Pemerintah Terbitkan Sukuk SR017, Begini Cara Pesannya

Penerbitan sukuk SR017 sebagai langkah mendukung upaya pendalaman pasar keuangan domestik.

 Ilustrasi Sukuk Ritel (Antara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Sukuk Ritel (Antara)

Solopos.com, JAKARTA–Pemerintah menawarkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau sukuk ritel seri SR017 kepada investor individu secara daring atau online (e-SBN), dengan kupon tetap atau fixed sebesar 5,9%.

Hal ini sebagai langkah mendukung upaya pendalaman pasar keuangan domestik.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Tujuan penerbitan sukuk ritel seri SR017 adalah membantu membiayai APBN, termasuk membiayai pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia dan memperluas basis investor dalam negeri,” tulis Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (DJPPR Kemenkeu) di Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Penjualan sukuk ritel seri SR017 dilakukan secara daring untuk mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SBSN ritel dan mendukung terwujudnya keuangan inklusif.

Baca Juga: SBR011 Selesai, Masih Ada 3 Surat Berharga yang Ditawarkan Pada 2022

Adapun sukuk ritel SR017 diterbitkan melalui Perusahaan Penerbit SBSN Indonesia dengan jenis akad ijarah asset to be leased.

Masa penawaran sukuk tersebut dilakukan pada 19 Agustus 2022 pukul 09.00 WIB hingga 14 September 2022 pukul 10.00 WIB.

Tanggal setelmen ditetapkan pada 21 September 2022.

SR017 ditawarkan dalam bentuk tanpa warkat dan dapat diperdagangkan di pasar sekunder mulai 11 Desember 2022 atau setelah berakhirnya minimum holding period, dengan tenor tiga tahun yang akan berakhir pada 10 September 2025.

Baca Juga: SBR011 Laku Rp13 Triliun, Penjualan Terbesar Sepanjang Sejarah SBR

DJPPR Kemenkeu turut mencatat nilai nominal per unit yang ditawarkan SR017 adalah Rp1 juta, dengan minimum pemesanan Rp1 juta hingga maksimal Rp5 miliar.

Sementara kupon yang ditawarkan bersifat tetap dan dibayarkan pada tanggal 10 setiap bulan.

Dalam hal tanggal 10 jatuh pada bukan hari kerja, maka akan dibayarkan pada hari kerja berikutnya tanpa kompensasi. Hari kerja adalah hari dimana operasional sistem pembayaran diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

Tanggal pembayaran kupon pertama ditetapkan pada 10 Oktober 2022 (short coupon), dengan minimum holding period selama tiga kali pembayaran kupon sampai dengan 10 Desember 2022.

Baca Juga: Tax Amnesty II Tinggal 21 Hari, Komitmen Investasi Baru RP7,49 Triliun

Underlying asset pada penerbitan sukuk ritel ini adalah barang milik negara (BMN) dan proyek atau kegiatan Kementerian/Lembaga pada APBN 2022.

Proses pemesanan pembelian SR017 dilakukan secara online melalui empat tahap, yaitu registrasi atau pendaftaran, pemesanan, pembayaran, dan setelmen.

Sebelum memesan pembelian, setiap calon investor kiranya telah memahami Memorandum Informasi Sukuk Ritel seri SR017.

Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan 31 mitra distribusi yang memiliki alat penghubung dengan sistem e-SBN, yakni Bank Central Asia (BCA), Bank CIMB Niaga, Bank Commonwealth, Bank Danamon Indonesia, Bank DBS Indonesia, Bank HSBC Indonesia, Bank Mandiri, Bank Maybank Indonesia, dan Bank Mega.

Baca Juga: SBR011 Laku Rp13 Triliun, Penjualan Terbesar Sepanjang Sejarah SBR

Kemudian, Bank Negara Indonesia (BNI)Bank OCBC NISP, Bank Panin, Bank Permata, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Tabungan Negara (BTN), Bank UOB Indonesia, Citibank, Standard Chartered Bank, Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Muamalat, BRI Danareksa Sekuritas, Mandiri Sekuritas, serta Bahana Sekuritas.

Lalu, Trimegah Sekuritas Indonesia, Bareksa Portal Investasi, Nusantara Sejahtera Investama (FUNDtastic+) Star Mercato Capitale (Tanamduit) Investree, Radhika Jaya Lunaria Annua Teknologi (Koinworks), Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku), dan Bibit Tumbuh Bersama.

Sumber: Antara

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Peringatan Hari Batik Nasional di Solo, Momentum Mewujudkan Misi Regenerasi

      Berbagai elemen masyarakat, pejabat, dan pelaku usaha batik di Solo beramai-ramai merayakan Hari Batik Nasional 2022 yang jatuh pada Sabtu (1/2/2022). Festival, tour museum batik, hingga pameran batik digelar. 

      Usung Kearifan Lokal dalam Interior, Kereta Cepat Bisa Melaju 350 Km/Jam

       Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kesiapan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) menjelang pelaksanaan showcase Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

      Minggu Ada Tambahan! Cek Jadwal Lengkap KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

      Informasi jadwal keberangkatan Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja perlu diketahu bagi para pelaju dan warga yang ingin jalan-jalan. 

      Bersejarah! Pertamina Group Pasok Bahan Baku Biodiesel ke Eropa

      Permintaan GDC di Uni Eropa terbagi dalam dua kategori yakni base CPO sekitar 150.000 metrik ton per tahun dan base UCO 300.000-500.000 metrik ton per tahun.

      Kolaborasi BRI dan Majoo Permudah Transaksi Nontunai, Termasuk Integrasi QRIS

      Kerja sama BRI dengan Majoo terbagi menjadi tiga hal, salah satunya integrasi QRIS Dynamic BRI yang dapat dimunculkan pada POS Majoo.

      Buy Limit dan Buy Stop: Mana yang Lebih Baik?

      Ketimbang terus memantau harga, investor dapat menetapkan buy limit atau buy stop pada trading yang berlangsung. Ketahui mana yang terbaik di bawah ini.

      Baru 22.867 Merchant yang Tergabung Solo Great Sale 2022

      Total 22.867 merchant SGS 2022 yang sudah tergabung, kategori pasar tradisional yang paling mendominasi.

      Pemerintah Perpanjang Subsidi Kedelai Rp1.000 per Kilogram hingga Desember 2022

      Program memperpanjang subsidi kedelai untuk menjaga stabilitas harga kedelai di tingkat pengrajin yang saat ini mengalami kenaikan hingga Rp13.000 per kilogram.

      Berikut Daftar Lengkap Harga BBM Jenis Pertamax Terbaru di Seluruh Indonesia

      Harga Pertamax di seluruh Indonesia berbeda-beda. Di wilayah Jawa, Bali, NTT, dan NTB, harga Pertamax turun Rp600 per liter. Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, Papua Barat harga Pertamax turun Rp650 per liter.

      Sasar Konsumen yang Batasi Gula, Yakult Light Diluncurkan

      PT Yakult Indonesia Persada meluncurkan produk baru, Yakult Light yang merupakan varian dari Yakult Original dengan kandungan gula lebih sedikit.

      Hari Ini Sabtu 1 Oktober 2022, Harga Pertamax Turun Jadi Rp13.900 per Liter

      Harga Pertamax turun dari Rp14.500 per liter menjadi Rp13.900 per liter mulai Sabtu (1/10/2022)

      Ayo Jalan-Jalan! Cek Jadwal Lengkap KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

      Informasi jadwal keberangkatan Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja perlu diketahu bagi para pelaju dan warga yang ingin jalan-jalan. 

      Berwisata Pakai Kebaya, The Sunan Hotel Solo Dukung #Kebaya Goes to Unesco

      The Sunan Hotel Solo kembali melakukan gerakan kampanye dukung #Kebaya Goes To Unesco.

      BRI Kembali Buka BFLP IT untuk Cari Talenta Unggul di Bidang IT

      Untuk terus bertumbuh menjadi perusahaan kelas dunia, BRI terus menjalankan program rekrutmen untuk mendapatkan SDM unggul di bidang IT melalui BFLP IT.

      Baznas Solo dan Solopos Apresiasi Perjuangan dan Kerja Keras Pengasong Koran

      Baznas Solo bersama Solopos Media Group (SMG) menyalurkan paket bantuan kepada 50 pengasong koran di Solo, Jumat (30/9/2022).

      46 Tenant Ramaikan Semarak SGS 2022 di Atrium Solo Square

      Event festival dan bazar tersebut digelar di Atrium Solo Square Mall Jl. Slamet Riyadi Solo akan berlangsung selama empat hari mulai Jumat (30/9/2022) hingga Senin (3/10/2022).