SOLOPOS.COM - Nadiem Makarim (Antara-Wahyu Putro A.)

Solopos.com, JAKARTA -- Pemerintah resmi memberikan bantuan kuota internet untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh akan diberikan hingga Desember 2020.

Bantuan kuota internet itu untuk pembelajaran daring itu tak hanya diberikan kepada peserta didik tapi juga pendidik.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

"Jadi pemerintah mendengar, kami menjawabnya dengan satu solusi bantuan kuota kepada bukan hanya peserta didik tapi juga pendidik," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dalam Acara Peresmian Kebijakan Bantuan Kuota Dana Internet Tahun 2020 secara virtual, Jumat (25/9/2020).

ITB Ungkap Potensi Tsunami 20 Meter di Pantai Selatan Jawa, Begini Respons BMKG

"Kami telah mengalokasikan anggaran dan berjuang telah berhasil mengalokasikan anggaran sebesar Rp7,2 triliun untuk dana bantuan dari bulan September sampai Desember 2020," tambah Nadiem.

Mendikbud menegaskan bantuan kuota internet ini diperuntukkan bagi peserta didik dan tenaga pendidik.

Sedangkan total anggaran untuk bantuan kuota internet gratis sebesar Rp7,2 triliun.

Inspiratif, Bocah Sragen Novin dan Ardian Jawab Hujatan dengan Karya

Untuk diketahui, kuota data internet pun terbagi menjadi dua yaitu kuota umum dan kuota belajar.

Membuka Aplikasi Khusus Belajar

Nantinya, kuota umum digunakan untuk membuka berbagai jenis aplikasi pembelajaran. Sedangkan kuota belajar hanya diperuntukkan bagi membuka aplikasi khusus belajar.

"Giga itu dibagi kuota umum yang bisa digunakan berbagai jenis aplikasi dan kuota belajar yang secara spesifik hanya diberikan untuk aplikasi dan aktivitas belajar. Dan durasi bantuan ini selama 4 bulan," ujar Nadiem Makarim dilansir Detik.com.

Lalu seperti apa detail bagi-bagi kuota internet gratis oleh Nadiem ini?

3 Lokasi di Klaten Ini Tersedia Internet Gratis untuk Belajar Daring

Nantinya, setiap bulan siswa akan mendapat kuota internet 35 GB per bulan, kemudian guru akan mendapat kuota 42 GB per bulan sementara dosen dan mahasiswa akan mendapat kuota 50 GB per bulan.

Selain Nadiem, turut hadir dalam acara itu Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G. Plate dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Selain itu, perwakilan dari tiap operator seluler pun hadir dalam acara ini.

Hari Ini Dalam Sejarah: 25 September 1810, Bandung Didirikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya