ilustrasi rekrutmen cpns .dok

Solopos.com, SOLO -- Kuota rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kota Solo 2019 dikurangi dari semula 412 lowongan menjadi 407 lowongan.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) mencoret lima lowongan CPNS Kota Solo karena lima lowongan dari tenaga kependidikan itu sudah terisi.

Lima lowongan itu yakni untuk formasi guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kepala Badan Pendidikan Kepegawaian Pendidikan dan Daerah (BKPPD) Kota Solo, Rachmat Sutomo, mengatakan kebutuhan lima guru IPS itu terpenuhi sebelum rekrutmen berlangsung karena dipasok guru PNS yang sebelumnya ditugaskan di sekolah swasta.

Ibu-Ibu Karanganyar Tabrak Rumah Saat Belajar Nyetir, Suaminya Terluka

“Nah, karena sekolah swasta itu tutup, guru tersebut kami tarik kembali untuk ditempatkan di sekolah-sekolah yang membutuhkan,” kata dia kepada Solopos.com, Selasa (5/11/2019).

Rachmat mengaku sudah berkonsultasi dengan Kemenpan RB terkait hal tersebut. Konsultasi membahas upaya mengalihkan lima lowongan guru IPS itu ke kebutuhan guru mata pelajaran lain maupun guru kelas.

Namun, Kemenpan RB menolak sehingga lima lowongan itu dihilangkan atau dicoret dari rekrutmen tahun ini. “Jadi akhirnya jumlah rekrutmen tahun ini berkurang dari yang semula 412 lowongan menjadi 407 lowongan,” ucapnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten