SDN 1 Delegan Sleman Alami Kebakaran Hebat, Kerugian Capai Rp500 Juta

Kerugian yang ditimbulkan dalam kebakaran di SDN 1 Delegan, Sumberharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, mencapai setengah miliar rupiah.

 Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meninjau lokasi kebakaran di SDN Delegan 1 Kalurahan Sumberharjo, Kapanewon Prambanan, Rabu (10/8/2022) - Harian Jogja/ Abdul Hamied Razak

SOLOPOS.COM - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meninjau lokasi kebakaran di SDN Delegan 1 Kalurahan Sumberharjo, Kapanewon Prambanan, Rabu (10/8/2022) - Harian Jogja/ Abdul Hamied Razak

Solopos.com, SLEMAN — Kebakaran hebat menimpa SDN 1 Delegan, Sumberharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (9/8/2022) malam. Dalam kebakaran itu terdata ada tujuh ruangan yang terbakar termasuk puluhan unit komputer di ruang laboratorium komputer.

Tujuh ruang yang terbakar itu antara lain ruang kelas I, II, III, dan VI, kemudian ruang laboratorium komputer, ruang guru, serta kantor kepala sekolah. Kerugian yang ditimbulkan dalam kebakaran ini mencapai Rp500 juta.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Dari pantauan Harianjogja.com (Solopos Media Group) di lokasi, Rabu (10/8/2022), kobaran api menghanguskan sejumlah gedung di sekolah tersebut. Ruang paling parah terdampak kebakaran ada di ruangan kepala sekolah dan ruang guru. Bagian atap ruangan itu ambruk dan gentengnya berceceran. Tersisa, dinding di ruangan yang terletak di tengah-tengah bangunan.

Hampir semua barang di ruang guru hangus terbakar. Terlihat beberapa guru dan karyawan mengais puing-puing reruntuhan. Mereka membolak-balikkan barang-barang yang tersisa. Beberapa arsip/dokumen siswa dan sekolah ada yang diselamatkan.

Baca Juga: SDN di Sleman Kebakaran, 6 Ruang & Puluhan Komputer Ludes Terbakar

Kepala SDN 1 Delegan, Sartana, mengaku tidak tahu persis kronologi kejadian. Ia menerima kabar, jika sekolah yang dipimpinnya mengalami kebakaran sekitar pukul 19.30 WIB.

“Saya tidak tahu persis kronologinya. Sebab saat kejadian sekolah dalam keadaan kosong. Kemarin malam ada warga yang mengabarkan,” katanya, Rabu (10/8/2022).

Mengenai penyebab kebakaran itu, lanjut dia, berdasarkan asesmen sementara dari Damkar Sleman  diduga karena korsleting listrik.

Baca Juga: Laka Maut Bus Sugeng Rahayu & 2 Motor di Madiun, Sopir Jadi Tersangka?

“Besok kami akan segera rapat dengan para wali murid untuk membahas soal proses belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar bagi siswa kami prioritaskan agar siswa tidak terganggu,” katanya.

Salah seorang saksi, Joko Susilo, warga Sumberharjo, mengaku saat hendak pulang ke rumah melewati jalan utara sekolah tersebut ia mendengar suara ledakan kencang. Setelah itu, ia berusaha mengecek lokasi ledakan ternyata bersumber dari dalam SDN 1 Delegan. Joko melihat muncul kobaran api dan asap di atas genting sekolah.

Ia berusaha memadamkan api dengan selang air seadanya kemudian meminta bantuan warga setempat. Joko berusaha menghubungi Damkar terdekat.

Baca Juga: Ngawur! Penjaga Kos di Bantul Gelapkan & Jual Tiga Motor Milik Bosnya

Sebanyak lima unit truk Damkar dari Sleman, Bantul dan Kota Jogja berhasil memadamkan kobaran api. Diperkirakan kerugian akibat kebakaran tersebut mencapai sekitar Rp500 juta.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Terbakar, Perbaikan Gedung SDN 1 Degelan Diperkirakan Selesai Desember Mendatang

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pertandingan Futsal UPN Veteran Jogja Berakhir Ricuh, 10 Mahasiswa Luka-Luka

      Pertandingan futsal antarprodi di Fakultas Teknologi Mineral UPN Veteran Yogyakarta berujung tawuran dan mengakibatkan sepuluh orang mengalami luka-luka.

      Ditinggal Salat di Masjid, Rp60 Juta di Jok Motor Milik Warga Kulonprogo Raib

      Uang puluhan juta rupiah yang ada di dalam jok sepeda motor milik warga Kulonprogo hilang saat ditinggal salat zuhur.

      Miris! Gedung SDN di Bantul Ini Nyaris Roboh, Murid & Guru Waswas

      Para murid dan guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sawit di Dusun Sawit, Desa Panggungharjo, Kapanewon Sewon, waswas karena gedung sekolahnya nyaris roboh.

      Sebut Polisi Jadi Pelaku Utama di Kanjuruhan, Mahasiswa: Harus Tanggung Jawab

      Puluhan mahasisa Jogja menggelar aksi unjuk rasa di Mapolda DIY dengan tuntutan supaya polisi bertanggung jawab atas tragedi Kanjuruhan.

      Identifikasi Benda Cagar Budaya, Museum Sonobudoyo Beli Alat Canggih dari Eropa

      Museum Sonobudoyo Yogyakarta mendatangkan alat canggih dari Eropa untuk mendeteksi ribuan benda cagar budaya yang belum teridentifikasi secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Guyur Jogja dari Siang sampai Malam Hari

      Simak prakiraan cuaca di Kota Jogja pada Kamis 6 Oktober 2022.

      Catat! Ada Karnaval Wayang, Jalan di Kawasan Tugu Jogja Ditutup

      Sejumlah jalan di kawasan Tugu Pal Putih Jogja bakal ditutup selama gelaran Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) berlangsung.

      Kanjuruhan Jadi Perhatian Dunia, Muhammadiyah: Tim Pencari Fakta Harus Objektif

      PP Muhammadiyah minta Tim Pencari Fakta bekerja secara terbuka dan objektif dalam menginvestogasi tragedi Kanjuruhan Malang.

      Motor Tabrak Pohon di Jalanan Sleman, 1 Orang Meninggal & 1 Orang Terluka

      Kecelakaan lalu lintas tunggal terjadi di Jalan Raya Magelang-Sleman Km 16,5 tepatnya di sebelah utara dealer Mitsubishi Fuso, Margorejo, Kapanewon Tempel, Sleman.

      5 Wisata Instagramable & Estetik di Jogja, Enggak Cuma Malioboro!

      Berikut terdapat rekomendasi wisata instagrambale dan estetik yang ada di Jogja selain Malioboro.

      Ditinggal ke Pasar, Rumah di Semanu Gunungkidul Ludes Terbakar

      Satu rumah di Dusun Kuwon Kidul, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, ludes terbakar saat ditinggal pemiliknya kerja.

      Dua Sepeda Motor Kecelakaan di Kulonprogo, 1 Orang Meninggal Dunia

      Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan dua kendaraan bermotor terjadi di Jalan Raya Nanggulan-Mendut, tepatnya di Padukuhan Kedondong, Banjararum, Kalibawang, Kulonprogo.

      Prakiraan Cuaca Rabu, Jogja Diterjang Hujan Deras Sejak Siang Hari

      Simak prakiraana cuaca di Kota Jogja pada Rabu 5 Oktober 2022.

      Kenal Lewat Aplikasi Jodoh, Motor Milik Gadis Bantul Digondol Pacar Barunya

      Seorang gadis asal Bantul kehilangan sepeda motornya saat sedang berkencan dengan pacar barunya yang baru dikenal lewat aplikasi perjodohan.

      Kawanan Kera Ekor Panjang Serang Kebun Buah Mangunan & Lahan Warga di Bantul

      Kawanan kera ekor panjang menyerang dan mencari makan di Kebun Buah Mangunan yang ada di Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul.