Pesawat BJ Habibie Nyangkut di Gardu Tol Semarang
Pesawat N250 Gatot Kaca karya BJ Habibie tersangkut di Gardu Tol Semarang, Kamis (20/8/2020). (Twitter/@ChoSnoop)

Solopos.com, SEMARANG – Pesawat N250 Gatot Koco karya almarhum Presiden ke-3 RI, BJ Habibie, sempat tersangkut di grdu Tol Semarang. Insiden itu terjadi saat pesawat dibawa ke Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta, Kamis (20/8/2020) malam.

Pesawat tersebut sempat tersangkut di Gardu Tol Banyumanik, Semarang, sekitar pukul 19.30 WIB. Alhasil, perjalanan pesawat BJ Habibie yang akan dipamerkan di museum itu pun sempat terkendala beberapa jam.

Direktur PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku pengelola Tol Semarang-Solo, David Wijayanto, membenarkan informasi terhambatnya perjalanan pesawat tersebut.

Fakta Unik Ozie Si Pemeran Bu Tejo yang Julid di Film Tilik

Meski demikian, kondisi itu tak berlangsung lama karena sekitar pukul 22.00 WIB, pesawat tersebut bisa kembali melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta.

"Benar memang sempat tersangkut di gardu tol paling kiri. Soalnya, gardu tol yang paling kiri itu kecil. Tapi, setelah pindah ke gardu tol yang sebelah kanan bisa jalan [melewati]," ujar David kepada Semarangpos.com, Jumat (21/8/2020).

David mengatakan pesawat BJ Habibie itu tidak berhasil melewati gardu tol karena ketinggiannya yang melebihi batas. Sehingga, truk pengangkut pesawat pun harus mundur dan melintas lewat gerbang yang lebih tinggi.

"Dialihkan ke gardu paling kanan, yang lebih besar," ujarnya.

Keluarga Suranto Korban Pembunuhan di Baki Sukoharjo Dikenal Ramah ke Tetangga

Pesawat N250 Gatot Kaca merupakan pesawat kebangaan Indonesia pada masa Orde Baru. Pesawat itu saat ini diserahkan ke Muspusdirla Yogyakarta setelah di potong menjadi beberapa bagian agar mudah diangkut dengan menggunakan truk.

Pesawat itu rencana diserahterimakan ke Muspusdirla Yogyakarta pada 25 Agustus nanti. Acara serah terima rencana dihadiri Panglima TNI, Kepala Staf TNI Angkatan Udara, dan jajaran direksi PT Dirgantara Indonesia.

Beli Layangan Bapangan Rp15.000 di Baturetno Wonogiri dapat Garansi Bisa Ditukar Loh



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom