Udinus Lantik 4.092 Mahasiswa di Semarang & Kediri Secara Online
Perwakilan mahasiswa baru Udinus menjalani pelantikan pada acara Dinus Inside di Kampus Udinus Semarang, Senin (21/9/2020). (Semarangpos.com-Humas Udinus)

Solopos.com, SEMARANG — Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung membuat Universitas Dian Nuswantoro belum bisa menggelar kegiatan perkuliahan secara tatap muka. Bahkan pelantikan mahasiswa baru Udinus di Semarang dan Kediri pun harus dilakukan secara online.

Sebanyak 4.092 mahasiswa dilantik secara online atau dalam jaringan alias daring dalam kegiatan bertajuk Dinus Inside, Senin (21/9/2020). Ke-4.092 mahasiswa baru itu tercacat kuliah di Semarang dan Kediri.

Di Semarang ada 3.857 mahasiswa baru yang mulai tahun ini menjalani perkuliahan di Udinus. Sementara, sisanya atau sekitar 172 mahasiswa baru berada di kampus Udinus di Kediri, Jawa Timur (Jatim).

Nama Pemain Sudah Pasti, Tunggu Meteor Garden Thailand!

Meski digelar secara daring, Dinus Inside tahun ini juga menghadirkan lima mahasiswa yang mewakili fakultasnya. Selain itu, Dinus Inside juga disiarkan secara langsung melalui Youtube dan Zoom.

Rektor Udinus, Prof. Edi Noersasongko, mengatakan perguruan tingginya telah dikenal di seluruh Indonesia. Hal itu terlihat dari kota asal mahasiswa mulai dari Sabang-Merauke.

Edi mengatakan saat ini memperoleh pekerjaan sangat sulit karena dihadapkan persaingan yang ketat di dunia kerja. Oleh karenanya, Udinus pun terpanggil untuk membekali mahasiswa dengan ilmu kewirausahaan.

Perhatikan Cara Cek IMEI Ini, Vital Saat Beli Ponsel Baru!

“Mahasiswa tidak hanya diberikan ilmu di dalam kelas saja, tapi selalu rutin mendatangkan tokoh-totkoh wirausaha hingga kelas internasional. Kami juga akan mengikutsertakan mahasiswa untuk mengikuti perlombaan kewirausahaan yang diadakan oleh berbagai instansi. Menurut catatan kami, dari tahun ke tahun jumlah alumni Udinus yang berwirausaha selalu meningkat, seperti pada tahun 2018 terdapat 18,61 persen alumni yang memilih berwirausaha,” jelas dia.

Disertai Dinus Peduli

Momen Dinus Inside ini juga ditandai dengan aksi Udinus Peduli berupa penyerahan 4.000 bibit mangrove dan bakti sosial di sekitar 20 lokasi di Kota Semarang.

Setelah pelantikan, para mahasiswa mengikuti kuliah umum yang diisi Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, dan Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar.

Rayakan 12 Tahun Debut, IU Rekam 14 Jam Konser Mini

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Supriadi Rustad mengatakan pelantikan mahasiswa pada tahun ini diadakan secara daring dikarenakan mematuhi aturan pemerintah untuk tidak menciptakan kerumunan massa.

Walaupun diadakan daring, pelantikan mahasiswa di Dinus Inside 2020 tidak mengurangi sakralnya kegiatan tahunan ini.

“Di tengah pandemi ini, Udinus masih diminati oleh masyarakat untuk menitipkan putra-putrinya. Pembelajaran nanti akan menggunakan sistem Kulino dan minimal perkuliahan menggunakan video pembelajaran untuk setiap sesi perkuliahan,” jelas Supriadi. (Imam Yuda S./JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom