Hari Ini Dalam Sejarah: 18 November 1912, Muhammadiyah Berdiri
Logo Muhammadiyah saat ini. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 18 November 1912, organisasi Muhammadiyah didirkan oleh Ahmad Dahlan di Kampung Kauman, Yogyakarta.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-322—hari ke-323 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 18 November

Selain Muhammadiyah yang didirikan, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 18 November.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain didirikannya Muhammadiyah, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 18 November:

1180

Philip II dinobatkan sebagai raja Prancis. Philip kemudian dikenal sebagai salah satu raja Prancis di abad pertengahan yang paling berhasil dalam memperluas pengaruh kerajaan.

1601

Pasukan Kesultanan Ottoman berhasil mengalahkan pasukan Habsburg Austria yang dibantu beberapa kerajaan lain yang mengepung Nagykanizsa, Ottoman. Dengan kemenangan itu, pasukan Ottoman berhasil mengusir pasukan Habsburg Austria dari wilayah Nagykanizsa.

1912

Organisasi Muhammadiyah didirkan oleh Ahmad Dahlan di Kampung Kauman, Yogyakarta. Kini, Muhammadiyah menjadi salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia.

1918

Latvia mengumumkan kemerdekaannya dari Kekaisaran Rusia. Namun kemerdekaan itu kembali sirna setelah Latvia diduduki Uni Soviet pada 1940. Kemerdekaan Latvia baru dipulihkan pada 21 Agustus 1941.

1943

Sebanyak 440 pesawat Angkatan Udara Inggris mengebom Kota Berlin, Jerman. Meski mengerahkan banyak pesawat, serangan itu hanya menyebabkan kerusakan ringan dan menewaskan 131 orang. Dalams serangan tersebut, Angkatan Udara Inggris justru kehilangan sembilan pesawat dan 53 awak pesawat.

1962

Kirk Lee Hammett lahir di El Sobrante, California, Amerika Serikat (AS). Kini, namanya dikenal luas sebagai gitaris grup musik Metallica. Hammett bergabung dengan Metalica sejak awal pembentukannya.

1963

Peter Boleslaw Schmeichel dilahirkan di Gladsaxe, Denmark. Namanya kemudian kondang sebagai penjaga gawang yang pernah memperkuat tiga tim di Inggris, yaitu Manchester United, Aston Villa, dan Machester City. Schmeichel pensiun dari lapangan hijau pada 200 silam.

1971

Oman mendeklarasikan kemerdekannya dari Inggris. Hari deklarasi tersebut lantas ditetapkan sebagai Hari Nasional Oman.

1991

Pasukan Yugoslavia dibantu pasukan Serbia berhasil menduduki wilayah Vukovar di Kroasia. Keberhasilan itu diraih setelah wilayah Vukovar dikepung selama hampir tiga bulan.

1993

Di Afrika Selatan, 21 partai politik menyetujui konstitusi baru. Konstitusi baru itu memperluas hak suara bagi masyarakat Afrika Selatan sekaligus mengakhiri pemerintahan kulit putih.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom