Wow! Kerugian Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19 Dunia bisa Tembus Rp131,12 Kuadriliun

Kerugian ekonomi akibat pandemi virus corona (Covid-19) diperkirakan mencapai Rp131,12 kuadriliun secara global.

 Ilustrasi uang. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA -- Kerugian ekonomi akibat pandemi virus corona (Covid-19) diperkirakan mencapai Rp131,12 kuadriliun secara global. Dengan kata lain, nilai kerugian ekonomi akibat pandemi ini mencapai lebih dari 100.000 triliun rupiah.

Menurut laporan Asian Development Bank (ADB) yang dirilis Jumat (15/5/2020), seperti dikutip Bisnis.com, ekonomi global dapat merugi hingga US$8,8 triliun. Dengan asumsi nilai tukar Rp14.900 per dolar Amerika Serikat (AS), nilai kerugian itu sekitar Rp131,12 kuadriliun.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Jumlah itu mencerminkan hampir 10 persen dari produk domestik bruto (PDB) dunia. Kendati demikian, nilai kerugian ekonomi itu tergantung pada berapa lama wabah ini berlanjut. Selain itu, juga respons pemerintah negara-negara di dunia.

Round Up Corona Sragen: Pasien Sembuh Melonjak, ODP Menurun

“Analisis ini menyoroti peran penting yang dapat dimainkan [negara dengan] intervensi kebijakan guna membantu mengurangi kerusakan pada ekonomi negara-negara,” tutur Kepala Ekonom ADB, Yasuyuki Sawada, dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Bloomberg.

Estimasi baru kerugian ekonomi pandemi Covid-19 itu naik lebih dari dua kali lipat dari perkiraan awal yang disampaikan ADB pada 3 April 2020, yakni senilai US$2 triliun-US$4,1 triliun.

Tingkatkan Sistem Kesehatan

Kini, tercatat ada lebih dari 4 juta kasus infeksi corona di seluruh dunia. Dari jumlah itu, lebih dari 300.000 orang di antaranya meninggal dunia.

Prambanan Jazz Festival Dijadwal Ulang Oktober 2020, Tiket Event Juli Masih Bisa Dipakai

Untuk menekan kerugian ekonomi akibat pandemi Covid-19, lembaga finansial pembangunan multilateral tersebut menganjurkan negara-negara di dunia meningkatkan sistem kesehatan. Selain itu, memberi perlindungan terhadap penghasilan dan pekerjaan masyarakat demi menghindari pemulihan yang lebih sulit.

“Langkah berkelanjutan dari pemerintah negara-negara di dunia dapat memperkecil dampak ekonomi akibat virus itu sebanyak 40 persen,” lanjut ADB.

Solopos Hari Ini: Salat Id Via Streaming Tak Sah

Laporan yang sama mengungkapkan kira-kira 158 juta hingga 242 juta pekerjaan bisa hilang secara global. Sekitar 70 persen dari jumlah tersebut terjadi di kawasan Asia dan Pasifik.

Sementara itu, pembatasan perjalanan dan lockdown yang diterapkan untuk menahan persebaran virus corona kemungkinan akan memangkas nilai perdagangan global dari US$1,7 triliun menjadi US$2,6 triliun.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Bergembira di Antara Karya Seni Rupa dan Barang Lawas

      + PLUS Bergembira di Antara Karya Seni Rupa dan Barang Lawas

      Karya seni rupa—mayoritas lukisan—dipamerkan dan diperjualbelikan bersama barang-barang antik, unik, langka, dan klasik di Rumah Banjarsari, Jl. Syamsyurizal Nomor 10, Setabelan, Banjasari, Kota Solo, Jawa Tengah.

      Berita Terkini

      Dugaan Korupsi Rp78 Triliun: Surya Darmadi akan Diperiksa Lagi Hari Ini

      Kejaksaan Agung akan melanjutkan pemeriksaan terhadap tersangka kasus dugaan korupsi, pencucian uang, dan penguasaan lahan sawit, Surya Darmadi, pada Kamis (18/8/2022) pukul 10.00 WIB.

      Sejarah Hari Ini: 18 Agustus 1945, Soekarno Dilantik Jadi Presiden RI

      Berbagai peristiwa bersejarah dan penting dari tahun ke tahun terjadi pada 18 Agustus.

      10 Berita Terpopuler: Viral! Ojo Dibandingke & Upacara HUT ke-77 RI

      Ulasan tentang lagu Ojo Dibandingke ciptaan seniman Boyolali Agus Purwanto, Abah Lala, dan upacara HUT ke-77 RI pada Rabu (17/8/2022) menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Kamis (18/8/2022).

      Mangkunegaran Berperan Penting dalam Perkeretaapian Indonesia

      Mangkunegaran berperan penting dalam sejarah perkeretaapian Indonesia. Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Purwosari di Kota Solo, Jawa Tengah, dibangun oleh penguasa Mangkunegaran.

      Anak Yatim Piatu Tidak Terdampak Covid-19 Diusulkan Terima Bansos

      Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sekitar empat juta lebih anak yatim, piatu, dan yatim piatu yang memerlukan bantuan.

      2023, Menkes Siapkan Transformasi Kesehatan Senilai Rp196,8 Triliun

      Anggaran transformasi kesehatan tersebut menurun dari 2023 senilai Rp96,8 triliun karena ada pengurangan pengadaan vaksin senilai Rp10 triliun.

      Istana: Pelantikan Menteri PAN RB Bersamaan Groundbreaking IKN

      Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyatakan sebelum Agustus berakhir akan berlangsung peletakan batu pertama IKN dan pelantikan menteri PAN-RB

      Sukses Nyanyi, Presiden Jokowi Pesan Ini ke Farel Prayoga

      Inilah isi pesan Presiden Jokowi kepada Farel Prayoga yang sukses menghibur pejabat dan tamu undangan di Istana Merdeka dengan nyanyiannya Ojo Dibandingke.

      Pemilu 2024: Anggaran KPU Rp14 Triliun, Bawaslu Rp5,5 Triliun pada 2023

      Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan anggaran pemilu yang paling besar akan terjadi di 2024, atau pada saat Pemilu berlangsung.

      Para Pemuda Kiri di Sekitar Proklamasi Kemerdekaan

      Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada17 Agustus 1945 niscaya tak akan terjadi tanpa andil para pemuda kiri. Mereka adalah kader-kader komunis dan sosialis.

      Momen Iriana Jokowi, Prabowo-Kapolri Joget Ojo Dibandingke di Istana

      Inilah momen unik yang membuat Ibu Negara Iriana Jokowi, Menhan Prabowo, hingga Kapolri berjoget bersama di Istana Merdeka.

      Nyanyi di Istana, Farel Prayoga Bikin Jokowi Senyum-Prabowo Joget

      Penampilan penyanyi cilik Farel Prayoga di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022) membuat Presiden Jokowi dan para pejabat RI terhibur.

      Buton Trending Topic Berkat Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani di HUT RI

      Penampilan Jokowi memakai baju adat Buton di Upacara HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022) menjadi trending topic di Twitter.

      Profil I Dewa Ayu Asal Kudus, Pembawa Bendera Upacara HUT ke-77 RI 2022

      Inilah profil I Dewa Ayu, siswi SMA N 2 Kudus yang bertugas sebagai pembawa bendera di upacara HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).

      Spesial! Ini Makna Baju Adat Buton Dipakai Jokowi di HUT ke-77 RI

      Presiden Jokowi memakai baju adat Buton dalam perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022).

      Setelah Proklamasi Kemerdekaan, Bambu Runcing dan Granat Kolang-Kaling

      Setelah Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada Jumat 17 Agustus 1945, gelora revolusi segera merambat ke mana-mana.