SOLOPOS.COM - Ilustrasi computer assisted test (CAT) CPNS. (Solopos-M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyebut masih ada lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang minim pelamar hingga sehari menjelang penutupan pendaftaran, Minggu (24/11/2019).

Lowongan tersebut yakni tenaga ahli pertama-arsiparis yang dibuka di dua jalur yakni dua lowongan di jalur umum dan satu lowongan jalur cumlaude.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kualifikasi untuk lowongan ini yakni pendidikan D4 atau S1 Kearsipan yang akan ditempatkan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, dan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Solo.

Kepala BKPPD Kota Solo, Rachmat Sutomo, mengatakan lowongan tenaga ahli pertama-arsiparis itu baru dilamar oleh satu pelamar sejak pembukaan pendaftaran. Itu pun pelamar mengirim formulir sehari menjelang penutupan pendaftaran yang dilakukan Senin (25/11/2019) pukul 24.00 WIB.

Pemuda Wonogiri Minta Jatah Seks kepada Kekasih di Malang dengan Ancaman Ini

“Minggu [24/11/2019] siang, lowongan itu baru diisi satu pelamar. Dua yang lain hanya memilih formasi tapi belum mengirim kelengkapan berkasnya. Tapi kami akan cek lagi sampai hari terakhir atau penutupan besok,” kata dia kepada Solopos.com, Minggu.

Rachmat menyampaikan data terakhir pada Minggu sekitar pukul 13.00 WIB, jumlah pendaftar yang telah mengambil/mengisi formulir online di situs Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) mencapai 7.650 orang.

Dari jumlah itu, 6.800-an di antaranya telah submit atau merampungkan seluruh isian formulir dan melampirkan berkas pendaftaran. Ia memperkirakan jumlah pelamar bakal terus bertambah mengingat masih ada sehari sebelum pendaftaran ditutup.

Pengalaman tahun sebelumnya, pelamar baru merampungkan isian formulir berikut lampiran berkasnya pada menit-menit terakhir. Padahal, kebiasaan tersebut kerap membuat situs SSCASN down atau susah untuk diakses.

Diculik Pria Banyuwangi, Bocah Kartasura Ditemukan di Sragen

“Kesepakatan bersama Senin itu kami akan pemberkasan total karena sejak Jumat hingga Sabtu petang, sistem SSCASN down untuk verifikasi pelamar,” ucap Rachmat.

Ia menyebut penutupan pendaftaran yang semula Minggu diperpanjang hingga Senin sesuai PP No. 11/2017. Salah satunya berbunyi pengumuman pendaftaran minimal 15 hari.

Pemkot Solo yang sedianya membuka pendaftaran pada 11 November, molor lantaran verifikasi baru rampung beberapa jam sebelum dibuka pada pukul 23.11 WIB.

“Jadi ditambah sehari sampai Senin tengah malam,” kata Rachmat.

Pidato Menyentuh Nadiem Makarim ke Guru: Anda Tahu Kesuksesan Bukan Ditentukan Hafalan

Salah seorang pelamar CPNS Pemkot Solo, Artina Sari, mengaku sempat kesulitan mengakses situs pada Jumat sore dan Sabtu malam. Ia akhirnya merampungkan dan submit atau menyerahkan berkas pendaftaran pada Minggu siang sekitar pukul 11.00 WIB.

“Rasanya sudah lega karena sempat enggak bisa akses, padahal saya hanya kurang satu berkas, yaitu surat lamaran kepada Wali Kota Solo,” kata dia kepada Solopos.com.

Sebagaimana diberitakan, Pemkot Solo tahun ini membuka 407 lowongan CPNS. Tes seleksi rencananya digelar pada Februari di Gedung Solo Technopark (STP), Jebres, Solo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya