3 Lokasi di Klaten Ini Tersedia Internet Gratis untuk Belajar Daring
Ilustrasi penggunaan internet. (Reuters)

Solopos.com, KLATEN – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Klaten memasang fasilitas internet gratis bagi para pelajar di tiga lokasi.

Lokasi pelayanan internet gratis bagi pembelajaran daring itu ditempatkan di kompleks Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten di Kanjengan, Kecamatan Klaten Tengah.

Kemudian Dinas Pertanian Ketahanan Panganan dan Perikanan (DPKPP) Klaten di Kecamatan Klaten Utara, dan di balai pertemuan Desa Balerante, Kecamatan Kemalang.

Lagu Baru Blackpink Sudah Diputar di PUBG Mobile

Kepala Diskominfo Klaten, Amin Mustofa, mengatakan pemasangan fasilitas internet untuk pembelajaran daring itu menjawab keluhan warga terkait harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli kuota internet.

“Tidak saja di pengaduan, keluhan orang tua [terkait kuota internet] juga mewarnai pemberitaan beberapa media massa. Diskominfo punya tanggung jawab untuk membantu. Tahap awal kami menyiapkan tiga titik yakni di Dinas Arsip, Dinas Pertanian dan Desa Balerante,” kata Amin berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com dari Diskominfo Klaten, Kamis (24/09/2020) sore.

Inspiratif, Bocah Sragen Novin dan Ardian Jawab Hujatan dengan Karya

Amin mengatakan tak menutup kemungkinan lokasi fasilitas internet gratis itu ditambah.

“Semuanya nanti terus dievaluasi. Kalau memang masyarakat sangat membutuhkan, titik lokasi internet gratis bisa ditambah. Tetapi harus dilihat nilai kemanfaatannya. Jangan sampai disalahmanfaatkan,” ungkap dia.

Amin menjelaskan saat ini fasilitas internet gratis di fasilitas umum masih dimatikan. Hal itu dilakukan sejak awal pandemi Covid-19 atau sekitar Maret 2020.

Menjamin Kenyamanan Para Pelajar

Kabid Informatika Diskominfo Klaten, Ali Surahmad, menerangkan tiga lokasi yang dilengkapi fasilitas internet gratis untuk mendukung pembelajaran daring dipilih dengan mempertimbangkan tempat yang luas dan keamanan lingkungan sehingga menjamin kenyamanan para pelajar.

“Kami sudah survei ketiga tempat [Dinas Arpus, DPKPP, dan Balerante]. Dari sisi lokasi sangat luas, teduh, dan sarana pendukung seperti kantin serta musala sudah ada. Di sana juga ada petugas sekuriti," urai dia.

Kades Kesurupan, Menari Jaipong dan Bikin Heboh Pembukaan TMMD

Ali berharap adanya internet gratis tidak saja membantu para orang tua dan siswa yang berketerbatasan pendapatan, tetapi juga mengangkat potensi OPD dan ekonomi sekitar.

"Untuk kecepatan akses internet kami usahakan lancar. Terkait protokol kesehatan dan jam pemakaian, kami serahkan OPD atau pengelola terkait,” kata Ali.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom