SOLOPOS.COM - Camat Colomadu, Eko Budi Hartoyo, membuka isolasi wilayah yang dilakukan selama 14 hari oleh warga Paulan, Colomadu, Karanganyar Jumat (24/4/2020). (Istimewa/ Pemcam Colomadu)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pemerintah Kecamatan Colomadu, Karanganyar, resmi mencabut isolasi warga Desa Paulan pada Jumat (24/4/2020) malam menyusul sembuhnya salah satu pasien Covid-19. Namun satu lagi desa di Colomadu, yaitu Baturan, yang diisolasi lantaran terdapat pasien positif Covid-19 baru.

Camat Colomadu, Eko Budi Hartoyo, resmi membuka gembok gerbang Desa Paulan sebagai simbol dibukanya isolasi karena sembuhnya pasien Covid-19. Dibukanya gerbang juga lantaran warga sudah menjalani isolasi selama 14 hari.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dikutip Jokowi, Ternyata Ini Pejabat AS Penyebut Virus Corona Mati di Cuaca Panas

“Malam ini pukul 20.00 WIB tepat sudah 14 hari masa isolasi [ Desa Paulan ] dijalani. Maka kami buka gerbangnya. Warga sudah boleh beraktivitas keluar rumah karena sebelumnya sudah dicek Puskesmas dan hasilnya sehat semua. Tapi tetap harus waspada,” kata dia kepada Solopos.com Jumat malam.

Selain membuka isolasi, Eko menyampaikan hal itu sebagai perhatian dan dukungan moral pemerintah Kecamatan Colomadu terhadap warga terdampak Covid-19 di Desa Paulan. Dia juga mengimbau kepada warga sekitar agar tidak mengucilkan pasien dan terus mendukung secara moral dan fisik.

3 Provokator Penolak Jenazah Perawat RSUP Kariadi Semarang Segera Disidang

“[kepada] Warga juga disampaikan, malah bagus mereka mendukung pasien sembuh yang masih tetap menjalani karantina lagi 14 hari ke depan. Warga yang membantu membelikan kebutuhan dan lainnya. Ini yang kami harapkan dan pasien itu jangan sampai dikucilkan,” ucap dia.

Desa Baturan Isolasi

Namun setelah membuka isolasi Desa Paulan, justru Desa Baturan, Colomadu, yang mulai diisolasi menyusul adanya tambahan pasien Covid-19. Eko mengaku langsung menerapkan karantina warga di sekitar rumah pasien.

Update! Sebaran Kasus Covid-19 Sukoharjo Per Desa 24 April 2020

“Pas membuka isolasi wilayah ini, kami di tempat lain juga mengisolasi di Baturan. Kami tutup dan langsung kami berikan sembako untuk menunjang kebutuhan pokok,” papar dia.

Karena itu, meskipun status isolasi Desa Paulan sudah dicabut, warga Colomadu tetap diminta untuk waspada.

Jokowi Sebut Virus Corona Cepat Mati di Cuaca Panas Indonesia

Terpisah, Camat Jaten, Aji Pratama Heru Kristanto, meralat kabar sebelumnya yang menyebutkan ada pasien Covid-19 di Sroyo, Jaten. Menurutnya, pasien yang merupakan tenaga medis di salah satu rumah sakit di Solo itu merupakan warga Perumahan Josroyo, Jaten, Karanganyar.

Meskipun ada pasien dari tempat tersebut, belum ada isolasi yang dilakukan. “Setahu kami dokter itu sudah mengkarantina diri 10 hari di rumah sakit. Jadi belum ada isolasi wilayah di tempat kami. Untuk alamat yang benar bukan di Desa Sroyo, tapi Perumahan Josroyo,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya