Kategori: Nasional

10 Berita Terpopuler : Sosok Keturunan Nabi Muhammad Ini Enggan Dipanggil Habib


Solopos.com/Rohmah Ermawati/Newswire

Solopos.com, SOLO -- Ulasan tentang tokoh agama terkenal Tanah Air yang juga merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW tapi dirinya tidak mau dipanggil Habib menjadi berita terpopuler Solopos.com, Rabu (18/11/2020) pagi.

Berita terpopuler Keturunan Nabi Muhammad Ini Enggan Disebut Habib, Alasannya Gak Disangka mengulas sosok tersebut adalah ulama besar Muhammad Quraish Shihab. Ia menolak dipanggil Habib. Quraish Shihab pun menjelaskan makna Habib.

"Gelar Habib itu aslinya yang mencintai dan dicintai. Kalau Anda mau dicintai enggak mau mencintai, bertepuk sebelah tangan, buruk,” kata Quraish dalam kanal YouTube El Fauzan, seperti dilihat pada Selasa (17/11/2020).

Hari Ini Dalam Sejarah: 18 November 1912, Muhammadiyah Berdiri

Padahal, ayah dari presenter Najwa Shihab itu sejatinya punya semua persyaratan Habib. Quraish Shihab diketahui merupakan cucu dari Habib Ali bin Abdurrahman, asal Hadhramaut, Yaman. Dia dikenal sebagai seorang akademisi, mufasir dan menteri agama era Soeharto karena dalamnya ilmu yang dikuasai dan kaya akan pengalaman.

Memiliki Reputasi Baik

Berdasarkan wikipedia, ia berasal dari keluarga keturunan Arab Quraisy-Bugis, yang merupakan keturunan Nabi Muhammad dari marga Shihab, yang terpelajar.

Ayahnya, Abdurrahman Shihab adalah seorang ulama dan guru besar dalam bidang tafsir. Abdurrahman Shihab dipandang sebagai salah seorang ulama, pengusaha, dan politikus yang memiliki reputasi baik bagi kalangan masyarakat Sulawesi Selatan.

Lebih lanjut, Quraish Shihab menambahkan Habib merupakan gelar kehormatan yang bertingkat-tingkat menurut tradisi. "Salah satu tingkatannya Habib karena itu suatu kebutuhan yang baik yang menuntut tanggung jawab," imbuhnya.

Solopos Hari Ini: Paling Cepat 2021

Selain berita tentang Quraish Shihab yang menolak dipanggil Habib, kabar lain tentang pembunuhan ABG berseragam pramuka di Hotel Semarang, puluhan nasabah menggeruduk Kantor Kospin Syariah Karanganyar, serta bilik asmara di pengungsian Merapi juga masuk daftar terpopuler pagi ini.

Berikut 10 berita terpopuler Solopos.com 24 jam terakhir hingga Rabu pagi:

Keturunan Nabi Muhammad Ini Enggan Disebut Habib, Alasannya Gak Disangka

Pembunuh ABG Berseragam Pramuka di Hotel Semarang Tertangkap

Puluhan Nasabah Geruduk Kantor Kospin Syariah Karanganyar, Ada Apa?

ABG Berseragam Pramuka Check In Bareng Cowok Sebelum Meninggal di Kamar Hotel Semarang

Wih Ada Bilik Asmara di Pengungsian Merapi Magelang, Fasilitasnya Yahud

Motor dan Truk Kecelakaan di Paldaplang Sragen, 1 Orang Meninggal

Juru Kunci Tanggapi Kilatan Cahaya di Puncak Merapi

Update Covid-19 Sukoharjo: Positif Tambah 49 Kasus, Klaster Keluarga Mendominasi

6 Jam Diperiksa Polisi Soal Video Syur, Ini Pernyataan Gisel

UMK 2021 untuk 10 Kabupaten/Kota di Jateng Ini Dipastikan Naik

Share
Dipublikasikan oleh
Rohmah Ermawati