Kebakaran akibat ledakan pipa Pertamina di Kampung Mancong, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat, Selasa (22/10/2019). (Kampung Mancong, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat, Selasa (22/10/2019). (Twitter/@HendroSunar)

Solopos.com, CIMAHI -- Insiden ledakan pipa minyak PT Pertamina terjadi di KM130 Tol Purbaleunyi, Cimahi, Jawa Barat, sejak sekitar pukul 14.00 WIB, Selasa (22/10/2019), diduga karena pipa terkena pasangan paku bumi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Bahkan, dikabarkan 1 orang meninggal dunia akibat kejadian ini.

Informasi yang disiarkan oleh kontributor Metro TV, Edwan Hadnansyah, secara live di Metro TV, menyebutkan korban meninggal dunia tersebut merupakan seorang operator kendaraan pemasang paku bumi atau tiang pancang. Diduga, saat pemasangan berlangsung, mata tiang pancang tersebut menembus pipa Pertamina sehingga memicu ledakan.

Saat ini, kendaraan berat dan tiang pancang tersebut masih berada di lokasi kebakaran. Namun belum ada konfirmasi dari kepolisian maupun dari PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) tentang informasi meninggalnya operator tersebut.

Saat ini petugas pemadam kebakaran masih berjibaku memadamkan api dan melokalisasi kebakaran agar tak menyebar ke permukiman penduduk. Hal ini karena permukiman penduduk hanya berjarak ratusan meter dari lokasi kejadian. Namun proses pemadaman masih terhambat kurangnya persediaan air.

Diduga Sebabkan Pipa Pertamina Meledak di Cimahi, Proyek Kereta Cepat Disorot

Sebelum diberitakan Solopos.com, Humas PT KCIC Denny Yusdiana mengatakan pihaknya belum mengetahui penyebab pasti kejadian yang membuat ruas Purbaleunyi terganggu tersebut.

Perjuangan Ustaz Demi Kesembuhan Anak Berakhir Tragis Di Jembatan Gedong

Berdasarkan informasi sementara yang diperoleh pihaknya ledakan tersebut disebabkan oleh pekerjaan proyek kereta cepat yang tengah dilakukan oleh kontraktor rekanan.

“Kami belum mendapat informasi utuh dari lapangan,” katanya kepada Bisnis/JIBI, Selasa (22/10/2019).

Diduga Kena Bor Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Pipa Pertamina Terbakar

Menurutnya PT KCIC sudah mengirimkan tim ke lapangan guna mengecek penyebab kejadian ledakan yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. “Tim sudah kami turunkan ke lokasi, nanti informasi lebih lanjut akan disampaikan,” ujarnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten