Pendaki Asal Laweyan Solo Terpeleset di Gunung Sindoro Dini Hari, Begini Kondisinya
Embung Kledung di antara Gunung Sindoro dan Sumbing, Temanggung, Jawa Tengah. (Istimewa/jateng.go.id)

Solopos.com, TEMANGGUNG -- Seorang pendaki asal Kota Solo, Vani Wahyu, 48, mengalami kecelakaan saat mendaki Gunung Sindoro, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (11/8/2020) dini hari WIB.

Warga Kampung Bratan, Kecamatan Laweyan, Solo, itu terpeleset hingga tak mampu melanjutkan perjalanannya.

Informasi yang diterima Solopos.com, Vani mendaki Gunung Sindoro via Kledung bersama temannya pada Senin (10/8/2020) pagi. Ia mendaki untuk menikmati pemandangan alam gunung yang memiliki ketinggian puncak 3.150 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu.

10 Berita Terpopuler : Bos Ternak Semut Rangrang Sidoharjo Sragen Ditangkap Polda Jateng

Pada sore hari, pendaki asal Solo itu kemudian melakukan perjalan turun. Namun nahas sampai di pos 3, pendaki asal Solo tersebut mengalami kecelakaan pada Selasa dini hari sekitar pukul 01.00 WIB. Ia terpeleset lalu terbentur akar pohon.

“Diduga survivor mengalami cedera pada tulang belakang, hingga tidak bisa melanjutkan perjalanan,” ujar Kepala Basarnas SAR Semarang, Nur Yahya, Senin pagi.

Mendapat laporan tentang pendaki asal Solo yang mengalami kecelakaan, Basarnas SAR Semarang memberangkatkan satu regu penyelamat dari Basarnas Pos SAR Wonosobo untuk melakukan evakuasi.

Dukung Dunia Wirausaha Bangkit, Diplomat Success Challenge XI Siap Digelar

Proses Evakuasi Sulit

Meski demikian, proses evakuasi berjalan sedikit alot menyusul kondisi Gunung Sindoro yang gelap saat dini hari.

“Kondisi jalur pendakian Gunung Sindoro di malam hari gelap. Tim SAR gabungan naik ke atas disertai alat penerangan atau senter untuk mencapai pos 3 yang berada di ketinggian sekitar 2.500 mdpl,” ujarnya.

Setelah proses evakuasi selama dua jam lebih, pendaki asal Solo itu akhirnya berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat. Ia digotong dengan tandu hingga ke basecamp Grasindo, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

Gunung Sindoro terletak di sekitar Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah. Sindoro merupakan satu dari rangkaian gunung Triple S Jawa Tengah.

Reaktif Rapid Test Covid-19, KPPS & Pengawas TPS Pilkada Sukoharjo Siap-Siap Diganti

Julukan Triple S diberikan untuk Sindoro, Sumbing, dan Slamet karena ketiganya sama-sama punya ketinggian di atas 3.000 mdpl dan letaknya berdekatan.

Untuk mendaki Gunung Sindoro, ada dua jalur populer yang bisa kamu pilih, yaitu lewat Kledung dan Sikatok. Jalur Kledung dipilih pendaki asal Solo yang terpeleset tersebut.

Dua jalur itu bisa dibilang jalur termudah karena tersedia moda transportasi yang cukup mendukung untuk bisa sampai di kaki gunung dan memulai pendakian ke puncak Gunung Sindoro.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom