Ilustrasi transportasi kereta api (KA). (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal melakukan penyesuaian jadwal perjalanan sejumlah kereta api (KA) pada Desember nanti.

Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi penyesuaian jadwal tersebut, salah satunya mulai beroperasinya jalur ganda.

Manajer Humas PT KAI Daop VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan penyesuaian tersebut direncanakan mulai berlaku 1 Desember 2019. Namun untuk informasi detail penyesuaian itu, dia belum bisa menyampaikan karena masih dikaji. "Jadwal KA mulai 1 Desember nanti berubah," kata dia kepada Solopos.com, Senin (4/11/2019).

Ibu-Ibu Karanganyar Tabrak Rumahnya Sendiri Saat Belajar Nyetir

Menurutnya, ada beberapa faktor yang melatarbelakangi penyesuaian tersebut, di antaranya adanya penambahan KA, pengoperasian jalur ganda, hasil survei, adanya permintaan dari masyarakat serta adanya perubahan kondisi trek.

Diketahui penyambungan rel ganda lintas Solo Balapan-Solo Jebres selesai dilakukan pada 30 Agustus lalu. Dengan demikian jalur rel ganda Solo-Kedungbanteng pun telah terhubung sempurna.

Dengan terhubungnya jalur ganda ruas Solo-Kedungbanteng, jalur ganda tersebut bisa mulai beroperasi. Sebelumnya, Kepala Daop VI/Yogyakarta, Eko Purwanto, mengatakan dengan selesainya jalur ini, pola operasi beberapa rangkaian KA akan berubah.

Cekcok di Jalan, Pengemudi di Semarang Ditikam

Misalnya untuk pemberangkatan Prameks yang bisa dari Palur. Meski belum bisa menyebut jadwal pasti untuk menarik rangkaian KA Prameks ke Palur, dia memastikan setidaknya awal tahun depan, rencana tersebut sudah terealisasi.

Di sisi lain, mulai 28 Desember 2019 nanti KA Bandara juga sudah siap beroperasi. KA tersebut sebagian akan melalui jalur kereta reguler.

Namun Eko belum memastikan apakah hal itu juga akan mempengaruhi jadwal kereta yang sebelumnya sudah ada. Rencananya ada dua train set KA Bandara akan melakukan total 60 perjalanan dalam sehari.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten