SOLOPOS.COM - Ilustrasi keluarga lawan Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN – Seorang perempuan 20 tahun asal Kecamatan Karanganom, Klaten, HHM, dinyatakan sebagai pasien positif Covid-19, Sabtu (16/5/2020). Dengan demikian kini jumlah pasien positif di Kabupaten Bersinar menjadi 11 orang.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, HHM diduga tertular virus corona dari ayahnya. HHM merupakan anak pertama pria berinisial MA, 51 yang sempat menjalani perawatan sebagai pasien positif Covid-19 di Rumah Sakit Islam (RSI) Klaten sejak, Senin (20/4/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

MA dinyatakan sembuh dari Covid-19, Senin (11/5/2020). Di waktu sebelumnya, MA  telah merampungkan uji swab pada 30 April 2020 dan 1 Mei 2020. Hasil dari kedua uji swab itu negatif dan dia diizinkan pulang namun tetap harus melakukan isolasi mandiri di rumah.

Hasil Penelitian: Tinggal di Wilayah Padat dan Kumuh Rentan Terinfeksi Virus Corona

Selang beberapa hari, giliran HHM, putri sulung MA, dinyatakan positif terjangkit Covid-19. HHM kini dirawat di Rumah Sakit Daerah (RSD) Bagas Waras Klaten dan kondisinya terpantau stabil.

Keluarga Isolasi Mandiri

Camat Karanganom Klaten, Slamet Samudra, mengatakan, sebelum dinyatakan positif Covid-19, HHM telah menjalani isolasi mandiri di rumah. Dia juga tidak pernah menjenguk sang ayah yang menjadi pasien positif Covid-19 di di RSI Klaten.

“Sebelum dinyatakan positif itu, HHM ini sudah menjalani isolasi mandiri di rumahnya [bersama ibu dan adiknya]. Saat ayahnya [MA] dirawat di RS, HHM ini sebenarnya tidak pernah menjenguk di RS. Mungkin, sebelum ayahnya menjalani perawatan di RS itu, HHM sudah kontak fisik terlebih dahulu [MA diduga terpapar virus corona saat bekerja di Solo]. Jadi, HHM ini dimungkinkan terpapar virus saat di rumahnya. HHM ini masih kuliah di Solo,” terang Slamet Samudra, kepada Solopos.com, Sabtu (16/5/2020).

Update Kasus Covid-19 Indonesia 16 Mei: Positif Tembus 17.025, Sembuh 3.911, Meninggal 1.089

Hal senada dijelaskan Juru Bicara (Jubir) Gusgas Percepatan Penanganan Pencegahan (PP) Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo. Dengan penambahan satu orang pasien positif Covid-19 asal Kecamatan Karanganom, jumlah pasien positif Covid-19 di Klaten mencapai 11 orang.

Petugas Dinkes Klaten segera melacak ke beberapa orang yang pernah kontak langsung dengan HHM. Di samping itu, Gusgas PP Covid-19 Klaten meminta ke Gusgas PP Covid-19 RW agar meningkatkan pemantauan ke warga yang baru saja pulang dari luar wilayah.

“Di kasus hari ini [pasien HHM], dimungkinkan terpapar dari anggota keluarga yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19. Gusgas telah melacak orang-orang yang pernah kontak fisik dengan HHM. Gusgas juga segera melakukan rapid test,” katanya.

Kasus Positif Covid-19 Boyolali Tambah 4, 2 Istri Pasien Klaster Gowa

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya