelaku yakni RS berboncengan dengan AON, 25, yang dalam perjalanan ke Pracimantoro melihat sepeda motor itu.

“RS berhenti di jalan dan mencuri motor itu [Yamaha Mio GT]. Terus saya pergi naik motor dia sedangkan dia naik motor curian. Saya ikuti dari belakang,” kata AON saat ditanyai polisi dalam konferensi pers pengungkapan kasus curanmor di Mapolres Wonogiri, Rabu (30/10/2019).

Dari tangan AON, polisi mengembangkan kasus curanmor dan berhasil menangkap KBW, 33, asal Giritontro. KBW dijerat sebagai penadah hasil curian AON yakni sepeda motor Honda Grand berpelat nomor AD 3744 GG.

Sepeda motor itu dicuri AON dan RS di wilayah Eromoko, April 2019. Masih berdasar keterangan AON, polisi menangkap SR, 52, asal Baturetno.

KBW diduga menjadi penadah hasil curian AON dan RS berupa satu unit Yamaha Xeon berpelat nomor AD 3908 SR. Sepeda motor itu dicuri AON di Sambiroto, Pracimantoro, Maret 2019.

UMK Solo 2020 Disepakati Rp1,95 Juta

“AON dan RS juga melancarkan aksinya di wilayah Giriwoyo dan berhasil membawa kabur Honda Vario berpelat nomor G 2116 GA, April 2019. Sepeda motor itu berhasil disita dari tangan SY, 59, warga Giritontro. SY kini berstatus tersangka,” kata Kabag Ops Polres Wonogiri, Kompol Agus Pamungkas, mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, saat ditemui wartawan di Mapolres Wonogiri, Rabu (30/10/2019).

Selain itu polisi menangkap YP, 49, asal Pracimantoro, dan S, 49, asal Karangtengah. Keduanya mencuri Honda Supra X berpelat nomor AD 6417 NG pada Februari 2019.

Sepeda motor itu mula-mula terparkir di Puskesmas Pracimantoro. Pemiliknya saat itu sedang menjaga ibunya yang sakit. Pada malam hari, ibunya dinyatakan meninggal dunia.

Pemilik motor itu lalu mengurus jenazah ibunya dan baru kembali ke Puskesmas untuk mengambil motornya keesokan harinya. “Tapi sampai di Puskesmas ternyata sepeda motornya sudah tidak ada,” beber Agus.

Kabar Duka: Adik Raja Solo PB XIII, G.K.R. Galuh Kencana, Meninggal Dunia

Pelaku lain yang ditangkap adalah M, 32, yang mencuri sepeda motor Yamaha NMax berpelat nomor AD 6297 AVF di Kaliancar, Selogiri, September 2019. M ternyata pendatang yang indekos tak jauh dari rumah korban.

Bahkan, sebelum mencuri sepeda motor, M sempat mengambil kunci motor itu yang tergantung di lubang kunci.

Dari Operasi Sikat Candi 2019, polisi menangkap dua pelaku yang masih di bawah umur yakni J, 17, asal Solo, yang mencuri Honda Vario AD 2661 PR di Selogiri pada November 2018 dan FVP, 16, asal Ngadirojo. FVP ditangkap dalam kasus pencurian mobil Toyota Soluna berpelat nomor AD 8372 KB di Wonogiri, 22 Oktober lalu.

Kasat Reskrim Polres Wonogiri, AKP Purbo Adjar Waskito, menambahkan pemicu pencurian itu didominasi kelalaian pemilik kendaraan, kondisi lingkungan yang sepi, hingga saat pemilik rumah sedang istirahat.

Ia mengimbau masyarakat lebih waspada saat memarkirkan motornya. “Saat parkir bisa dilengkapi kunci ganda, dipastikan kunci dicabut, dan selalu meningkatkan kewaspadaan,” imbau Purbo.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten