Rudy Pastikan Jadwal Fungsional Flyover Purwosari Solo Tak Berubah, Tetap 21 Desember!
Pekerja memasang gelagar flyover di atas perlintasan KA Jl Slamet Riyadi, Kelurahan Purwosari, Laweyan, Solo, Sabtu (26/9/2020) pagi. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO -- Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo memastikan flyover Purwosari akan fungsional atau bisa dilintasi kendaraan pada 21 atau pekan ketiga Desember 2020.

Rudy, sapaan akrab Wali Kota, rencana itu tidak berubah meski libur panjang akhir tahun yakni Natal dan Tahun Baru telah dipangkas. Pemangkasan itu demi menekan persebaran Covid-19.

Pelaksana proyek pembangunan flyover Purwosari telah mencatatkan perkembangan hingga 93% pada awal pekan ini. Sesuai rencana, uji coba bakal pada pekan ketiga Desember menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

Polresta Solo Sebut 8 TPS Pilkada 2020 Masuk Kategori Rawan, Pengamanan Digandakan

Rudy mengatakan tujuan pembangunan flyover Purwosari itu adalah memecah arus kemacetan Kota Solo, sehingga tak terpengaruh pemangkasan cuti bersama.

“Ya, enggak ada kaitannya dengan pemangkasan cuti bersama. Flyover Purwosari tetap buka pada pekan ketiga atau keempat Desember sesuai rencana semula. Biar nanti yang menikmati warga Solo. Untuk warga luar Solo karena liburan ada pembatasan, artinya mereka kemungkinan tidak memanfaatkan fasilitas itu saat awal buka atau uji coba,” katanya kepada wartawan, Senin (30/11/2020).

8.237 Surat Suara Pilkada Solo 2020 Rusak, Segera Dimusnahkan!

Terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.6 Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 1 Jawa Tengah, Alik Mustakim, mengatakan saat ini proyek tengah flyover Purwosari Solo memasuki pekan ke-47.

Pekerjaan utama seperti pembuatan struktur, gelagar, lantai jembatan panjang 200 meter, oprit (jalan pendekat) sudah selesai. Oprit itu sepanjang 500 meter untuk sisi timur dan barat (timur 222 meter dan barat 228 meter). Artinya struktur utama jembatannya sudah siap berfungsi.

“Saat ini dalam tahap penyelesaian untuk jalur lambatnya. Nah, pekerjaan yang mesti selesai antara lain ada pengaspalan bentang jembatan, railing jembatan, pemasangan lampu, dan markah sementara,” jelasnya.

Kapolresta Solo Larang Warga Berkerumun Rayakan Malam Tahun Baru: Nekat Langsung Bubarkan!

Audit Keselamatan

Sesuai kontrak awal, pelaksana masih memiliki tiga pekan untuk menyempurnakan pekerjaan flyover Purwosari Solo sebelum mulai berfungsi pada momentum libur Nataru.

Alik mengaku sudah mendapatkan audit keselamatan dan keamanan jalan dan jembatan dari Direktorat Bina Teknik. Setelah rekomendasi fungsional terbit, ia bakal berkoordinasi dengan instansi terkait.

“Masih ada pekerjaan minor yang bisa kami kerjakan sambil uji coba, khususnya manajemen dan rekayasa lalu lintas sekitar jembatan. Setelah tahun baru bisa tutup lagi untuk pembenahan dan evaluasi dari uji coba itu,” ungkapnya.

Lebar Dan Tak Lagi Semrawut, Begini Penampakan Simpang Empat Kadilangu Sukoharjo

Selain merampungkan fungsional, pelaksana proyek fltyover Purwosari Solo sedang menyusun adendum (perubahan kontrak) untuk perpanjangan masa pelaksanaan hingga akhir Maret 2021.

Adendum itu mengingat masa kerja tinggal tiga pekan sementara anggaran pembangunannya sebagian dialokasikan tahun depan.

Dari total Rp104 miliar, pemerintah pusat memangkas 30 persennya untuk penanganan Covid-19. Otomatis, anggaran tahun ini hanya Rp70 miliar. Sisa anggaran pada tahun depan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom