SOLOPOS.COM - Pencari kerja antre masuk ke acara UNS Solo Job Fair #20 di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Rabu (25/9/2019). (Solopos/M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka lowongan masinis khusus perempuan dalam ajang UNS Solo Job Fair di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang baru dibuka pada Rabu (25/9/2019).

Perekrutan tenaga kerja yang diselenggarakan Career Development Center (CDC) UNS Solo ini akan berlangsung selama dua hari, Rabu-Kamis (25-26/9/2019). Acara ini diikuti 33 perusahaan dan instansi dari seluruh Indonesia yang membuka beragam lowongan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

PT KAI membuka lowongan 95 masinis perempuan yang akan ditempatkan di seluruh daerah operasi di Indonesia. Deputi Direktur Personal Care, Control, and Development PT KAI, Wawan Ariyanto, mengatakan perekrutan masinis perempuan ini juga menjadi yang pertama dilakukan mengingat saat ini belum ada masinis perempuan di jajaran PT KAI.

“Perekrutan masinis kali ini khusus perempuan. Ini untuk emansipasi wanita karena memang belum pernah ada, kalau kondektur ada. Kami butuh 95 orang untuk kami tempatkan di seluruh Indonesia,” ujarnya saat diwawancarai Solopos.com pada pembukaan job fair.

Menurutnya, persyaratan pendaftaran masinis perempuan ini sama dengan laki-laki. Mereka juga akan menempuh lima tahapan seleksi, yakni administrasi, tes kesehatan awal, psikotes, wawancara, dan tes kesehatan akhir.

Selain masinis, PT KAI juga membuka lowongan untuk tujuh posisi lain, yakni dokter gigi dan dokter umum yang akan bekerja di klinik stasiun, bagian SDM, bagian humas, perawat/budan, Polsuska, IT, dan sarana.

CDC UNS Kusnandar mengatakan instansi peserta job fair kali ini sedikit berbeda dibanding sebelumnya. Sebelumnya, perusahaan jasa konstruksi cukup banyak, tapi kali ini hanya ada satu.

“Mungkin pada saat itu kebutuhan tenaga memang banyak karena pembangunan infrastruktur baru dimulai dan sekarang sudah berjalan. Tetapi untuk perbankan dan sektor usaha lain masih relatif sama,” ujarnya.

Dia menambahkan job fair kali ini juga membuka lowongan untuk lulusan SMA/SMK khusus untuk pendaftar PT KAI. Lokasi pendaftaran mereka berada di Student Center (SC).

“Ini karena kapasitas di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS terbatas sehingga untuk pendaftaran bagi lulusan SMK dilakukan di SC,” ujarnya.

Berdasar data website job fair, yang sudah masuk sebelum pembukaan mencapai 8.600 pendaftar. “Jadi kami perkirakan akan ada 10.000 pendaftar untuk semua lowongan,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Kuncoro Diharjo, berpesan agar pencari kerja di masa yang akan datang bisa meningkatkan kapasitas diri selain akademik.

“Berdasarkan informasi dari perusahaan-perusahaan yang saya datangi, kemampuan akademik yang dibutuhkan dalam dunia kerja hanya sekitar 20 persen. Selebihnya, yang dibutuhkan adalah kemampuan lain seperti kepemimpinan, bahasa, public speaking, dan sebagainya. Ini harus benar-benar dipersiapkan,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya