Telkomsel hingga Smartfren Sebar Kartu Perdana Gratis, Cek Lokasinya
Ilustrasi kartu perdana (dok)

Solopos.com, JAKARTA -- Operator seluler, mulai Telkomsel hingga Smartfren, telah mendistrubusikan jutaan kartu perdana gratis untuk mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Tidak hanya itu, operator juga mengiming-iming para pelajar dan tenaga pengajar dengan kuota data gratis puluhan GB setiap melakukan aktivasi melalui kartu perdana yang mereka sebar.

Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis.com, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) tercatat telah membagikan sekitar 7,3 juta kartu perdana gratis dengan potensi jumlah yang lebih besar dibandingkan yang tampak di dunia maya.

RSIS Yarsis Kartasura Gratiskan Biaya Operasi Pesepak Bola Asal Jawa Barat

Melalui program merdeka belajar jarak jauh (MBJJ) Telkomsel membagikan kartu perdana tersebut ke sejumlah provinsi. Antara lain, Kalimatan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Jawa Barat, Bali, Sulawesi Selatan, Banten, Sumetara Selatan, Bengkulu, Gorontalo, Papua, dan lain sebagainya.

"Program Merdeka Belajar Jarak Jauh [MBJJ] yang digelar Telkomsel merupakan pelengkap untuk mendukung program bantuan kuota yang diselenggarakan oleh Kemendikbud dalam program dengan nama yang sama," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin.

Belum Semua UMKM di Solo Terima Dana Bansos, Ini Penjelasan Pemkot

Disebar ke Sarana Pendidikan

Sementara itu, PT XL Axiata Tbk. juga mengklaim telah membagikan jutaan kartu perdana gratis ke sejumlah sarana pendidikan melalui XL dan Axis.

Wilayah-wilayah yang telah mendapat kartu perdana dari XL antara lain Batam, Banten, Jambi, Bangka, Medan, Pekabaru, Padang, Palangkaraya, dan Palu.

Sementara itu, wilayah yang mendapat kartu perdana gratis Axis antara lain, Bandar Lampung, Jakarta, Banten, Depok, Cirebon, Bandung Barat, Purwakarta, Semarang, Yogyakarta, Purwokerto, Padang, Makassar, Manado, Madiun, Jember, Banyuwangi, Surabaya, dan Bali.

Bikin Kagum! Ini Sosok Rikho Jerikho, Pemuda Wonogiri Peneliti Ikan “Alien” di WGM

Head of External Communication PT XL Axiata Tbk. Henry Wijayanto berharap dapat turut membantu meringankan beban masyarakat. Dengan demikian, XL bisa membangun atau menggerakkan sektor lain guna mendorong pemulihan perekonomian.

Sementara itu, SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Turina Farouk mengatakan Indosat telah mendistribusikan kartu perdana gratis ke seluruh Indonesia untuk mendukung PJJ. Namun, total kartu perdana yang telah didistribusikan tidak disebutkan.

“Selain melakukan distribusi kartu perdana, kami juga mendorong nomor existing pelanggan didaftarkan ke pihak sekolah atau kampus tanpa perlu ganti kartu,” kata Turina.

Penyedap Alami Pengganti MSG, Sudah Pernah Coba?

Distribusi Kuota

Wakil Presiden Direktur PT Hutchison 3 Indonesia Danny Buldansyah mengatakan Tri telah mendistribusikan sekitar 1 juta kartu perdana gratis untuk mendukung program PJJ. Sayangnya, wilayah distribusinya enggan disebutkan.

Sedangkan PT Smartfren Telecom Tbk. juga mendistribusikan 1 juta kartu perdana 10N+ gratis untuk mendukung kegiatan PJJ. Distribusi kuota dilakukan di daerah-daerah jangkauan Smartfren

Langkah operator seluler membagikan kartu perdana gratis kepada instansi pendidikan untuk mendukung kegiatan PJJ dinilai janggal dan berisiko melahirkan persaingan tidak sehat berupa perang harga.

Cerita di Balik Pembubaran Kegiatan Warga di Lalung Karanganyar oleh Satpol PP

Pengamat telekomunikasi Nonot Harsono menjelaskan konsep bantuan ini seharusnya dilakukan dengan melihat kondisi pelajar dan tenaga pengajar. Kartu perdana hanya didistribusikan kepada pelajar dan tenaga pengajar yang tidak memiliki gawai.

Artinya, dalam distribusi kartu perdana, harus disertai dengan gawai sehingga pelajar dan tenaga pengajar mendapat perangkat telekomunikasi utuh. Adapun skema pemberian gawai dapat dilakukan oleh Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan atau melalui kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan telekomunikasi.

Sumber: Bisnis.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom