Kebakaran akibat ledakan pipa Pertamina di Kampung Mancong, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat, Selasa (22/10/2019). (Kampung Mancong, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat, Selasa (22/10/2019). (Twitter/@HendroSunar)

Solopos.com, BANDUNG — Penyebab kejadian pipa minyak Pertamina meledak di Sukahaji, Melong, Cimahi, yang juga berdekatan dengan KM130 Tol Purbaleunyi, Selasa (22/10/2019), masih diselidiki.

Humas PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Denny Yusdiana mengatakan pihaknya belum mengetahui penyebab pasti kejadian yang membuat ruas Purbaleunyi terganggu tersebut.

Berdasarkan informasi sementara yang diperoleh pihaknya ledakan tersebut disebabkan oleh pekerjaan proyek kereta cepat yang tengah dilakukan oleh kontraktor rekanan.

“Kami belum mendapat informasi utuh dari lapangan,” katanya kepada Bisnis/JIBI, Selasa (22/10/2019).

Menurutnya PT KCIC sudah mengirimkan tim ke lapangan guna mengecek penyebab kejadian ledakan yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. “Tim sudah kami turunkan ke lokasi, nanti informasi lebih lanjut akan disampaikan,” ujarnya.

Insiden pipa minyak PT Pertamina meledak terjadi di KM130 Tol Purbaleunyi, diperkirakan sekitar pukul 14.00 WIB. Humas Jasa Marga Tol Purbaleunyi Nandang Elan mengatakan kejadian ledakan pipa tersebut berada di lokasi proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung di Jl Sukahaji, Melong, Cimahi.

“Saat ini kami masih menunggu berita dari pihak PT KCIC,” katanya kepada Bisnis/JIBI.

Diduga Kena Bor Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Pipa Pertamina Terbakar

Menurutnya penyebab kebocoran dan ledakan pipa tersebut masih belum diketahui. Namun insiden ini membuat arus lalu lintas dari arah Cileunyi-Jakarta begitupun sebaliknya menjadi terganggu. “Untuk jalur Jakarta-Bandung sudah normal sejak pukul tiga [15.00 WIB],” katanya.

Sementara itu, dilansir Antara, Komandan Regu Dinas Pemadam Kebakaran Kota Cimahi Yadi Mulyadi mengatakan tujuh mobil pemadam kebakaran sudah dikerahkan ke lokasi kebakaran. "Ada tujuh unit yang meluncur ke lokasi kebakaran," kata Yadi.

Kebakaran yang terjadi tak jauh dari ruas Jalan Tol Purbaleunyi itu asapnya terlihat jelas dari KM 129 Tol Purbaleunyi. Ada dugaan kebakaran itu menyebabkan pipa minyak terbakar.

Video Panasnya Cuaca Hari Ini, Bisa Goreng Telur Tanpa Api

Lalu lintas kendaraan di jalan tol dekat lokasi kebakaran pun sempat mengalami kepadatan. Hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Petugas pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan api.

Sumber: Bisnis/JIBI


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten