SOLOPOS.COM - Ilustrasi sembuh dari Covid-19. (Istimewa/Freepik)

Solopos.com, BOYOLALI -- Jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Boyolali bertambah empat orang. Dua di antaranya terkait dengan klaster Gowa. Sementara, ada satu kecamatan yang kini terpapar Covid-19, yakni Kecamatan Sawit.

Dengan tambahan itu, berarti hingga Sabtu (16/5/2020), total ada 19 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Susu tersebut.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Ratri S. Survivalina, mengatakan informasi tambahan empat kasus baru itu didapatkan pada Jumat (15/5/2020) sore.

Hasil Penelitian: Tinggal di Wilayah Padat dan Kumuh Rentan Terinfeksi Virus Corona

"Kemarin sore kami menerima hasil pemeriksaan laboratorium atas swab yang sudah kami lakukan, dari laboratorium BBPPVRP [Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit] Salatiga dan dari Rumah Sakit UNS," kata dia, Sabtu.

Positif Covid-19 yang pertama adalah TR, 46, dari Kecamatan Klego. Pasien tersebut punya riwayat perjalanan dari Jakarta.

Sampai saat ini yang bersangkutan masih menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Salatiga. TR tercatat sebagai kasus 016 di Boyolali.

Positif Covid-19, Perempuan 20 Tahun di Karanganom Klaten Diduga Tertular Ayahnya

Berdasarkan penelusuran sementara, pasien tersebut belum banyak berkontak dengan warga lain. Hasil tracing sementara ada empat kontak erat dari lingkungan keluarga.

Kasus tambahan kedua adalah NK, 41, dari Kecamatan Ngemplak. Pasien yang tercatat sebagai kasus 017 ini merupakan kontak erat pasien positif sebelumnya, yakni pasien 012, SR, dari kecamatan yang sama.

Netflix dan Spotify Bakal Kena Pajak Mulai 1 Juli 2020, Berapa Besarnya?

SR adalah kasus positif Covid-19 di Boyolali yang terkait klaster Gowa. NK untuk sementara masih menjalani karantina mandiri di rumah.

Kecamatan Terpapar Baru

Kasus tambahan ketiga adalah MY, 62, dari Kecamatan Ampel, yang merupakan kontak erat pasien 011 dari klaster Gowa. Saat ini Dinas Kesehatan Boyolali masih melakukan tracing kontak erat dari pasien kasus 018 yang menambah daftar positif Covid-19 klaster Gowa Boyolali tersebut.

Sedangkan kasus tambahan keempat adalah RM, 70, dari Kecamatan Sawit. Saat ini yang bersangkutan masih menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Solo. RM tercatat sebagai kasus 019.

Ini Alasan Warga mulai Serbu Mal di Solo, dari Bosan sampai Bingung Cari Makan

Kasus RM menambah jumlah kecamatan di Boyolali yang terpapar Covid-19. "Ini merupakan kasus yang terjadi di wilayah baru di Boyolali [Kecamatan Sawit]. Saat ini masih proses tracing untuk mengetahui kontak erat dan sumber penularannya," kara Ratri.

Sementara itu, saat ini ada empat pasien dari 19 kasus positif Covid 19 yang dinyatakan sembuh. Mereka adalah pasien kasus 001, 003, 006 dan 015.

"Sedangkan yang menunggu hasil swab kedua sebanyak tiga orang, yakni kasus 002, 012, dan 014. Jika hasil swab kedua untuk ketiganya dinyatakan negatif, maka akan tambah lagi yang sembuh," imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya