Salat Idulfitri di Lapangan, Masjid, atau Rumah? Ini Kata Pimpinan Nahdlatul Ulama Solo

Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Solo, H.M. Mashuri, mengajak masyarakat melaksanakan Salat Idulfitri di rumah demi mendukung upaya menekan persebaran virus corona.

 Jemaah di Masjidil Haram sedang salat sambil mengenakan masker untuk mengantisipasi virus corona, 27 Februari 2020. (Reuters/Ganoo Essa)

SOLOPOS.COM - Jemaah di Masjidil Haram sedang salat sambil mengenakan masker untuk mengantisipasi virus corona, 27 Februari 2020. (Reuters/Ganoo Essa)

Solopos.com, SOLO -- Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Solo, H.M. Mashuri, mengajak masyarakat melaksanakan Salat Idulfitri di rumah demi mendukung upaya menekan persebaran virus corona atau Covid-19.

Hal tersebut disampaikan H.M. Mashuri seusai menggelar rapat bersama Syuriah PCNU Kota Solo. Dia mengimbau kepada pengurus struktural, kultural, dan masyarakat untuk melaksanakan Salat Idulfitri di rumah.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Hal itu berdasarkan Surat Edaran Pimpiman Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Tengah No. PW. 11/360/cN/2020 tanggal 14 Mei 2020 Tentang Edaran Pelaksanaan Sholat led di Masa Pandemi Covid-19.

3 Poin Penting Soal Tata Cara Salat Idulfitri di Tengah Pandemi Covid-19

Walau melaksanakan Salat Idulfitri di rumah, PCNU mengimbau salat dikerjakan secara berjamaah bersama anggota keluarga di rumah tersebut. Salat Idulfitri berjamaah dengan keluarga disebut lebih utama daripada Salat Id sendirian.

"Dengan ini kami menyampaikan dalam melaksanakan Salat Id dapat dilaksanakan di rumah masing-masing. Salat Idulfitri berjamaah lebih utama daripada Salat Idulfitri secara sendiri. Selama masa pandemi [yang] ditetapkan oleh pemerintah belum berakhir, sebaiknya Salat Idulfitri dilaksanakan di rumah dengan keluarga inti," kata dia kepada Solopos.com, Kamis (14/5/2020) malam.

Bintang Liga Inggris Ini Selalu Baca Alquran Sebelum Tanding

Dia pun memberi masukan ketentuan yang tidak boleh dilupakan jika masyarakat tetap menjalankan Salat Idulfitri di luar rumah. Tentunya hal ini hanya untuk masyarakat yang tinggal di luar kawasan pandemo Covid-19.

Jalankan Protokol Kesehatan

H.M. Mashuri menjelaskan apabila Salat Idulfitri tetap dilaksanakan secara berjamaah di luar rumah, penyelenggara dianjurkan untuk berkoordinasi dengan pemerintah setempat. Selain itu, penyelenggara diminta tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan persebaran virus corona atau Covid-19.

Wow! Kerugian Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19 Dunia bisa Tembus Rp131,12 Kuadriliun

Dia menambahkan saat melaksanakan Salat Idulfitri jemaah diminta senantiasa memohon kepada Allah agar Indonesia terbebas dari segala bahaya dan fitnah. H.M Mashuri juga meminta umat Islam peserta Salat Id memohon terwujudnya negara adil, makmur, dan sejahtera di Indonesia.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan Salat Idulfitri yang diselenggarakan via streaming tidak sah. Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorun Niam Soleh, menegaskan hal itu saat menjawab pertanyaan peserta terkait panduan salat Id di tengah pandemi Covid-19.

Solopos Hari Ini: Salat Id Via Streaming Tak Sah

Model live streaming hanya bisa dilakukan jika jemaah dan imam berada di satu tempat. “Seperti salat jamaah pakai speaker pakai streaming. Streaming seperti jemaah membeludak, bagian belakang menggunakan live streaming untuk dalam pelaksanaannya, jemaah itu absah,” jelas dia, Kamis.

Dalam fatwa MUI No. 28/2020 yang diterbitkan Rabu (13/5/2020), hukum Salat Idulfitri adalah sunah muakad atau sangat dianjurkan. Salat Idulfitri disunahkan dilakukan di tanah lapang, masjid, atau musala secara berjamaah.

Namun dalam pandemi Covid-19, MUI menyampaikan ketentuan spesifik. “Salat [Idulfitri] boleh dilakukan di rumah dengan berjamaah dengan anggota keluarga atau sendiri, terutama yang berada di kawasan pandemi Covid-19,” ujar dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Temuan Manik-Manik Bekal Kubur Kuno di Perengan Tawangsari Sukoharjo

      + PLUS Temuan Manik-Manik Bekal Kubur Kuno di Perengan Tawangsari Sukoharjo

      Di Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo tepatnya di Situs Perengan, terdapat temuan peninggalan arkeologi berupa manik-manik yang diduga merupakan bekal kubur masyarakat masa kuno.

      Berita Terkini

      Temuan Manik-Manik Bekal Kubur Kuno di Perengan Tawangsari Sukoharjo

      Di Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo tepatnya di Situs Perengan, terdapat temuan peninggalan arkeologi berupa manik-manik yang diduga merupakan bekal kubur masyarakat masa kuno.

      Kisah Kepala SMPN di Sragen Memulai Karier dengan Gaji Rp16.000/Bulan

      Tiga orang guru dan kepala sekolah SMPN di Kabupaten Sragen mendapat penghargaan dari Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati pada peringatan HUT RI.

      Barongan, Kesenian Khas di Tiap Dusun di Kecamatan Juwangi Boyolali

      Hampir di tiap dusun di Kecamatan Juwangi memiliki kelompok kesenian barongan dengan ciri khas masing-masing.

      Cuaca Boyolali Kamis 18 Agustus, Hujan Ringan Sore Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Kamis (18/8/2022), tersaji secara lengkap dalam artikel ini.

      Cuaca Sukoharjo Kamis 18 Agustus Ini: Berawan Sepanjang Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Kamis (18/8/2022).

      Prakiraan Cuaca Solo Kamis 18 Agustus: Pagi Cerah Berawan, Sore Hari?

      Cuaca Kota Solo menurut prakiraan BMKG Solo untuk hari ini, Kamis (18/8/2022) cukup bersahabat.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 18 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 18 Agustus 2022, Cerah Berawan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Kamis (18/8/2022), akan lebih banyak berawan tanpa potensi hujan.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Stabil Berawan

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 18 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      KRL Solo-Jogja Berangkat 3 Kali dari Stasiun Palur, Cek Jadwalnya!

      KRL Solo-Jogja sampai Palur yang mulai beroperasi pada Rabu (17/8/2022) melayani masing-masing tiga kali keberangkatan dari Stasiun Palur dan tiga kali keberangkatan dari Yogyakarta.

      Dapat Remisi 2 Bulan, 2 Napi Pencurian Langsung Bebas dari LP Sragen

      Sebanyak 278 orang napi LP Kelas IIA Sragen mendapatkan remisi HUT ke-77 Kemerdekaan RI dan dua di antaranya langsung bebas.

      Unik! Begini Cara Warga Kampung Pancasila Solo Peringati HUT ke-77 RI

      Upacara peringatan HUT RI di Kampung Pancasila Solo di Jagalan, Jebres, berlangsung unik di mana petugas pengibar benderanya semua ibu-ibu.

      Viral Lagi, Ini Profil Lengkap Pencipta Ojo Dibandingke Asal Boyolali

      Profil lengkap penyanyi dan pencipta lagu Ojo Dibandingke asal Boyolali, Abah Lala, yang aktif mengampanyekan seni tradisi serta menciptakan daftar lagu populer dengan Bahasa Jawa.

      Lansia 70-an Tahun di Sukoharjo jadi Petugas Upacara, Intip Keseruannya

      Para warga lanjut usia (lansia) di Desa Kluwih RT 001/RW 004, Lengking, Bulu, Sukoharjo, penuh semangat menjadi pengibar bendera dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di desa setempat, Rabu (17/8/2022).

      Cegah Pungli seperti di Tirtonadi Solo, Ini Langkah BPTD Jateng-DIY

      Kasus pungli oknum pegawai Terminal Tirtonadi Solo, beberapa waktu lalu, menjadi tamparan keras bagi Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Jateng dan DIY.

      Selamat! Ketua DPRD Karanganyar Dikukuhkan jadi Warga Kehormatan PSHT

      Perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) 17 Cabang Karanganyar Pusat Madiun mengukuhkan Ketua DPRD Karanganyar Bagus Selo sebagai warga kehormatan PSHT.