Wah, Ada Nasi Kuning Tumpeng Mini Saat Mendengar Pidato Kenegaraan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Karanganyar
Salah satu peserta rapat dari Diskominfo Karanganyar menunjukkan menu yang disuguhkan saat rapat mendengarkan pidato kenegaraan Presiden dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Karanganyar, Jumat (14/8/2020). (Solopos.com-Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, KARANGANYAR--DPRD Kabupaten Karangangar menyuguhkan menu nasi kuning tumpeng mini pada rangkaian acara memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Jumat (14/8/2020).

Salah satu rangkaian agenda rutin memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI, yaitu pidato kenegaraan Presiden dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020. Pidato kenegaraan disampaikan pada Sidang Bersama DPR dan DPD.

Pemerintah daerah wajib mendengarkan pidato kenegaraan yang disiarkan secara langsung itu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar terdiri atas forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), kepala organisasi perangkat daerah (OPD), dan DPRD Kabupaten Karanganyar mendengarkan pidato kenegaraan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Karanganyar.

Mobil Lab PCR Covid-19 Mampir Karanganyar, Dua Warga Colomadu Positif

Pada momen itu, Sekretariat DPRD Kabupaten Karanganyar menyuguhkan nasi kuning tumpeng mini. Nasi kuning lauk pauk komplet, yakni perkedel, telur dadar suwir, sambal goreng krecek, klengkam kentang, empal gepuk, lalapan, dan kerupuk udang. Nasi kuning berbentuk tumpeng dikemas dalam wadah plastik mika berbentuk tabung. Setiap peserta yang hadir pada rapat mendapat suguhan itu.

Tamu masih mendapat suguhan snack yang dikemas dalam kardus dengan desain khusus. Pada kardus terdapat tulisan "Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Karanganyar acara Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Dalam Rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI".

Sekretaris DPRD Kabupaten Karanganyar, Mulyono, menyampaikan suguhan pada rangkaian acara memperingati kemerdekaan RI dibuat lebih istimewa apabila dibandingkan pada rapat paripurna hari lain.

Tetap Hati-Hati! Pegawai Jasa Pengiriman di Mojosongo Solo Positif Covid-19

"Ya ini sekaligus ngiras pantes HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Identik dengan tumpeng. Secara tidak langsung kami ikut memperingati HUT ke-75," kata dia saat berbincang dengan Solopos.com seusai acara.

 

Istimewa

Sebanyak 116 orang hadir dalam acara tersebut. Informasi yang dihimpun Solopos.com, menu nasi kuning tumpeng mini rutin disajikan saat momen tertentu. Salah satunya pada momen memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Tetapi, mantan Camat Karanganyar itu mengaku menu tersebut sama dengan menu pada rapat paripurna biasa.

"Hanya dikemas dan bentuknya istimewa. Kalau indeks harga masih sama dengan suguhan pada rapat paripurna biasa. Semoga ini membawa berkah untuk semua. Kami berusaha menampilkan sebaik-baiknya," ujar dia.

Tawangmangu Segera Miliki SMA Negeri, Ini Tiga Lokasi yang Dilirik

Selain acara tersebut, sejumlah rangkaian acara memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI masih akan diselenggarakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Karanganyar. Ruang tersebut sudah dihias sedemikian rupa menggunakan kain warna merah dan putih.

"Berikutnya itu tirakatan. Lalu menyaksikan Detik-Detik Proklamasi dan upacara penurunan bendera di Istana Negara. Agenda ini berbeda dari tahun lalu sebelum pandemi. Yang dilakukan secara virtual hanya mendengarkan pidato kenegaraan dan tirakatan. Tahun ini semua," tutur dia.

Saat menyaksikan Detik-Detik Proklamasi dan upacara penurunan bendera di Istana Negara, ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Karanganyar akan ditata tanpa meja. Mulyono menuturkan penataan tersebut berkaitan dengan upaya mendapatkan nuansa khidmat.

Lahirkan Bayi Laki-Laki, Anak Punk Pendarahan di Semak Belukar Brebes

"Tata tempat untuk menyaksikan upacara di Istana Negara Senin nanti itu semua kursi tanpa meja. Supaya muat banyak. Di dalam upacara harus khidmat. Tidak ada menu yang disuguhkan. Tamu akan diajak prasmanan setelah menyaksikan dan mengikuti upacara di Istana Negara secara langsung."



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya


Kolom