Tetap Waspada! Pegawai Jasa Pengiriman di Mojosongo Solo Positif Covid-19
Ilustrasi pasien positif Covid-19. Foto swab test di Urumqi, Xinjian, China, 19 Juli, 2020. (Reuters)

Solopos.com, KARANGANYAR-- Pegawai jasa pengiriman di Mojosongo Solo yang mengikuti pemeriksaan cepat pada mobil pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) Covid-19 di Colomadu Karanganyar, terkonfirmasi positif Covid-19.

Sebanyak 65 orang menjalani pemeriksaan PCR Covid-19 pada minibus laboratorium bio safety di kompleks Puskesmas Colomadu 2 pada Kamis (13/8/2020). Mobil milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) itu mampir ke Kabupaten Karanganyar.

Data yang dihimpun Solopos.com dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar peserta swab test cepat itu terdiri atas warga yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid 16 orang, kontak erat 29 orang, dan tenaga kesehatan 20 orang. Total 65 orang.

Mobil Lab PCR Covid-19 Mampir Karanganyar, Dua Warga Colomadu Positif

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, melalui Plt. Kepala Dinkes Kabupaten Karanganyar, Purwati, menyampaikan pertimbangan menempatkan mobil pemeriksaan PCR Covid-19 itu di Kecamatan Colomadu. Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kecamatan Colomadu lebih banyak ketimbang kecamatan lain di Kabupaten Karanganyar.

Hasil pemeriksaan cepat adalah dua orang dari Kecamatan Colomadu terkonfirmasi positif Covid-19. Satu orang berstatus kontak erat dari pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kecamatan Colomadu.

"Satu lagi itu masyarakat umun. Dia inisiatif ikut swab test lewat mobil pemeriksaan PCR Covid-19. Dia ini kerja di penerimaan barang. Karyawan perusahaan jasa pengiriman barang di Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Kota Solo. Karena berhubungan dengan banyak orang makanya mau cek itu," kata Purwati saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (14/8/2020).

Ingat! Jelang 17-an, Pendaki Gunung Lawu Dibatasi 350 Orang Per Jalur Pendakian

 

Tak Ada Gejala

Pasien lelaki itu mengaku sering kontak dengan kurir dari perusahaan jasa pengiriman tersebut. Ternyata, hasil pemeriksaan PCR terhadap dia terkonfirmasi positif Covid-19. Purwati menuturkan dua orang itu menjalani isolasi mandiri.

"Itu isolasi mandiri, wong tidak ada gejala. Selanjutnya kami akan melacak kontak erat dua orang itu," ungkap dia.

Peserta pemeriksaan PCR lainnya yang dinyatakan negatif Covid-19 sudah bisa beraktivitas kembali. Pemeriksaan cepat yang difasilitasi Pemprov Jateng itu gratis. Purwati menyampaikan program tersebut sangat membantu pemerintah kabupaten/kota untuk mendeteksi secara cepat.

Lahirkan Bayi Laki-Laki, Anak Punk Pendarahan di Semak Belukar Brebes

"Kami diberi tahu provinsi dua hari sebelum [Kamis]. Kami pilih saja yang di Colomadu karena kasusnya paling banyak. Puskesmas sosialisasi. Program itu menguntungkan masyarakat karena hasil segera diketahui. Kami juga bisa kerja cepat melacak kontak erat dan mengambil tindak lanjut."



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom