SOLOPOS.COM - Toilet Transparan Shibuya (Nextshark)

Solopos.com, TOKYO -- Tokyo Toilet Project di Jepang membuat terobosan unik berupa toilet umum transparan. Toilet ini menggunakan teknologi canggih yang dirancang arsitek pemenang Pritzker Prize.

Dua lokasi toilet umum di Shibuya, Jepang, telah menarik perhatian karena dinding transparannya. Dilansir Nextshark, Minggu (23/8/2020), toilet ini terletak di daerah Tomigaya dan Lingkungan Yoyogi.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Wajib Tahu! Ini 15 Tanda Kamu Ditaksir Jin...

Toilet transparan ini termasuk salah satu 17 toilet yang direnovasi oleh Nippon Foundation. Nippon Foundation ialah sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk menciptakan kerangka kerja baru untuk masyarakat dan membawa perubahan yang lebih baik.

Toilet ini tercipta karena adanya insiatif yang dikenal sebagai Tokyo Toilet Project. Toilet ini dirancang 16 pencipta global dengan menggunakan teknologi canggih, dan dapat diakses oleh semua orang. Toilet ini bisa digunakan oleh semua jenis kelamin, usia, dan penyandang disabilitas.

Toilet Tansparan

Toilet yang dirancang oleh arsitek pemenang Pritzker Prize, Shigeru Ban, terletak di Taman komunitas Haru no ogawa, dan Taman Mini Yoyogi Fukamachi. Pembangunan toilet transparan ini selesai pada 31 Juli 2020, kemudian dibuka pada tanggal 5 Agustus 2020.

Nippon Foundation mengatakan ada dua hal yang masyarakat khawatirkan saat memasuki toilet umum. Pertama adalah masalah kebersihan dan yang kedua adalah apakah ada pengguna di dalamnya.

Pesawat BJ Habibie Nyangkut di Gardu Tol Semarang

Toilet transparan ini menggunakan kaca eksterior yang bisa berubah menjadi buram saat dikunci. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa kebersihan dan memastikan ada yang menggunakan toilet dari luar. Sedangkan di malam hari, toilet ini akan menerangi taman seperti lentera besar dengan penerangannya yang indah.

Toilet Tomigaya hadir dengan warna dinding kaca berwarna kuning, merah muda, dan ungu. Sedangkan Yoyogi hadir dengan warna cyan, hijau limau, dan biru. Toilet tersebut memiliki fitur aksesibilitas dan kursi bayi.

Satu fasilitas lain yang juga cukup menarik perhatian adalah toilet karya pemenang penghargaan Frame Masamichi Katayama dan Studio Desain Interior Wonderall Inc. Mereka mendesain toilet dengan 15 dinding beton, yang ditempatkan secara acak serta dilengkapi dengan labirin seperti pintu masuk.

Quotes Julid Bu Tejo di Filim Tilik yang Bikin Geregetan

Dua belas toilet umum yang lain juga akan hadir pada musim panas 2021. Semua fasilitas akan dibangun oleh Daiwa House Group, kontraktor rumah terbesar di Jepang. Untuk perlengkapan toilet dan sarana yang disediakan akan diambil oleh produsen toilet terkenal di Jepang, TOTO Ltd.

Indah Pranataning Tyas

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya