Positif Covid-19 SMA Warga Solo Bertambah 9 Orang, Tracing Diperluas

Jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di SMA Warga Solo bertambah sembilan orang dari hasil tracing lapis kedua, total jadi 21 kasus.

 Petugas melakukan penyemprotkan cairan disinfektan di ruang kelas, SMA Warga, Solo, Kamis (27/1/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Petugas melakukan penyemprotkan cairan disinfektan di ruang kelas, SMA Warga, Solo, Kamis (27/1/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Jumlah siswa, guru, dan karyawan SMA Warga Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah lagi dari tracing lapis kedua yang dilakukan pada Rabu (26/1/2022). Dari 225 kontak yang terdiri dari guru, siswa, dan karyawan sekolah, sembilan orang di antaranya terkonfirmasi positif.

Mereka adalah dua guru, enam siswa, dan satu karyawan yayasan. Dengan demikian kumulatif hingga Jumat (28/1/2022), jumlah kasus positif corona di SMA tersebut menjadi 21 orang. Mereka terdiri dari empat guru, tiga karyawan, dan 14 siswa.

PromosiHarta Karun Wonoboyo Klaten, Temuan Timbunan Emas Terbesar Indonesia

Dampaknya, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo kini memperluas lagi tracing yang menyasar 125 siswa pada Jumat pagi. Hasilnya diperkirakan keluar pada Minggu (30/1/2022) atau Senin (31/1/2022).

Baca Juga: Guru dan Siswa Terpapar Covid-19, PTM di SMA Warga Solo Dihentikan

Kepala SMA Warga Solo, Purwoto, mengatakan DKK bakal menguji swab ulang tracing kontak lapis kedua pada Sabtu (29/1/2022). Kemudian tracing kontak lapis ketiga juga bakal diuji swab ulang pada Selasa (1/2/2022).

“Langkah ini merupakan petunjuk dari DKK, sehingga meski hasil swab pertama negatif, mereka tetap kami minta berdiam diri di rumah sampai hasil swab ulangnya keluar,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Jumat siang.

Purwoto mengatakan tracing tak menyasar seluruh perangkat SMA Warga Solo, namun hanya yang berkontak dengan mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19. Jumlah total siswa sebanyak 400 orang dan mereka tetap menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Baca Juga: 12 Guru dan Siswa SMA Warga Solo Positif Corona, Begini Kronologinya

Evaluasi Prokes

Sementara itu, kondisi belasan siswa yang terkonfirmasi positif dalam keadaan sehat atau asimtomatik. “Sehingga saya optimistis, siswa bisa segera negatif dan kembali belajar di sekolah. Begitu pula hasil tracing lanjutan, semoga hasilnya baik,” ucap Purwoto.

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, menyebut kasus positif Covid-19 pertama di SMA Warga Solo berasal dari salah seorang guru yang berkegiatan di luar daerah. Temuan ini menjadi sinyal kewaspadaan untuk pembelajaran tatap muka (PTM).

Baca Juga: 2 Pekan Setelah Nataru, Solo Kembali Catat Tambahan Kasus Baru Covid-19

“Saya mohon Dinas Pendidikan [Disdik] Solo dan Cabdin Pendidikan Wilayah VII Jawa Tengah untuk evaluasi protokol kesehatan. Sebetulnya PTM tidak masalah asal protokol kesehatan ketat, justru aman karena ada pengawasan. Masker itu harus selalu dipakai,” katanya.

Sebelumnya, temuan klaster sekolah di SMA Warga Solo itu diketahui saat salah seorang guru memeriksakan kesehatan pada Sabtu (22/1/2022) dan hasilnya positif. Selanjutnya, dilakukan kontak tracing kepada 12 kontak erat dan diketahui 11 di antaranya terkonfirmasi positif. Tracing lanjutan menyasar 225 orang dan sembilan orang di antaranya terkonfirmasi positif.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Siap-Siap! Satpol PP Solo Bakal Operasi Tertibkan PKL, Ini Sasarannya

Satpol PP Solo akan melakukan operasi penertiban pedagang kaki lima atau PKL yang dianggap sudah semrawut di beberapa lokasi.

Pemkab Klaim Belum Ada Hewan Ternak Terinfeksi PMK di Wonogiri

Pemkab Wonogiri mengklaim belum menemukan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayah setempat, Kamis (19/5/2022).

Arus Lalu Lintas di TKP Kecelakaan Penggung Boyolali Kembali Lancar

Pada Kamis sore, arus lalu lintas di Jalan Solo-Semarang kawasan Penggung Boyolali kembali lancar. 

2 Orang Meninggal, Begini Kronologi Tragedi Gas Bocor Mojosongo Solo

Tragedi tabung gas bocor di salah satu rumah warga yang juga untuk tempat usaha pembuatan tahu di Krajan, Mojosongo, Solo, mengakibatkan dua orang meninggal dunia.

Keren Lur! WGM Wonogiri akan Dilengkapi Jembatan Kaca Rp4,20 Miliar

Revitalisasi Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM) Wonogiri bakal menelan anggaran senilai Rp28,9 miliar.

Bawakan Lagu "Rahasia" di Unsa, Geisha dan Astrid Bikin Penonton Riuh

Acara Music Showcase Unsa yang digelar Universitas Surakarta (Unsa) berlangsung meriah. Terlebih saat Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta yang mengelola Unsa, Astrid Widayani, berduet dengan vokalis Geisha.

Adaptif dengan Perubahan, Universitas Surakarta Hadirkan Geisha

Universitas Surakarta (Unsa) menghadirkan grup band Geisha dalam acara Music Showcase Unsa pada Kamis (19/5/2022).

2 Sapi di Plupuh & Tanon yang Terindikasi PMK Dibeli dari 2 Wilayah Ini

Sapi warga Tanon dan Plupuh yang terindikasi terjangkit PMK sebelumnya dibeli dari Purwodadi, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Ngawi.

Revitalisasi WGM Wonogiri Telan Rp28,9 Miliar, Kapan Mulai Digarap?

Revitalisasi Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM) Wonogiri bakal menelan anggaran senilai Rp28,9 miliar.

Awas, Teknofobia Bisa Hambat Kemajuan Bisnis Pelaku UMKM, Pahami Yuk! 

Teknofobia di kalangan pelaku UMKM harus dihilangkan karena bisa menghambat kemajuan bisnis dan usaha mereka terutama di era digital.

Bawa Produk Garmen, Bus Rosalia Express Masuk Parit di Karanganyar

Menghindari tabrakan, bus Rosalia Express yang mengangkut produk garmen masuk parit di jalan raya Dagen-Tasikmadu, Karanganyar.

Sepatu Aerostreet Klaten: Kualitas Internasional, Harganya Lokal

Kisah unik kali ini datang dari brand sepatu lokal asal Klaten, Aerostreet, yang menjual barang kualitas ekspor dengan harga murah.

Pilkades Baturan Colomadu Digelar 25 Mei, Ini Nama 3 Calon Kadesnya

Salah satu dari tiga calon kades Baturan, Colomadu, Karanganyar adalah pensiunan PNS.

6 Ekor Sapi di Sragen Terindikasi Terkena PMK, Ini Langkah Disnakkan

Enam sapi di dua kecamatan di Sragen terindikasi terjangkit penyakit mulu dan kuku (PMK). Disnakkan bersama BBVet Wates telah mengambil sampel liur sapi tersebut untuk dicek lab.

Seru! Atraksi Paralayang dan Speedboat di Peringatan HUT Wonogiri 2022

Upacara Peringatan HUT ke-281 Kabupaten Wonogiri digelar di Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, Kamis (19/5/2022) pagi.