2 Pekan Setelah Nataru, Solo Kembali Catat Tambahan Kasus Baru Covid-19

Pemkot Solo kembali mencatat tambahan kasus baru Covid-19 dua pekan setelah libur Nataru, masing-masing dua kasus pada Minggu dan satu kasus pada Senin.

 Ilustrasi corona. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi corona. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Satuan Petugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Solo kembali mencatatkan tambahan kasus baru dua pekan setelah libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru. Padahal sebelumnya lebih sering tidak ada tambahan kasus selama beberapa hari berturut-turut.

Tambahan kasus baru itu yakni dua kasus baru pada Minggu (16/1/2022) dan satu kasus pada Senin (17/1/2022). Selama beberapa hari sebelumnya, tepatnya pada 12-15 Januari, jumlah kasus tak mengalami penambahan alias nol.

PromosiTragedi Desa yang Hilang Akibat Gas Beracun Kawah Sinila Dieng

Catatan lain, pada 11 Januari tambahan satu kasus lalu pada 9 dan 10 Januari nol kasus. Pakar epidemiologi sebelumnya memperkirakan potensi lonjakan kasus Covid-19 pada dua pekan setelah libur Nataru.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Solo Tersisa 5 Orang, Pemkot Waspadai 2 Pekan ke Depan

Terlebih, Covid-19 varian Omicron sudah terdeteksi di sejumlah daerah di Pulau Jawa dan diduga telah terjadi transmisi lokal. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan kendati tambahan dua kasus Covid-19 anyar dua pekan setelah Nataru itu belum pasti varian Omicron, ia meminta masyarakat tetap waspada.

“Siap enggak siap harus kita antisipasi Omicron dan gelombang-gelombang berikutnya. Sebenarnya, kondisi Solo sudah baik sekali. Kasus rendah dan seharusnya masuk PPKM [Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat] Level 1. Namun, karena aglomerasi, Solo masih bertahan di Level 2,” katanya saat ditemui seusai rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Balai Kota, Senin siang.

Baca Juga: Bravo! 19 Hari Solo Tanpa Tambahan Kasus Covid-19

Surat Edaran Wali Kota

Gibran menyebut ada pelonggaran di Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo terbaru yang terbit Selasa (18/1/2022). Utamanya, poin soal resepsi pernikahan yang mengizinkan prasmanan namun setiap meja hidangan makanan harus menyediakan petugas pelayanan.

Pengunjung atau tamu undangan tak diperbolehkan mengambil sendiri makanannya. Mengenai ada tidaknya kasus Covid-19 Omicron di Solo setelah Nataru, Gibran mengatakan kurang tahu persis. “Pengiriman sampel pasien Covid-19 untuk diuji whole genome sequencing [WGS] kan oleh rumah sakit. Ya, mungkin ada,” ungkapnya.

Baca Juga: Ada Orang Tua Tak Izinkan Anak Divaksin, Begini Respons Disdik Solo

Di sisi lain, Tol Trans Jawa memungkinkan warga dari luar daerah berwisata singkat ke Solo. Hal itu tampak dari banyaknya mobil berpelat kendaraan Jawa Barat dan Jawa Timur yang parkir di sejumlah sentra kuliner saat akhir pekan. Aktivitas tersebut berpotensi menaikkan jumlah kasus Covid-19.

“Kami kan enggak mungkin melarang wisawatan datang. Makanya, mau bagaimana pun, protokol kesehatan yang utama. Tambahan dua kasus masih dalam kendali. Ya, memang temuan kasus Omicron sudah makin dekat, Surabaya dan Madiun,” imbuh Ketua Pelaksana Satgas Covid-19 Solo, Ahyani.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

+ PLUS Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

Gelombang panas ekstrim menghantam India dan Pakistan dengan cuaca bertemperatur tinggi hingga 50 derajat celcius yang membuat aspal meleleh dan diprediksi bakal lebih buruk akibat krisis iklim.

Berita Terkini

Begini Suasana Perayaan Kenaikan Isa Almasih di Wonogiri

Sejumlah personel Kepolisian Resor (Polres) Wonogiri diterjunkan ke sejumlah gereja selama ibadah perayaan Kenaikan Isa Almasih, Kamis (26/5/2022).

Pandemi Covid-19! Penangkar Jalak di Bayat Klaten Tetap Untung

Peternak jalak di Kampung Jalak, Dukuh Nglebak, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, masih merasakan keuntungan di tengah pandemi Covid019.

PPPK Klaten Geruduk BKPSDM Klaten PascaPeroleh SK, Ada Apa?

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang pekan lalu baru menerima surat keputusan (SK) menggeruduk Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Klaten, Rabu (25/5/2022).

Gibran Dan Menhub Jajal KRL Solo Balapan-Palur, Sudah Siap Beroperasi?

Menhub Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajal jalur KRL Solo Balapan-Palur, Kamis (26/5/2022).

PMK Belum Pengaruhi Harga Daging Sapi di Wonogiri, Benarkah?

Merebaknya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) dinilai belum mempengaruhi harga daging sapi di Wonogiri.

PMK Mulai Serang Sapi Lokal Wonogiri, Ini Persebarannya?

Sebanyak lima ekor sapi lokal di Wonogiri mulai terserang penyakit mulut dan kuku (PMK), Selasa (24/5/2022).

Serangan Jantung, Warga Karanganyar Meninggal di Pertapaan Pringgodani

Seorang pengunjung kawasan wisata religi pertapaan Pringgodani di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Boyolali Hari Ini: 26 Mei 2015, Dirazia! Anak Punk Pamer Tato Doraemon

Tujuh tahun lalu, tepatnya 26 Mei 2015, Polres Boyolali menangkap enam anak punk lewat operasi cipta kondisi di sepanjang Jalan Raya Ampel sampai Sunggingan Boyolali Kota.

PMK & Penutupan Pasar Hewan Tak Pengaruhi Harga Daging Sapi Sukoharjo

Harga daging sapi di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo tidak terpengaruh dengan merebaknya wabah PMK di beberapa daerah Soloraya maupun penutupan Pasar Hewan Bekonang.

Kisah 43 Calhaj Purwantoro ke Tanah Suci Berkat Program Talangan Haji

Di tahun 2022, Kecamatan Purwantoro memberangkatkan calon haji (calha) terbanyak se-Wonogiri, yakni mencapai 43 orang.

Ganjar Pranowo Ikuti Blusukan Jokowi di Solo, Terpisah Dari Rombongan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ikut blusukan Presiden Jokowi ke sejumlah lokasi di Solo namun memisahkan diri dari rombongan.

Menikahi Adik Jokowi, Segini Harta Kekayaan Ketua MK Anwar Usman

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman tengah menjadi sorotan seusai resmi menikah dengan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati pada Kamis (26/5/2022) di Solo.

Pedagang Sapi Wonogiri Ini Ketakutan saat Didatangi Polisi, Kenapa?

Pedagang sapi di Wonogiri mengaku tertekan dengan kehadiran aparat polisi saat proses pemeriksaan kesehatan yang diselenggarkan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) ternak di pasar hewan.

Pemain Srimulat Hil Yang Mustahal Kunjungi Griya Solopos, Ngapain Aja?

Sejumlah pemain film Srimulat: Hil Yang Mustahal mengunjungi Griya Solopos dalam rangkaian tur mereka di Solo, Kamis (26/5/2022).

Bukan Kaus, Jokowi Bagikan BLT Minyak Goreng di Pasar Mojosongo Solo

Presiden Joko Widodo membagikan bantuan modal usaha dan BLT minyak goreng kepada masyarakat saat berkunjung ke Pasar Mojosongo Solo pada Kamis (26/5/2022).