SOLOPOS.COM - Pekerja memperbaiki gril saluran underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo pada Kamis (18/3/2021). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, SUKOHARJO – Underpass Makamhaji di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, ditutup mulai hari ini, Kamis (18/3/2021) karena ada perbaikan. Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementrian Perhubungan akhirnya melakukan perbaikan gril saluran air yang rusak.

Perbaikan sekaligus dilakukan sebagai persiapan jalur mudik Lebaran mendatang. Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo menutup jalan Underpass Makamhaji selama perbaikan berjalan. Para pengguna jalan pun dialihkan melewati jalan lain di sekitar Underpass Makamhaji.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

"Mulai ini kami menutup jalan di kawasan underpass. Jadi mohon maaf jika terjadi kepadatan lalu lintas," kata Plt Kepala Dishub Sukoharjo Toni Sri Buntoro kepada Solopos.com, Kamis.

Baca juga: Perbaikan Underpass Makamhaji, Dishub Sukoharjo: Ditjen Perkeretaapian Masih Susun RAB

Toni mengatakan perbaikan gril saluran air Underpass Makamhaji dikerjakan pemerintah pusat setelah merespons laporan kerusakan di sana. Hal ini sesuai dengan status pengelolaan Underpass Makamhaji masih berada di tangan pemerintah pusat dalam hal ini Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

"Alhamdulillah laporan kami direspon dan sekarang mulai diperbaiki," katanya.

Perbaikan gril saluran air Underpass Makamhaji mendesak dikerjakan. Hal ini mengingat kerusakan semakin parah dengan hilangnya penutup saluran air, sehingga membahayakan pengguna jalan yang melintas di sana. Terutama, lanjut dia, membahayakan bagi kendaraan roda dua.

Baca juga: 5 Kuliner Legendaris & Lezat di Sukoharjo

Sebelumnya, Toni mengungkapkan Ditjen Perkeretaapian telah melakukan pengecekan kondisi Underpass Makamhaji. Mereka lantas menyusun rencana anggaran biaya (RAB) untuk pengerjaan perbaikan Underpass Makamhaji.

Pengecekan hingga pengerjaan tersebut membuat lega Dishub Sukoharjo. Sebab rencana perbaikan Underpass Makamhaji, Kartasura pada tahun sebelumnya hanya sebatas janji dari pusat dan tidak terealisasi. Adanya pengerjaan ini diharapkan bisa menyelesaikan persoalan yang selama ini dikeluhkan para pengguna jalan.

"Kita belum mengetahui secara pasti kapan perbaikan akan selesai. Ditargetkan bisa sehari ini selesai," katanya.

Baca juga: Iiih Serem... Ada Penampakan Perempuan Berkebaya di Ndalem Kemasan Solo

Pemkab Sukoharjo

Selama ini Pemkab Sukoharjo ikut melakukan pemeliharaan di kawasan Underpass Makamhaji. Pemkab Sukoharjo dalam membantu pemerintah pusat melakukan pemeliharaan Underpass Makamhaji dengan menurunkan dua orang petugas setiap hari.

Petugas ditempatkan mengontrol Underpass Makamhaji, salah satu tugasnya untuk membersihkan saluran air. Sebab saat musim hujan seperti sekarang banyak lumpur menutup saluran air sehingga rawan tersumbat dan menyebabkan banjir.

"Petugas yang disiapkan juga mengawasi tutup saluran air karena sering hilang dicuri. Selain itu petugas juga bekerja mengawasi mesin diesel yang terpasang di Underpass Makamhaji," katanya.

Baca juga: Disengat Tawon Vespa, Warga Ngadirojo Wonogiri Lumpuh

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo, Bowo Sutopo Dwi Atmojo menambahkan perbaikan dilakukan dengan memperbaiki gril saluran air. Selama ini perbaikan tersebut berulangkali telah dilakukan DPUPR karena kerap rusak dan dicuri oleh tangan jahil.

"Perbaikan gril ini sudah kesekian kalinya. Mudah-mudahan tidak rusak lagi dan dicuri orang," katanya.

Selain perbaikan gril saluran, Ditjen Perkeretaapian juga akan memperbaiki jalan Underpass Makamhaji. Sesuai rencana aspal jalan akan ditinggikan.

Terkait sampai kapan pengerjaan perbaikan Underpass Makamhaji rampung, Bowo tidak mengetahui secara pasti. Sebab pengerjaan sepenuhnya dilakukan Ditjen Perkeretaapian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya