Mobil Lab PCR Covid-19 Mampir Karanganyar, Dua Warga Colomadu Positif
Mobil Lab PCR milik Pemprov Jateng saat mampir di Balai Kota Solo, Rabu (12/8/2020). (Solopos/Mariyana Ricky PD)

Solopos.com, KARANGANYAR--Dua warga Kecamatan Colomadu dinyatakan positif Covid-19 setelah mengikuti swab test pada mobil pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) Covid-19 di kompleks Puskesmas Colomadu 2 pada Kamis (13/8/2020).

Sebanyak 65 warga di Kecamatan Colomadu dan sekitarnya mengikuti swab test pada minibus laboratorium bio safety milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng). Pemeriksaan PCR Covid-19 dilaksanakan secara gratis. Kabupaten Karanganyar menjadi salah satu lokasi yang disambangi mobil tersebut.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, melalui Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar, Purwati, menuturkan hanya 65 orang yang mengikuti swab test pada Kamis itu. Padahal Dinkes Karanganyar menargetkan 100 orang mengikuti kegiatan tersebut.

Tawangmangu Segera Miliki SMA Negeri, Ini Tiga Lokasi yang Dilirik

"Iya awalnya memang 100 orang yang diminta ikut. Tetapi informasi yang saya terima itu hanya 65 orang yang dicek. Alasannya memang kesiangan jadi mau tambah orang yang dicek sudah tidak bisa," kata Purwati saat berbincang dengan Solopos.com di ruang Paripurna DPRD Kabupaten Karanganyar, Jumat (14/8/2020).

Data yang dihimpun Solopos.com dari Dinkes Kabupaten Karanganyar, peserta swab test pada mobil pemeriksaan PCR Covid-19 itu terdiri atas warga yang memiliki riwayat penyakit penyerta 16 orang, kontak erat 29 orang, dan 20 orang tenaga kesehatan. Hasilnya, Purwati menuturkan dua orang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka adalah satu orang kontak erat dan satu orang masyarakat umum.

"Hasil dari 65 orang itu langsung keluar. Hasilnya ada yang positif, yakni kontak erat satu orang dan masyarakat umum satu orang. Mereka dari Kecamatan Colomadu. Kontak erat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dari Kecamatan Colomadu juga," tutur dia.

Ingat! Jelang 17-an, Pendaki Gunung Lawu Dibatasi 350 Orang Per Jalur Pendakian

 

Isolasi Mandiri

Purwati menceritakan dua orang itu berstatus tanpa gejala. Mereka menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Dia menceritakan kronologi satu orang warga Colomadu yang terkonfirmasi positif Covid-19 padahal bukan nakes maupun kontak erat. Lelaki tersebut bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan jasa pengiriman barang. Tempat kerjanya di Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Kota Solo.

"Lo iya kan langsung diperiksa di situ dan keluar hasilnya. wong namanya laboratorium fast. Pemeriksaan [PCR Covid-19] itu sebetulnya cepat. Kalau di laboratorium rumah sakit kan banyak yang diperiksa sehingga cukup lama hasil keluar," tutur dia.

Dinkes Kabupaten Karanganyar memilih Kecamatan Colomadu sebagai wilayah yang disambangi minibus laboratorium bio safety itu. Alasannya adalah kasus penambahan Covid-19 lebih banyak terdeteksi di Kecamatan Colomadu.

Lahirkan Bayi Laki-Laki, Anak Punk Pendarahan di Semak Belukar Brebes

"Kami diberi informasi dari Pemprov Jateng soal kedatangan mobil itu. Lalu kami arahkan ke Colomadu. Karena kasus Covid-19 di Colomadu lebih banyak.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom