Kategori: Solo

Sebaran Kasus Covid-19 Per Kelurahan di Solo: 17 Positif, Awas Transmisi Lokal


Solopos.com/Mariyana Ricky P.D/Adib Muttaqin Asfar

Solopos.com, SOLO -- Jumlah kasus Covid-19 di Kota Solo hingga Sabtu (25/4/2020) terus bertambah dengan sebaran di 51 kelurahan. Total kasus positif Covid-19 Kota Solo kini mencapai 17 kasus dan 12 di antaranya menjalani rawat inap di berbagai rumah sakit.

Yang terbaru, seorang ibu rumah tangga berusia 50-an asal Kelurahan Mangkubumen, Banjarsari, menjadi pasien ke-17 asal Solo dan dirawat di RSUD dr. Moewardi (RSDM) Solo. Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani, menyebut kemungkinan transmisi lokal dalam kasus itu.

Jokowi Sebut Virus Corona Mati karena Panas Matahari, Ini Pendapat Dokter

Pasalnya, ibu tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar kota. “Sepertinya lokal, tapi belum pasti, ya, karena kami masih melakukan tracing. Dia pasien dalam pengawasan (PDP) yang naik kelas. Ini kasus pertama di Mangkubumen. Keluarga langsung kami monitor dan menjadi orang dalam pemantauan (ODP),” kata dia, kepada wartawan, Sabtu (25/4/2020).

Ditilik dari data sebaran kasus Covid-19 per kelurahan di Solo, penambahan jumlah kasus positif bertambah cepat tiap hari. Ahyani mengatakan penambahan itu salah satunya karena hasil uji swab yang lebih cepat.

Sesak Napas & Kejang, Pemudik Grobogan Meninggal di Rumah Bidan

Spesimen lendir hidung/tenggorokan PDP kini dikirimkan ke laboratorium RS Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, bukan ke Salatiga atau Jogja. Hasilnya diketahui sekitar satu hingga dua hari kemudian tergantung dikirimkan sebelum pukul 12.00 atau setelahnya.

“Pemeriksaan tes secara PCR (polymerase chain reaction) lebih cepat karena itu hasilnya tiap hari ada,” kata dia.

Hendak Operasi Caesar, Ibu Hamil Asal Nogosari Boyolali Positif Covid-19

Sementara, data kumulatif hingga Sabtu, jumlah PDP yang sebelumnya 97 orang naik jadi 101 orang. Dari jumlah itu, 22 orang di antaranya dirawat inap, 16 meninggal dunia, dan sisanya sembuh.

Sebaran Kasus Covid-19 Per Kelurahan Kota Solo

Sedangkan jumlah ODP mencapai 456 orang, dengan perincian dua orang rawat inap, 75 orang rawat jalan, 77 dalam pemantauan, dan 379 lainnya selesai pemantauan. Berikut sebaran kasus positif Covid-19 per kelurahan di Kota Solo, Sabtu (25/4/2020):

Isolasi Desa Paulan Colomadu Karanganyar Dibuka, Giliran Baturan Ditutup

Selain kasus Covid-19 yang terus bertambah dalam data sebaran per kelurahan di Solo itu, transmisi lokal kini menjadi perhatian. Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan tak hanya mengecek riwayat bepergian pasien, tapi juga siapa saja yang pernah berkontak.

“Siapa tahu ibu tersebut pernah menerima tamu dari luar kota, atau dia pergi ke suatu tempat lalu ketemu orang lain yang tanpa gejala dan tertular. Kasus Mangkubumen adalah kasus kedua pada ibu rumah tangga setelah Gilingan,” jelasnya.

Dikutip Jokowi, Ternyata Ini Pejabat AS Penyebut Virus Corona Mati di Cuaca Panas

Ning, panggilan akrabnya, mengatakan pendalaman lokus tracing, termasuk menanyai anggota keluarga dalam satu rumah. Bukan tidak mungkin, keduanya tertular dari orang terdekat yang tidak memiliki gejala (OTG).

Share
Dipublikasikan oleh
Adib Muttaqin Asfar