Pilkada Sukoharjo: Cegah Pendukung Paslon ke Solo Baru, Ratusan Anggota TNI-Polri Disiagakan
Patung Pandawa di Solobaru. (Solopos-dok)

Solopos.com, SUKOHARJO – Jajaran Polres Sukoharjo melakukan penyekatan massa yang hendak menuju lokasi pengambilan nomor urut pasangan calon di Hotel Tosan, Solo Baru, Grogol. Penyekatan dilakukan di sejumlah lokasi menuju kawasan Solo Baru.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Kamis (24/9/2020), ratusan personel gabungan dari TNI-Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo bersiaga di sekitar Hotel Tosan mulai pukul 08.00 WIB.

Sementara sejumlah personel gabungan lainnya disebar di sejumlah lokasi seperti Simpang Empat The Park, Simpang Tiga Jlopo dan Simpang Tiga RS Indriati. Mereka melakukan penyekatan massa yang hendak mengawal pasangan calon bupati-wakil bupati (cabup-cawabup) menuju lokasi pengambilan nomor urut pasangan calon.

Dory Harsa Dipecat Sejak Maret, Putus Komunikasi dengan Keluarga Didi Kempot 

Kasubag Minops Bagops Polres Sukoharjo, AKP Priyono, mengatakan massa pasangan calon yang hendak menuju Hotel Tosan, Solo Baru bakal diminta putar balik. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerumunan massa yang berisiko dalam persebaran pandemi Covid-19.

“Ada beberapa lokasi penyekatan massa menuju kawasan Solo Baru. Dari arah utara disekat di Simpang Empat The Park. Sementara dari arah selatan disekat di Simpang Tiga RS Indriati, Solo Baru,” kata dia, saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis.

Hal ini dilakukan menindaklanjuti maklumat Kapolri tentang pencegahan persebaran Covid-19 selama tahapan pilkada serentak. Kerumunan massa berpotensi dalam penularan pandemi Covid-19. Apalagi, kurva pandemi Covid-19 di Sukoharjo masih meningkat.

Pilkada Sukoharjo: EA Nomor Urut 1, Joswi Nomor Urut 2

Selain itu, penyekatan massa juga bagian dari mengantisipasi gesekan antarpendukung pasangan calon.

“Kami berupaya menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat selama tahapan pilkada hingga Desember. Kerumunan massa bisa berpotensi memunculkan klaster baru,” ujar dia.

500 Personel

Sementara itu, Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas, mengatakan jumlah personel gabungan yang disiagakan saat tahapan pengambilan nomor undian pasangan calon sebanyak 500 personel. Mereka merupakan anggota TNI-Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo.

Ori Dapat Nomor 2: Alhamdulillah Sesuai Harapan

Polisi bakal menindak tegas oknum tak bertanggungjawab yang ingin mengganggu pelaksanaan tahapan Pilkada Sukoharjo.

“Ada 500 personel anggota gabungan yang mengamankan tahapan pengambilan nomor urut pasangan calon,” kata dia.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, ada konvoi pendukung pasangan Etik Suryani-Agus Santosa atau EA di sejumlah lokasi seperti wilayah Kartasura dan Sukoharjo. Mereka berkumpul di sejumlah posko pemenangan pasangan EA yang tersebar di setiap desa/kelurahan. Sementara acara rapat pleno terbuka pengambilan nomor urut pasangan calon digelar terbatas. Para pendudukung pasangan calon dan masyarakat bisa menyaksikan proses pengambilan nomor urut pasangan calon melalui live streaming di Youtube.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom