SOLOPOS.COM - Masakan mangut Bu Kismi Sukoharjo. (Solopos-Indah Septiyaning W.)

Solopos.com, SUKOHARJO – Berburu kuliner menjadi kegiatan yang wajib dilakukan saat datang ke daerah yang baru. Begitu juga jika Anda pergi ke Sukoharjo, karena ada beragam kuliner lezat nan legendaris yang layak dicoba.

Nah, bagi yang belum memiliki referensi destinasi wisata kuliner di Sukoharjo jangan khawatir. Berikut rekomendasi lima kuliner yang wajib Anda coba di Sukoharjo:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca juga: Top 5 Kuliner Enak & Murah di Boyolali, Cuma Rp10.000-an

Pecel Mbotho

Warung pecel Pak Mbotho di Sukoharjo menjadi tempat pertama yang wajib dikunjungi. Warung legendaris di Sukoharjo terkenal dengan sajian kuliner pecel yang lezat dan harganya ramah dikantong.

Seporsi nasi pecel di warung yang berdiri sejak 1987 ini bisa Anda nikmati dengan harga sekitar Rp5.000 saja, murah bukan? Setiap hari warung ini buka sejak pukul 06.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Baca juga: Disengat Tawon Vespa, Warga Ngadirojo Wonogiri Lumpuh

Mangut Bu Kismi

Menu spesial ikan mangut di Warung Bu Kismi yang berada di tepi jalan raya Mbogo-Triyagan, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo juga layak dicicipi. Mangut adalah sajian kuliner berbahan ikan yang diasap dan diberi kuah santan mirip gulai.

Bahan utama yang menjadi primadona dalam masakan ini adalah ikan pari atau iwak pe. Sajian kuliner yang satu ini bercita rasa pedas yang menggoyang lidah penyuka makanan pedas. Harga seporsi mangut di warung ini sekitar Rp18.000.

Baca juga: Mangut Ikan Bu Kismi Sukoharjo Menggoda Selera

Tengkleng Mbak Diah

Jika sedang berkunjung ke Sukoharjo, datanglah ke warung Tengkleng Mbak Diah yang legendaris. Warung makan yang berlokasi di gang sempit di Kecamatan Gorgol, Sukoharjo, ini selalu ramai pembeli.

Kuliner olahan kambing di warung makan yang berdiri sejak 1993 ini menjadi salah satu menu favorit almarhum Presiden Soeharto. Tengkleng ini bahkan menjadi langganan keluarga Cendana saat pulang kampung ke Kota Solo.Harga satu porsi tengkleng cukup ramah dikantong, yakni Rp35.000.

Baca juga: Lezatnya Jenang Kedunggudel, Bukan Dodol Biasa

Rica-Rica Menthok Pak Yho

Kuliner rica-rica menthok milik Pak Yho juga patut dicoba saat bertandang ke Sukoharjo. Warung yang berada di sebelah timur Benteng Keraton Kartasura ini selalu ramai pembeli sejak dibuka pada 2010 lalu.

Ada dua jenis menu rica-rica menthok atau entok dalam bahasa Indonesia yang disediakan di warung makan Pak Yho. Yakni rica-rica menthok basah dan goreng.

Seporsi rica-rica menthok komplet nasi plus dan minum baik es teh, es jeruk maupun minuman teh dan jeruk panas bisa dinikmati dengan mahar Rp30.000.

Baca juga: Seporsi Pecel Pak Mbotho Hanya Rp3.000, Sehari Habis 60kg Beras

Jenang Kedunggudel

Ada juga olahan kuliner legendaris asal Sukoharjo yang cocok dijadikan buah tangan, yakni jenang kedunggudel. Berbeda dengan dodol, jenang legendaris yang telah ada sejak 1987 ini dibuat dari campuran tepung ketan dan tepung beras yang membuat rasanya legit.

Proses pengolahan jenang Kedunggudel ini memakan waktu lebih dari empat jam dalam api sedang yang berasal dari kayu bakar. Cara tradisional ini akan membuat olahan jenang ini empuk dan bercita rasa khas. Selama dimasak, adonan jenang harus terus diaduk.

Bagi yang ingin mencicipi, Anda bisa bertandang ke tempat pengrajin jenang kedunggudel di Desa Kedunggudel, Kenep, Sukoharjo. Tak hanya dijadikan buah tangan. Jenang legendaris ini juga kerap dipesan sebagai hantaran pernikahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya